Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak Accurate Online untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya

Penulis

  • Erna Hendrawati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Mira Pramudianti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia
  • Delly Nofiani Department of Business Administration, College of Commece, National Chengchi University, Taiwan
  • Khoirul Abidin Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.4178

Kata Kunci:

Kompetensi Akuntansi, Pelatihan Accurate, Pengabdian Masyarakat, Software Akuntansi

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini memberikan pelatihan accurate online yang diselenggarakan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kartika 1 Surabaya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi praktis siswa dalam bidang akuntansi terkomputerisasi, sebagai respons terhadap tuntutan pasar kerja yang semakin mengandalkan teknologi. Pelatihan ini dilaksanakan dengan metodologi campuran yang melibatkan ceramah, diskusi interaktif, dan latihan praktik langsung menggunakan accurate online, dengan fokus pada pengantar accurate online, siklus pembelian, siklus penjualan, laporan keuangan dasar. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui perbandingan skor pra-tes dan pasca-tes, observasi partisipasi siswa, serta kuesioner umpan balik. Hasil kuesiner 20 peserta menunjukkan rata-rata nila pra pelatihan 50 dan setelah pelatihan 87,75 (peningkatan 71,5 %). Hak ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan operasional siswa terhadap accurate online, yang secara langsung berkontribusi pada peningkatan kesiapan kerja mereka. Program ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dan sekolah kejuruan dalam menjembatani kesenjangan keterampilan antara kurikulum akademis dan kebutuhan industri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Ahmad and A. Dwianika, “Analisa Penggunaan Perangkat Lunak dalam Mendukung Pembukuan Keuangan Sekolah,” JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi), vol. 13, no. 1, pp. 24–36, May 2021, doi: 10.37151/jsma.v13i1.55.

Marselinus Asri, “PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN YAYASAN MENGGUNAKAN PROGRAM AKUNTANSI ACCURATE PADA YAYASAN PTAJM,” BEGAWE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 27–35, Apr. 2024, doi: 10.62667/begawe.v2i1.82.

G. Dharmawan and W. H. Adi Wijoyo, “SINKRONISASI PASAR TENAGA KERJA: ANALISIS PERAN SMK PADA PERKEMBANGAN PASAR TENAGA KERJA DI INDONESIA,” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, vol. 15, no. 2, pp. 97–108, Feb. 2023, doi: 10.24832/jpkp.v15i2.644.

R. Hariyani, T. Prasetio, I. T. Utami, and M. Martini, “Pemanfaatan Perangkat Lunak Akuntansi Untuk Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 9–18, May 2023, doi: 10.31294/abdiekbis.v3i1.1765.

E. Hendrawati, K. Abidin, and M. Pramudianti, “Training on Preparing Financial Reports Using Accurate Software for MSMEs,” International Journal Of Community Service, vol. 3, no. 1, pp. 494–499, Jan. 2022, doi: 10.51601/ijcs.v3i1.107.

Herlina, Sulistianingsih, A. Putri, Arifannisa, and M. Masrum, “Strategi Penguatan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kesiapan dan Daya Saing Lulusan Sekolah Menengah dalam Ekosistem Kerja Digital,” Indo-MathEdu Intellectuals Journal, vol. 6, no. 2, pp. 2570–2585, Apr. 2025, doi: 10.54373/imeij.v6i2.2993.

A. Y. A. Ardhana, H. N. U. Syazeedah, R. I. Fitriyaningrum, and A. Gunawan, “Analisis Ketidaksesuaian antara Pendidikan dengan Kebutuhan Dunia Kerja di Indonesia,” Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, vol. 3, no. 4, pp. 1020–1026, Jan. 2025, doi: 10.57141/kompeten.v3i4.156.

E. Sugianto and D. Ismi Mori Saputra, “HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLAVOLI PADA SISWA DI SDN 28/VI SUMBER AGUNG I,” Jurnal Muara Olahraga, vol. 6, no. 2, pp. 92–101, Jul. 2024, doi: 10.52060/jmo.v6i2.2259.

A. U. Izzati, M. Arifuddin, S. Suyidno, and M. Misbah, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMA,” Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 190–199, Oct. 2020, doi: 10.36706/jipf.v7i2.11160.

E. s M. Mursidik, N. Samsiyah, and H. E. Rudyanto, “Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar.,” Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 23–33, Feb. 2015, doi: 10.21070/pedagogia.v4i1.69.

N. C. Hidajat, V. Alvita, and B. T. Tandri, "PELATIHAN AKUNTANSI PENGENALAN PROGRAM ACCURATE KEPADA SISWA SMA X 1, JAKARTA," Jurnal Serina Abdimas, vol. 2, no. 3, pp. 1150-1154, 2024.

A. G. S. Utama and D. Pratama, "Pelatihan Accurate Bagi Guru SMA/SMK Se-Kabupaten Banyuwangi," Jurnal Solma, vol. 9, no. 2, pp. 316-322, 2020.

S. I. Sari, A. Fidiani, R. N. Aulia, P. Anjelina, and Z. T. Rahmadi, “PENYULUHAN DAN PELATIHAN PELAPORAN KEUANGAN METODE SEDERHANA BAGI UMKM DENGAN APLIKASI ACCURATE,” Jurnal Pengabdian Teratai, vol. 5, no. 1, pp. 55–61, Jul. 2024, doi: 10.55122/teratai.v5i1.1160.

S. Khairani, D. P. Kesuma, J. Fransiska, and E. Hartati, “Pelatihan Aplikasi Accurate bagi Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Palembang,” Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (PADIMAS), vol. 1, no. 1, pp. 43–49, Jul. 2021, doi: 10.35957/padimas.v1i1.1173

V. Verawati, V. Valencia, and M. Felia Susanto, “PELATIHAN SIKLUS PENJUALAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ACCURATE BAGI SISWA/I SMA TARSISIUS 1,” Jurnal Serina Abdimas, vol. 1, no. 3, pp. 1031–1037, Aug. 2023, doi: 10.24912/jsa.v1i3.26137.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-11-23

Cara Mengutip

Hendrawati, E., Pramudianti, M., Nofiani, D. ., & Abidin, K. (2025). Pelatihan Penggunaan Perangkat Lunak Accurate Online untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(5), 1169-1180. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.4178