Edukasi Siswa dalam Pencegahan Anemia dan Revitalisasi Kader UKS di SMK Negeri 2 Godean Sleman Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3663Kata Kunci:
Anemia, Edukasi Gizi, Kesehatan Sekolah, Revitalisasi UKS, Siswa SMKAbstrak
Remaja merupakan kelompok strategis dalam pembangunan kesehatan jangka panjang. Anemia masih menjadi masalah gizi utama pada siswa SMK akibat pola makan tidak seimbang. Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang seharusnya menjadi pusat edukasi dan pelayanan kesehatan belum dimanfaatkan secara optimal. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan merevitalisasi peran UKS melalui edukasi gizi dan pelatihan PHBS serta konsumsi tablet tambah darah (TTD). Metode yang digunakan antara lain penyuluhan, pelatihan, dan lomba edukatif. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa, dari 20% menjadi 87% pada kelas UKS dan dari 24% menjadi 68% pada kelas Gizi. Selain itu, 94% siswa memahami pentingnya konsumsi TTD. Edukasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi kesehatan remaja.
Unduhan
Referensi
Kementerian Kesehatan RI, “Survei Status Gizi Indonesia Tahun 2024,” Jakarta, 2025.
Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, “Laporan Kesehatan Kota Yogyakarta Tahun 2023,” Yogyakarta, 2024.
Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, “Laporan Kesehatan Kabupaten Sleman Tahun 2023,” Sleman, 2024.
H. Hardinsyah, I. D. N. Supariasa, and dkk, Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC, 2019.
UNICEF, “Analisis Lanskap Kelebihan Berat Badan dan Obesitas di Indonesia,” Jakarta, 2022. Accessed: Dec. 11, 2024. [Online]. Available: https://www.unicef.org/indonesia/media/15581/file/AnalisisLanskapKelebihanBeratBadandanObesitasdiIndonesia.pdf
Kementerian Kesehatan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, and UNICEF, “Ringkasan Proyek: Lingkungan Ritel Makanan yang Sehat Lebih Baik untuk Bisnis, Terbaik untuk Anak-anak,” Jakarta, 2022. Accessed: Dec. 11, 2024. [Online]. Available: https://www.unicef.org/indonesia/media/19506/file/Ringkasan%20Proyek:%20Lingkungan%20Ritel%20Makanan%20yang%20Sehat.pdf
C. M. Amelia and A. Fayasari, “Faktor yang mempengaruhi konsumsi sayur dan buah remaja di SMP Negeri 238 Jakarta,” Jurnal Gizi dan Pangan Soedirman, vol. 4, no. 1, p. 94, May 2020, doi: 10.20884/1.jgps.2020.4.1.2642.
A. Fayasari, C. M. Amelia, and T. S. Wijayanti, “Factors Related to Fruit Vegetable Consumption of Adolescent in Rural and Urban Areas,” STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, vol. 9, no. 2, pp. 1006–1016, Nov. 2020, doi: 10.30994/sjik.v9i2.393.
Y. Warda and A. Fayasari, “Konsumsi pangan dan bioavailabilitas zat besi berhubungan dengan status anemia remaja putri di Jakarta Timur,” Ilmu Gizi Indonesia, vol. 4, no. 2, p. 135, Feb. 2021, doi: 10.35842/ilgi.v4i2.198.
J. A. Siauta, T. Indrayani, and K. Bombing, “Hubungan Anemia Dengan Prestasi Belajar Siswi di SMP Negeri Kelila Kabupaten Mamberamo Tengah Tahun 2018,” Journal for Quality in Women’s Health, vol. 3, no. 1, pp. 82–86, Mar. 2020, doi: 10.30994/jqwh.v3i1.55.
B. R. G. Wibowo, P. Rahayu, and K. Kusumastuti, “Peri-urbanisasi dan Perubahan Struktur Ruang Perkotaan di Kawasan Solo Baru,” Jurnal Perencanaan Wilayah Kota dan Pemukiman, vol. 6, no. 1, pp. 26–41, 2024, doi: https://doi.org/10.20961/desa-kota.v6i1.76288.26-41.
A. Fayasari, S. Sandra, M. M. Syahadah, D. Wulandari, and R. Akbar, “Pentingnya Gizi Seimbang pada Siswa di SMA Negeri 87 Jakarta,” Kolaborasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 8–15, Feb. 2023, doi: 10.56359/kolaborasi.v3i1.177.
D. Listyani, “Gambaran pengetahuan remaja putri kelas X tentang anemia di SMK N 2 Godean Sleman Yogyakarta,” Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Yogyakarta, 2019. Accessed: Mar. 10, 2025. [Online]. Available: https://eprints.poltekkesjogja.ac.id/3670/
M. Umakaapa and F. R. Suradji, “Pengaruh Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merauke Papua Selatan,” Jurnal Diskursus Ilmiah Kesehatan, vol. 2, no. 1, pp. 25–32, Mar. 2024, doi: 10.56303/jdik.v2i1.243.
W. Sando, M. D. Widodo, D. Yanthi, and N. Reza, “Identifikasi Hambatan dalam Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SMPN 1 Panggakaln Kuras Kabupaten Pelalawan,” Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, vol. 10, no. 1, pp. 23–28, 2021.
S. Sukotjo and E. Firna, Pedoman Pemberian TTD bagi Remaja Putri pada Masa Pandemi Covid19 Bagi tenaga kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2021.
H. Bahar, “Perilaku Makan dan Konsumsi Tablet Tambah Darah padaSiswi di SMKN 1 Kendari,” Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat (JKKM), vol. 4, no. 1, 2024.
A. Nurjanah and M. Azinar, “Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah Remaja Putri pada Sekolah Percontohan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas,” HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), vol. 7, no. 2, pp. 244–254, Apr. 2023, doi: 10.15294/higeia.v7i2.64227.
F. D. C. Putri, F. N. Aisyah, A. P. Puspitasari, and F. A. Ardana, “Revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Melalui Edukasi Sekolah Sehat di Sekolah Dasar Negeri 01 Kebalen Bekasi,” Comserva: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 10, 2023, doi: https://doi.org/10.59141/comserva.v2i10.603.
Kementerian Kesehatan RI, “Laporan Survey Kesehatan Indonesia Tahun 2023,” Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, 2024.
R. Riinawati, “Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 4, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.886.
H. Muhimah and F. Farapti, “Ketersediaan dan Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan dengan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar,” Media Gizi Kesmas, vol. 12, no. 1, pp. 575–582, Jun. 2023, doi: 10.20473/mgk.v12i1.2023.575-582.