Implementasi Google Workspace untuk Literasi Digital Organisasi ‘Aisyiyah di Kabupaten Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3643Kata Kunci:
Pengabdian masyarakat, Literasi digital, Google Workspace, ‘Aisyiyah, Keterampilan digitalAbstrak
‘Aisyiyah merupakan organisasi perempuan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan dan ekonomi. Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Sukabumi menghadapi tantangan dalam digitalisai administrasi dan pengelolaan data organisasi akibat masih rendahnya literasi digital di kalangan pengurus. Banyak pengurus masih menggunakan metode manual yang kurang efisien dalam operasional organisasi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan digital pengurus ‘Aisyiyah Kabupaten Sukabumi melalui pelatihan Google Workspace. Pelatihan mencakup pengenalan dan praktik penggunaan Google Drive, Docs, Sheets, Slides, Forms, Calendar, dan Meet. Metode yang digunakan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pedampingan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam penggunaan Google Drive (7, 62%) dan Google Slides (5,23%). Pemahaman Google Sheets juga meningkat sebesar 1,15% setelah evaluasi mendalam. Program ini menghasilkan beberapa luaran seperti modul pelatihan, video tutorial, serta mentor internal di setiap kecamatan untuk keberlanjutan program. Diharapkan pengurus ‘Aisyiyah dapat mengoptimalkan teknologi digital dalam pengelolaan organisasi dan meningkatkan efektivitas kerja.
Unduhan
Referensi
R. Remiswal, S. Fajri, dan R. Putri, “Aisyiyah dan Peranannya dalam Meningkatkan Derajat Kaum Perempuan,” Kaganga: Jurnal Pendidik. Sej. dan Ris. Sos. Hum., vol. 4, no. 1, hal. 71–77, 2021, doi: 10.31539/kaganga.v4i1.2341.
A. Sugitanata, F. Hasan, M. R. Kurniawan, dan S. Aminah, “Pemberdayaan Perempuan melalui Pendidikan Islam Progresif Suud Sarim Karimullah: Analisis Strukturalisme dan Implikasinya,” Muadalah, vol. 12, no. 1, hal. 1–13, 2024, doi: 10.18592/muadalah.v12i1.12151.
“Sah! Berikut Susunan Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah periode 2022–2027,” Muhammadiyah, [Daring]. Tersedia pada: https://muhammadiyah.or.id/2022/12/sah-berikut-susunan-pimpinan-pusat-aisyiyah-periode-2022-2027/. Diakses: 1 April 2025.
M. A. Aziz, “Analisis manajemen risiko sistem informasi akademik menggunakan metode OCTAVE Allegro (Studi kasus: Universitas Perwira Purbalingga),” Skripsi, Universitas Amikom Purwokerto, 2024.
H. Wulandari, S. Suherman, dan R. Razali, “Sosialisasi sistem informasi berbasis web dalam meningkatkan pengelolaan data akademik sekolah menengah kejuruan madani marendal i,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, hal. 313–317, 2021.
B. Burhan, N. Nurwidyayanti, A. Irwandi, N. F. Shaleh, K. Pabulo, dan S. Rahmadhanningsih, “Analisis penerapan manajemen sekolah berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” J. Ilm. Ecosyst., vol. 23, no. 2, hal. 450–464, 2023.
A. D. Yuniar, A. S. Fibrianto, R. P. Prabawangi, dan K. S. Ananda, “Menciptakan perempuan cerdas berinternet melalui penanaman literasi digital Komunitas ‘Ruang Berkarya Perempuan,’” J. Praksis Dan Dedik. Sos., vol. 2, no. 2, hal. 47–53, 2019.
N. P. Raharjo, B. Winarko, B. Balai, P. Sumber, dan D. Manusia, “Analisis tingkat literasi digital generasi milenial Kota Surabaya dalam menanggulangi penyebaran hoaks,” J. Komunika J. Komunikasi, Media Dan Inform., vol. 10, no. 1, hal. 33, 2021.
B. P. Statistik, “Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022,” Badan Pusat Statistik, [Daring]. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html. Diakses: 1 April 2025.
A. R. L. Astuti, “Transformasi digital pada manajemen kearsipan surat di Kelompok Bermain Tunas Mulia,” [unpublished], 2022.
J. Sudrajat, I. A. Permana, dan N. Azizah, “The Effectiveness of Online Learning Using Google Workspace and WhatsApp Applications,” Society, vol. 10, no. 2, hal. 571–578, 2022.