Pelatihan Self-Regulated Learning sebagai Upaya Meningkatkan Belajar yang Efektif bagi Siswa di SMP Negeri 10 Kupang

Penulis

  • Dhiu Margaretha Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia
  • Enasely Mega Wenyi Rohi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia
  • Stefanus Lio Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia
  • Jefri Aprilius Marianus Un Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Widya Mandira, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3617

Kata Kunci:

Belajar Efektif, Pelatihan, Self-regulated learning, Siswa, Sekolah

Abstrak

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kupang yang diikuti oleh 26 siswa,   Beberapa masalah pokok yang menjadi kendala siswa di SMP Negeri 10 Kupang yaitu belum mampu mengatur waktu belajar dengan baik, lebih senang bermain, belum memahami penting belajar mandiri. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan gambaran penting tentang self-regulated learning bagi siswa. Proses pelaksanaan ini melalui beberapa tahap yaitu, pemberian materi, menayangkan cuplikan film pendek berkaitan dengan self-efficacy, melatih pikiran yang negatif ke positif dalam belajar dengan lembar kerja, bermain game ilustrasi.  Hasil kegiatan PkM menunjukkan setelah diberikan pelatihan self-regulated learning dapat membantu siswa dalam belajar dan memahami begitu penting self-regulated learning. Pelatihan ini juga memberi dampak nyata bagi SMP Negeri 10 Kupang, terutama dalam peningkatan keterampilan belajar mandiri siswa. Berdasarkan hasil evaluasi, siswa menunjukkan peningkatan skor rata-rata pada berbagai aspek self-regulated learning (SRL), seperti kemampuan menetapkan tujuan, mengelola waktu, dan mencari bantuan saat mengalami kesulitan belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrizawati et al. (2021). Hubungan Konsep Diri Dan Penyesuaian Sosial Dengan Self Regulated Learning Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal As-Said, 1(2), 13–24. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/40

Alhadi, S. et al. (2018). Self-Regulated Learning?: Is it Different between Men and Women Students?? Self-Regulated Learning?: Is it Different between Men and Women Students?? Jurnal Bimbingan Dan Konseling, VII(2)(December), 46–52. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v7i2.12933

Aminah, M., & Maulida, I. (2020). Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Mimin. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 132–138.

Ariadi Cahya Dinata, P. et al. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 139–146.

Aripin, N. A. et al. (2023). Pelatihan Strategi Self-Regulated Learning Fase Forethought Untuk Student Engagement Siswa Smp. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 15(2), 137–154. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol15.iss2.art4

Arsyad, R. N. et al. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning dengan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Trigonometri. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i1.12423

Eom, S. (2019). The Effects of Student Motivation and Self-regulated Learning Strategies on Student’s Perceived E-learning Outcomes and Satisfaction. Journal of Higher Education Theory and Practice, 19(7), 29–42. https://doi.org/10.33423/jhetp.v19i7.2529

Granberg, C. et al. (2021). A case study of a formative assessment practice and the effects on students’ self-regulated learning. Studies in Educational Evaluation, 68(November 2020). https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2020.100955

Haerani, I. et al. (2020). Profil Kemandirian Belajar Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Belajar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(2), 179–199. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7665

Herlina, S. et al. (2022). Self-Regulated Learning berdasarkan Kemampuan Akademik Matematika: Literatur Review. Prisma, 11(1), 113. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1955.

Harvey, V. S., & Chickie-Wolfe, L. A. (2007). Fostering learning: practical independent strategies to promote student success. In Guilford Publications, Inc.

Juniar, N. (2024). Studi literatur: Pengaruh self regulated learning terhadap prestasi belajar siswa. Jendela: Jurnal Pendidikan Elaborasi Athirah, 1(1), 17–24.

Pratiwi, A. F., & Imami, A. I. (2022). Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. AKSIOMA?: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(3), 403–410. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13973

Rifky, R. (2020). Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 85–92.

Sari, N. et al. (2023). Analisis hubungan self-regulated learning dengan prestasi belajar siswa. Journal of Classroom Action Research, 5, 269–278. http://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/index___________

Tarumasely, Y. (2021). Pegaruh Self Regulated Learning dan Self Efficacy Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 8(1), 71–80.

Wong, J. et al. (2019). Supporting Self-Regulated Learning in Online Learning Environments and MOOCs: A Systematic Review. International Journal of Human-Computer Interaction, 35(4–5), 356–373. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543084

Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p107

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-12

Cara Mengutip

Margaretha, D., Wenyi Rohi, E. M., Lio, S., & Marianus Un, J. A. (2025). Pelatihan Self-Regulated Learning sebagai Upaya Meningkatkan Belajar yang Efektif bagi Siswa di SMP Negeri 10 Kupang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 653-663. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3617