Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SD di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3601Kata Kunci:
Berdiferensiasi, Kompetensi, Pembelajaran, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya pemahaman guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Dasar di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru PAI dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kemampuan siswa. Kegiatan dilaksanakan pada tahun 2024 dengan metode partisipatif yang mencakup workshop, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Guru mampu menyusun strategi pembelajaran yang variatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Dampak nyata dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran secara efektif dan inklusif, serta terjadinya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar mengajar.
Unduhan
Referensi
M. Taufiq, "Penerapan Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Pendekatan yang Inklusif," Jurnal Kualitas Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 205–210, Jan. 2025.
U. F. Lestari, M. Wati, M. Afandi, M. Subhan, dan M. D. R. Sahbana, "Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis," Journal of Education Research, vol. 5, no. 4, pp. 5272–5280, Nov. 2024.
A. Ridwan dan S. Umarella, "Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Penggerak SMP Negeri 11 Tual," Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 5, no. 3, pp. 137–149, Mar. 2024.
T. Maharani, E. S. Muzakkir, A. Abdurrahmansyah, dan T. Handayani, "Relevansi Demokratisasi Pendidikan Islam dalam Pembelajaran Berdiferensiasi," Jurnal Basicedu, vol. 8, no. 3, pp. 1234–1245, May 2024.
D. Y. Huda, M. S. Sholehuddin, dan A. Khobir, "Diferensiasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Perspektif Progresivisme," Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 45–55, May 2024.
S. Rachmawati dan T. Kurniawan, “Pendekatan Participatory Action Research dalam pengembangan program pemberdayaan masyarakat,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 12–21, 2021.
A. Haryanto, “Implementasi Participatory Action Research dalam penelitian pendidikan dan sosial,” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, vol. 10, no. 2, pp. 105–114, 2022.
S. Susilo, "Participatory Action Research (PAR) sebagai pendekatan pemberdayaan dalam pendidikan," Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 25, no. 3, pp. 303-312, 2020.
D. Fitriani, "Pengembangan kompetensi guru melalui pendekatan Participatory Action Research," Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 32, no. 2, pp. 154-160, 2021.
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2011, hlm. 164.
Sukardi, A., R. Al-Fauzan, and D. A. Yunianto, Strategi Pembelajaran Aktif dan Inovatif di Era Digital, Bandung: Alfabeta, 2023, p. 2.
Ramadhan, R. A., Putra, F. R., and Surahman, E., “Augmented Reality dalam Pembelajaran,” in Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, vol. 11, no. 2, pp. 122–128, 2021.
Bustamin, M., Syahril, S., and Mustami, M. K., Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital, Makassar: CV. Fatahillah Media, 2023, p. 38.
Sakti, A., Krisis Karakter Anak di Masa Pandemi: Tinjauan Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Litera, 2018.
Nur Bintari, I. and Darmawan, A., “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kontekstual,” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 6, no. 2, pp. 137–150, 2016.
O. Hamalik, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Marlina, R., Widodo, H., and Amalia, Y., Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan 4.0, Yogyakarta: Deepublish, 2023, p. 90.
M. Muslich, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.