Identification of Product Value, Packaging Design, and Marketing Communication of MSMEs in Karah, Jambangan – Surabaya

Penulis

  • Diyah Tulipa Prodi Kewirausahaan, Fakultas Kewirausahaan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia
  • Santho Vlennery Mettan Prodi Kewirausahaan, Fakultas Kewirausahaan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia
  • Agatha Liney Simmamora Prodi Kewirausahaan, Fakultas Kewirausahaan, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3538

Kata Kunci:

#umkm, #Digital Marketing, Product Value

Abstrak

UMKM berkontribusi mengurangi pengangguran di Indonesia. Namun, banyak UMKM mengalami stagnasi pertumbuhan dan pengembangannya. Pemerintah mencanangkan berbagai program untuk mendorong UMKM naik kelas, sebagaimana diamanatkan dalam Perpres No. 2 Tahun 2022. Kelurahan Karah telah melakukan pembinaan terhadap beberapa UMKM, meskipun masih banyak yang belum tertangani. Masalah UMKM Karah adalah pengelolaan masih tradisional dan belum mengenal pengelolaan modern. Hal ini memberikan dampak produk yang dihasilkan UMKM masih sangat terbatas, penjualannya juga masih di sekitar tempat tinggal pelaku UMKM. Kegiatan yang sudah dijalankan dalam membantu UMKM  berkembang dan menjawab persoalan yang muncul adalah (1) ceramah mengenai mindset berwirausaha (2) kurasi untuk menemukan nilai produk (3) pelatihan pemilihan kemasan dan pembuatan label kemasan (4) Pelatihan pembuatan konten pemasaran digital. Output dari kegiatan-kegiatan dalam pelatihan ini adalah dari masing-masing UMKM dapat menemukan nilai produk yang diunggulkan dan akan dikomunikasikan kepada konsumen, kemasan dan labelling produk UMKM yang menarik dan konten pemasaran digital untuk diunggah di IG sebgai sarana promosi. Kegiatan awal diikuti oleh 16 UMKM, berdasarkan seleksi hanya 6 UMKM yang dapat dibina agar menjadi pilot project. Pembinaan dilakukan bersama-sama tim dari UKWMS dengan pihak Kelurahan Karah. Tujuannya agar kelurahan mampu mengkoordinir UMKM yang telah dibina untuk meneruskan kepada UMKM lainnya di Kelurahan Karah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

www:https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm-dalam-perekonomian-indonesia.html, (accessed March 20, 2024)

www:https://ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah-siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi, (accessed March 20, 2024)

https://www.regulasip.id/book/18808/read : PerPres No 2 Tahun 2022, (accessed March 20, 2024)

Widiastuti T, Al-shami SA, Mawardi I, Zulaikha S, Haron R, Kasri RA, Al Mustofa MU, Dewi EP., “Capturing the barriers and strategic solutions for women empowerment: Delphy analytical network process. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity”. 2024 Sep 1, Vol. 10 No. 3:100345

Rizan, M., & Arrasyid, H., ”Analisis asosiasi merek, nilai produk, dan kualitas pelayanan, serta pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen sepeda motor di Bekasi”. Jurnal Siasat Bisnis, 2008, Vol. 12 No. 2.

Kotler, P., & Keller, K. L., ”Manajemen pemasaran edisi ketiga belas”. Jakarta: Erlangga, 2011, pp: 339-340

Winarko, H. B., Sihabudin, A., & Dua, M., ”Strategi komunikasi pemasaran digital terpadu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)”. Jurnal Mebis, 2020, Vol. 5, No.1, pp: 58-68.

Jemal S. “Effect of entrepreneurial mindset and entrepreneurial competence on performance of small and medium enterprise, evidence from litrature review.” International Journal of Management & Entrepreneurship Research. 2020, Vol. 2, No. 7, pp:476-91.

Qibtiyah DB. “Kurasi Produk UMKM Kabupaten Probolinggo dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Retail Modern.” GUYUB: Journal of Community Engagement. 2024 Sep 30, Vol. 5, No. 3, pp:691-708.

Rachmat Z, Baali Y, Rukmana AY, Wonua AR, Sudirjo F, Handiman UT, Ekopriyono A, Irawan IA., ”Pengembangan kewirausahaan.”, 2023.

Hardana A., ”Model pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi.” Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 2018 Dec 27, Vol. 6, No. 2, pp:31.

Lopes AR, Casais B., “Digital content marketing: Conceptual review and recommendations for practitioners.” Academy of Strategic Management Journal. 2022 Jul 1, Vol. 21, No. 2, pp:1-7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-08-12

Cara Mengutip

Tulipa, D., Mettan, S. V., & Simmamora, A. L. (2025). Identification of Product Value, Packaging Design, and Marketing Communication of MSMEs in Karah, Jambangan – Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(4), 643-651. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3538