Pelatihan Branding dan Networking Pemasaran Ikan Lempuk Pada UKM Suka Makmur Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan

Penulis

  • Marsudi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • R. Iqbal Robbie Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Mursidi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3528

Kata Kunci:

branding, ikan lempuk, networking, UKM

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk pelatihan dan pendampingan dalam  meningkatkan perekonomian Masyarakat daerah Danau Ranu di Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan melalui branding dan networking pemasaran ikan lempuk sebagai keunikan local wisdom. Masyarakat tidak mahir dalam mengelola ikan mentah, sehingga tidak mendapatkan hasil yang ekonomis, maka pengabdi melakukan bebrapa metode untuk bisa membantu peningkatan hasil perekonomian masyarakat. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini adalah dengan cara pelatihan yang meliputi pengemasan produk dan pendampingan usaha melalui lini-lini masa pemasaran sebagai oleh-oleh khas Danau Grati. Hasil kegiatan ini adalah peningkatan hasil olahan ikan lempuk, yang awalnya hasil ikan dijual langsung ke pasar, sekarang bisa diolah menjadi lebih menarik, berikutnya hasil olahan ikan lempuk dikemas dengan atraktif sehingga mempunyai tampilan yang bagus untuk dijual sebagai oleh-oleh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Kunci and P. Budidaya, “Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Terbuka Tahun 2023 ISSN 2964 -9315 (Online),” vol. 9315, no. 2018, pp. 609–616, 2023.

I. W. Mertha, M. Yazid, M. Ilmi, S. Khuluq, and H. Sura, “Pengabdian Masyarakat Melalui Program Pelatihan Pembuatan Abon Dan Pengemasan Garam Untuk Meningkatkan Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Alam Di Desa Persiapan Empol,” 2025.

Dzakiyah Widyaningrum and Elly Ismiyah, “Penyuluhan Label Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk Pada Pelaku Umkm Ikan Asin,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 3675–3680, 2022, doi: 10.53625/jabdi.v2i1.2262.

M. H. Urmila Dewi, I. G. Trunajaya, I. W. W. Kesumajaya, and I. M. Adigorim, “Penerapan Digital Marketing dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Pelaku UKM di Kabupaten Klungkung,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 2, p. 19, 2018, doi: 10.30999/jpkm.v8i2.234.

P. Produk and P. Masa, “Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19,” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 6–13, 2021, doi: 10.31002/abdipraja.v2i1.3602.

R. D. Siang, A. I. Nur, M. Ramli, A. B. Patadjai, D. Sriwulan, and R. Budiyanto, “DIGITAL MARKETING PADA MASYARAKAT NELAYAN DESA BATU PUTIH,” vol. 3, no. 3, pp. 132–140, 2024.

R. Yuniar Rahmadieni and E. Idar Wahyuni, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Pemasaran Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Bulusulur,” J. Al Basirah, vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2023, doi: 10.58326/jab.v2i1.28.

U. Lesmanah, O. Melfazen, and C. Yazirin, “Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin,” I-Com Indones. Community J., vol. 3, no. 4, pp. 1719–1725, 2023, doi: 10.33379/icom.v3i4.3338.

Sumadi, Budiyono, H. Samanto, T. F. Efedi, and T. Agustini, “Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Pentingnya Pemasaran Digital dan Protokol pada Pelaku UMKM di Desa Trucuk Klaten,” J. BUDIMAS, vol. 05, no. 02, pp. 1–6, 2023.

E. Susanti, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor,” Sawala J. Pengabdi. Masy. Pembang. Sos. Desa dan Masy., vol. 1, no. 2, p. 36, 2020, doi: 10.24198/sawala.v1i2.26588.

N. Hidayati, R. Juliyanah, A. Iskandar, A. Rahman, and V. A. Murdiana, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Hasil Produksi Pertanian Pada Kelompok Wanita Tani Pamulang Barat,” 2023.

T. Terttiaavini, L. Hertati, Y. Yulius, and T. S. Saputra, “Pelatihan Digital Marketing Dan Inovasi Produk Guna Meningkatkan Daya Saing Umkm Ikan Pedo Serbuk,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 8, no. 2, p. 2405, 2024, doi: 10.31764/jmm.v8i2.21836.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Marsudi, M., Robbie, R. I., & Mursidi, M. (2025). Pelatihan Branding dan Networking Pemasaran Ikan Lempuk Pada UKM Suka Makmur Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3528