Pemberdayaan Literasi Digital untuk Guru dan Murid di SD-SMP Satu Atap Desa Seraya Marannu, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Penulis

  • Muhammad Harits Maulana El-Haq Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia
  • Wa Ode Zusnita Muizu Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3433

Kata Kunci:

google workspace, kecerdasan buatan, literasi digital, pendidikan, teknologi informasi

Abstrak

Program literasi digital yang dilaksanakan di SD-SMP Satu Atap Desa Seraya Marannu bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital guru dan murid melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya Google Workspace dan kecerdasan buatan (AI). Program ini terdiri dari empat sesi pelatihan yang mencakup pengenalan aplikasi Google Docs, Google Sheets, Google Classroom, dan penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran. Pelatihan ini dirancang untuk memperkenalkan teknologi digital kepada peserta yang sebelumnya memiliki keterbatasan dalam menggunakan aplikasi berbasis teknologi. Evaluasi dilakukan melalui wawancara dan observasi langsung yang menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan digital peserta, meskipun tantangan terkait keterbatasan perangkat dan konektivitas internet tetap menjadi kendala utama. Dampak positif dari program ini diharapkan dapat menjadi model untuk pengembangan literasi digital di wilayah terpencil lainnya dan mendukung transformasi pendidikan berbasis teknologi di Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Hidayah, A. Wibowo, and S. Saparuddin, “Utilization Of Google Workspace In Economics Learning Sman 68 Jakarta.”

I. Desmaniar and dan Zuliana Linggo Geni, “PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DI DAERAH TERPENCIL.”

H. Kusumawati, L. R. Wachidah, D. Triana, C. ( Ma, A.-Z. Sumber, and A. Pamekasan, “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.”

“291.+Jurnal+JRPP_Inovasi+Pendidikan”.

A. F. Al Ashbahani and D. Rahmawati, “International Journal of Social Science and Human Research The Role of Technology in Promoting Teacher Professionalism: An Analysis of Technology Integration in Teaching and Learning in Schools”, doi: 10.47191/ijsshr/v7-i08-34.

R. Budianti and D. Setiawan, “Platform Merdeka Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Daerah 3T.”

P. Hasil Penelitian Perguruan Tinggi dalam Menunjang Pembangunan Masyarakat, S. Delfiati Fakultas Arsitektur dan Desain, and Y. Universitas Kristen Duta Wacana, Prosiding Seminar Hasil Penelitian bagi Civitas Akademika UKDW TIPOLOGI RUANG PADA RUANG LUAR DI DESA SERAYA MARANNU, FLORES, NUSA TENGGARA BARAT. 2017.

N. Ahyani, H. Fitria, B. Lian, and H. S. Nugroho, “PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 11, no. 3, May 2024, doi: 10.47668/edusaintek.v11i3.1283.

R. Marginingsih, “Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM,” Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 8, no. 2, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter

A. Viorennita, L. Dewi, and C. Riyana, “The Role of ChatGPT AI in Student Learning Experience,” 2023, doi: 10.17509/xxxx.xxx.

F. Dwi Mukti, “TRANSFORMASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR: PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM ERA DIGITAL,” 2023.

R. Jayanthi and A. Dinaseviani, “Kesenjangan Digital dan Solusi yang Diterapkan di Indonesia Selama Pandemi COVID-19,” JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, vol. 24, no. 2, pp. 187–200, Dec. 2022, doi: 10.17933/iptekkom.24.2.2022.187-200.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Maulana El-Haq, M. H., & Muizu, W. O. Z. (2025). Pemberdayaan Literasi Digital untuk Guru dan Murid di SD-SMP Satu Atap Desa Seraya Marannu, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(3), 533-540. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3433