Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan KIT Listrik Magnet dalam Pembelajaran Inkuiri pada MGMP IPA Rayon 2 Kabupaten Siak
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3393Kata Kunci:
Listrik Magnet, Pembelajaran Inkuiri, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)Abstrak
Penggunaan KIT Listrik Magnet dalam pembelajaran inkuiri masih menghadapi berbagai kendala, terutama kurangnya pemahaman guru dalam penerapannya. Hal ini berpengaruh pada efektivitas pembelajaran dan pemahaman siswa terhadap konsep listrik magnet. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MGMP IPA Rayon 2 Kabupaten Siak melalui pelatihan dan pendampingan yang sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengambilan data melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan KIT Listrik Magnet secara signifikan. Dampaknya, pembelajaran menjadi lebih interaktif dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep listrik magnet. Rekomendasi diberikan untuk pelatihan lanjutan serta monitoring efektivitas penggunaan KIT dalam jangka panjang.
Unduhan
Referensi
A. Fakhri, “Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran?: Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21,” C.E.S (Confrence Elem. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 32–40, 2023.
M. Agustina, “Peran Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dalam Pembelajaran Ipa Madrasah Ibtidaiyah (Mi) / Sekolah Dasar (Sd),” T-Ta’Dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/110
Muhammad Ilham S. and Amri Amal, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Teori Belajar Kolaboratif Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA SD,” Madako Elem. Sch., vol. 2, no. 2, pp. 172–180, 2023, doi: 10.56630/mes.v2i2.198.
P. Supratiknyo, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,” J. Terap. Pendidik. Dasar dan Menengah, vol. 1, no. 2, pp. 290–301, 2021, doi: 10.28926/jtpdm.v1i2.245.
M. Tubagus, E. Feby, R. Lubis, I. Manado, and S. Utara, “Studi Komparatif Antara Pembelajaran Berbasis Proyek dan Metode Ceramah dalam Memperkuat Konsep Fisika Serta Kemampuan Pemecahan Masalah” Numbers J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 2, pp. 120–129, 2024.
I. Damayanti, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 3, pp. 1–12, 2014, [Online]. Available: chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://media.neliti.com/media/publications/252984-none-bfe7a3e0.pdf
M. Rahmad, S. Wulandari, K. Kunci, C. Author, and U. Riau Jln Binawidya Panam Pekanbaru, “Persepsi Guru IPA terhadap Pengelolaan Eksperimen IPA,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 3, pp. 449–454, 2024, [Online]. Available: https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde
L. A. Arvianti, E. H. N. Afifi, and K. Keliata, “Inisiatif Guru Sekolah Dasar Menyediakan Media Dan Bahan Pratikum Sains Di Tengah Keterbatasan Fasilitas Laboratorium,” SEARCH Sci. Educ. Res. J., vol. 2, no. 2, pp. 102–114, 2024, doi: https://doi.org/10.47945/search.v2i2.1469
S. Sutrio, H. Sahidu, A. Harjono, I. W. Gunada, and H. Hikmawati, “Pelatihan Pendalaman Materi IPA Berbasis Masalah Bagi Guru-Guru SDN Subahnala Kecamatan Batukliang Lombok Tengah,” J. Pengabdi. Masy. Sains Indones., vol. 4, no. (2), 2022, doi: 10.29303/jpmsi.v4i(1).193.
E. Ernidawati et al., “Problematika Penggunaan KIT Fisika dalam Pembelajaran IPA SMP Se Riau Kepri,” J. Sel. PKM Pengabdi. Masy. dan Kukerta, vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2024.
S. Sutrio, H. Sahidu, A. Harjono, I. W. Gunada, and H. Hikmawati, “Pelatihan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Berbantuan KIT Bagi Guru-Guru SD Di Kota Mataram,” J. Pengabdi. Masy. Sains Indones., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.29303/jpmsi.v2i2.80.
M. R. Hamzah, Y. Mujiwati, I. M. Khamdi, M. I. Usman, and M. Z. Abidin, “Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 04, pp. 553–559, 2022, doi: 10.57008/jjp.v2i04.309.
Y. Wahyu, A. L. Edu, and M. Nardi, “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 107–112, 2020, doi: 10.29303/jppipa.v6i1.344.
K. Khalid, N. Aisyah, A. I. Soemantri, and M. Wandiru, “Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Peningkatan Hasil Belajar Taruna AAL,” Saintek J. Sains Teknol. dan Profesi Akad. Angkatan Laut, vol. 16, no. 1, pp. 44–50, 2023, doi: 10.59447/saintek.v16i1.113.
A. Mokoagow, A. H. Odja, N. E. Ntobuo, and C. S. Payu, “Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Media KIT IPA Terhadap Hasil Belajar Konsep IPA,” vol. 5, no. 2, 2024,doi: https://doi.org/10.31851/luminous.v5i2.16568
R. M. Kunda, R. R. Lokollo, F. Manuhutu, R. Salamor, and Y. T. El Anshori, “Pelatihan Penggunaan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Pada Siswa dan Guru Di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat,” PAKEM J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 88–93, 2024, doi: 10.30598/pakem.4.1.88-93.
Tri Aminingsih, A. Saepulrohman, P. Nabila Adinda Adriansyah, and L. Heliawati, “Pembinaan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) IPA dengan KIT IPA pada Sekolah Dasar,” KENDURI J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 3, pp. 91–99, 2023, doi: 10.62159/kenduri.v3i3.1011.
I. S. Citron Payu, Abdul Haris Odja, Muhammad Yusuf, “Pelatihan Penggunaan Alat Kit IPA Bagi Guru-Guru IPA Se- Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo untuk Mendukung Kegiatan Belajar Mengajar dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013,” Sepalarang. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 7, no. 2004, pp. 779–785, 2023, doi : https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.13986
A. Koç and U. Büyük, “Effect of Robotics Technology in Science Education on Scientific Creativity and Attitude Development,” J. Turkish Sci. Educ., vol. 18, no. 1, pp. 54–72, 2021, doi: 10.36681/tused.2021.52.
R. P. Pinasthika and H. U. Kaltsum, “Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. BASICEDU, vol. 6, no. 4, pp. 6558–6566, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3304
A. Aliah, “Peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pedidikan Agama Islam,” Digilib.Uinsgd.Ac.Id, vol. 2, no. 2, pp. 320–327, 2021.
D. P. Putra, D. Purwati, and N. Nasharuddin, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kit IPA (Fisika) Berorientasi Aktivitas pada Pokok Bahasan Cahaya di SMP,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 1, no. 2, p. 47, 2014, doi: 10.12928/jrkpf.v1i2.1995.
I. W. Sukarjita, “Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Pembelajaran IPA Terpadu Melalui Pelatihan Penggunaan KIT IPA Bagi Guru IPA SMP di Kecamatan Kupang Barat,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Undana, vol. 14, no. 2, pp. 33–42, 2020, [Online]. Available: http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jlppm/article/view/3440
U. Rosidin, D. Maulina, and W. Suane, “Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Dan Penggunaan Alat Peraga IPA Bagi Guru-Guru IPA Di SMP/MTS Se-Kota Bandar Lampung,” J. Pengabdi. Masy. MIPA dan Pendidik. MIPA, vol. 4, no. 1, pp. 52–60, 2020, doi: 10.21831/jpmmp.v4i1.34075.
N. Mastika, I. B. P. Adnyana, and I. G. N. A. Setiawan, “Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2014.
H. P. Putri, “Pengaruh Metode Praktikum disertai Resitasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa di MA Wahid Hasyim Yogyakarta,” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta., 2014.
N. W. Wartini, “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis,” vol. 5, no. 1, pp. 126–132, 2021,doi: https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32255
I. Amijaya, LS, Ramdani, A., & Merta, “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik,” J. Pijar Mipa, vol. 13, no. 2, pp. 94–99, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/view/2678%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/mude/article/download/2678/2311
D. A. W. Hastuti and Wiyanto, “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Siswa,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 3, pp. 288–298, 2019, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
A. D. Nainggolan, J. M. Ritonga, and D. P. Barus, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 195–204, 2021.
S. Rochman, I. Sakti, A. Y. Zukmadini, and S. Approach, “Pelatihan Asistensi KIT Fisika Berbasis Scientific Approach untuk Siswa di SMAN 1 Kabupaten Bengkulu,” vol. 5, no. 1, 2021,doi: https://doi.org/10.32832/abdidos.v5i1.995
K. A. Astiti, “Workshop on Design and Implementation of Practical Activities for Science Teachers in Nekamese District,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 1–5, 2019.
B. N. Khair, F. P. Astria, K. S. K. Wardani, N. Nurwahidah, N. L. P. N. Sriwarthini, and A. N. Rahmatih, “Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan Kit Ipa Di Sd Negeri 34 Cakranegara,” J. Interaktif War. Pengabdi. Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 14–19, 2021, doi: 10.29303/interaktif.v1i1.3.