Pelatihan Pengemasan Produk, Pemasaran Digital Dan Pembuatan Laporan Keuangan Di Desa Banjarsari, Gresik

Penulis

  • Nadia Anridho Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Tantri Sun Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Vidya Intani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Dina Indriana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Anna Retnawati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Iswajuni Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3374

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, Pengemasan Produk, Pemasaran Digital, Laporan Keuangan

Abstrak

Desa Banjarsari, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik merupakan salah satu desa yang memiliki beragam jenis UMKM. Namun terdapat tantangan berupa persaingan usaha yang semakin ketat. Metode yang digunakan dalam melakukan pengabdian masyarakat adaah dengan memberikan pelatihan tentang pengemasan produk, pemasaran digital dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengembangkan usahanya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat diikuti oleh 32 peserta UMKM. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan wawasan yang dimiliki oleh UMKM. Hal tersebut didasarkan dari peningkatan nilai pre test dan post test yang dikerjakan oleh peserta kegiatan. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah dengan adanya pelatihan tersebut, diharapkan UMKM akan lebih siap untuk mempromosikan barang dagangannya dan lebih mudah mendapatkan pendanaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS, “No Title,” Badan Pusat Statistik, 2024.

S. H. Permana, “Strategi peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia,” Aspirasi, vol. 8, no. 1, pp. 93–103, 2017.

B. M. PULKA and M. S. Gawuna, “Contributions of SMEs to employment, gross domestic product, economic growth and development,” Jalingo J. Soc. Manag. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 1–18, 2022.

S. Philbin, R. Viswanathan, and A. Telukdarie, “Understanding how digital transformation can enable SMEs to achieve sustainable development: A systematic literature review,” Small Bus. Int. Rev., vol. 6, no. 1, p. e473, 2022.

H. Kesk?n, C. ?entürk, O. Sungur, and H. M. K?r??, “The importance of SMEs in developing economies,” in 2nd international symposium on sustainable development, 2010, vol. 183.

N. Algan, “The importance of SMEs on world economies,” in Proceedings of International Conference on Eurasian Economies, Turkish Republic of Northern Cyprus, 2019, vol. 12.

N. Feriyanto, “Digitalisasi UMKM untuk meningkatkan ekonomi dan pencapaian SDGs,” Pidato Pengukuhan Guru Besar, Novemb., pp. 1–44, 2021.

T. Tambunan, “Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia,” J. Glob. Entrep. Res., vol. 9, no. 1, p. 18, 2019.

N. F. Fachroni, “Peran Pengusaha Industri Kecil Makanan Ringan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan Di Dusun Ngebet Desa Morowudi Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik Ditinjau dari Teori Kesejahteraan Islam.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Surabaya, 2020.

S. Samsiyah, E. Sulistyawan, M. M. Rachman, and S. P. Utomo, “Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik Pada UMKM Di Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik,” EKOBIS ABDIMAS J. Pengabdi. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 81–88, 2022.

L. A. Martinelli, R. Naylor, P. M. Vitousek, and P. Moutinho, “Agriculture in Brazil: impacts, costs, and opportunities for a sustainable future,” Curr. Opin. Environ. Sustain., vol. 2, no. 5–6, pp. 431–438, 2010.

L. Malihah and A. Nazairin, “Sampah Plastik Sachet Dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan,” YUME J. Manag., vol. 7, no. 1, pp. 198–210, 2024.

A. Mursalat et al., “EKO-KREASI: Transformasi Botol Plastik menjadi Interior Inovatif dan Hidroponik Desa Kalosi Alau,” Madaniya, vol. 4, no. 4, pp. 1432–1440, 2023.

D. Finance, “No Title,” Detik Finance, 2020. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5110727/duh-nyaris-30-juta-umkm-tutup-dihajar-corona

D. Susilowati, L. Dewi, M. F. Riziqiyah, R. I. Yuniawati, and S. Firdausia, Antologi Lembaga Keuangan Mikro Berbasis Kearifan Lokal. TOHAR MEDIA, 2024.

R. Rosita, “Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia,” J. Lentera Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 109–120, 2020.

E. Erwin et al., Bisnis Digital: Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini. PT. Green Pustaka Indonesia, 2023.

L. D. Fitriah et al., “Optimalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial pada UMKM Se-Kecamatan Bulak Dalam Era Disrupsi,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 3, pp. 1074–1081, 2022.

T. Purwanto, Y. Sukandani, I. M. B. Dwiarta, A. Prasetyo, and M. R. Ardhiani, “Memaksimalkan Potensi Usaha Pelaku Umkm Melalui Inovasi Produk Olahan Hasil Pertanian Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik,” Ekobis Abdimas J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 98–103, 2020.

N. Nden, Strategies for Ensuring the Timeliness of Small Business Financial Reporting in Nigeria. Walden University, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-16

Cara Mengutip

Anridho, N., Sun, T., Intani, V., Indriana, D., Retnawati, A., & Iswajuni, I. (2025). Pelatihan Pengemasan Produk, Pemasaran Digital Dan Pembuatan Laporan Keuangan Di Desa Banjarsari, Gresik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(1), 69-75. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3374