Tingkatkan Kreativitas Santri: Pelatihan Pembuatan Video Promosi Online Di Pesantren Darul Muttaqien Jember

Penulis

  • Deddy Suprapto Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Indonesia
  • Bambang Aris Kartika Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Indonesia
  • Romdhi Fatkhur Rozi Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Indonesia
  • Rara Mustika Ningrum Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3372

Kata Kunci:

ekonomi pesantren, pemasaran digital, pelatihan produksi video, konten kreatif, kemandirian ekonomi

Abstrak

Pesantren Darul Muttaqien di Jember berkomitmen memberdayakan ekonomi santri melalui usaha kreatif. Namun, keterbatasan kemampuan santri dalam pemasaran online menjadi kendala dalam memperluas jangkauan pasar produk-produk pesantren. Untuk mengatasi kendala ini, dilakukan program pelatihan pembuatan video promosi sebagai strategi pemasaran online. Pelatihan bertujuan meningkatkan kreativitas santri memproduksi konten digital yang efektif dan menarik, sesuai dengan nilai-nilai pesantren. Metode pelatihan mencakup kombinasi teori dan praktik, meliputi materi pemasaran digital, teknik produksi video, serta optimasi konten untuk platform media sosial. Program ini berlangsung selama dua minggu dengan pendampingan intensif. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan santri dalam menghasilkan video promosi yang menarik secara visual dan informatif. Produk-produk pesantren berhasil menjangkau audiens yang lebih luas melalui platform media sosial, yang berdampak pada peningkatan kesadaran merek dan potensi penjualan. Program ini berdampak positif terhadap pengembangan ekonomi pesantren, tebukti dengan keterampilandan kreativitas yang tepat, santri dapat menjadi konten kreator yang kompeten. kegiatan ini menegaskan pentingnya teknologi digital dalam mendukung kemandirian ekonomi berbasis nilai spiritual di pesantren.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Nasor and Jasmadi, “The Role of Pesantren in Maintaining the Unity of the Nation,” 2020. doi: 10.2991/assehr.k.201113.052.

V. V. Ashari, E. Ediyanto, and E. Pramono, “Pengembangan Program Pengenalan Marketplace Digital Jiwa Wirausaha Pada Siswa Tunagrahita,” Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 256–266, Jul. 2023, doi: 10.24176/re.v13i2.9918.

W. Hussain and J. M. Merigo, “Onsite/offsite social commerce adoption for SMEs using fuzzy linguistic decision making in complex framework,” J Ambient Intell Humaniz Comput, vol. 14, no. 9, pp. 12875–12894, Sep. 2023, doi: 10.1007/s12652-022-04157-5.

A.-J. López-Navarrete, I. López-Cepeda, and A. Álvarez-Ruiz, “The ‘Hawkers’ case study: a model of the strategic use of the resources offered by digital environments,” Revista Mediterránea de Comunicación, vol. 10, no. 2, p. 45, Jul. 2019, doi: 10.14198/MEDCOM2019.10.2.13.

B. S. Permana, G. N. Insani, H. Reygita, and T. Rustini, “Lack of Educational Facilities and Infrastructure in Indonesia,” AURELIA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 1076–1080, Jul. 2023, doi: 10.57235/aurelia.v2i2.646.

Y. C. Gai Mali et al., “Issues And Challenges Of Technology Use In Indonesian Schools: Implications For Teaching And Learning,” IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), vol. 7, no. 2, pp. 221–233, Jul. 2023, doi: 10.24071/ijiet.v7i2.6310.

M. A. Azim and A. Ardoni, “Pembuatan video Promosi di Perpustakaan SMP N 18 Padang,” Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, vol. 8, no. 1, p. 236, Oct. 2019, doi: 10.24036/107344-0934.

M. Rizal, B. Butsiarah, and M. A. Pahany, “PERANCANGAN ANIMASI MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA PROMOSI STMIK AKBA,” Journal of Information System Management (JOISM), vol. 3, no. 2, pp. 36–43, Jul. 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.514.

S. Zannettou et al., “Analyzing User Engagement with TikTok’s Short Format Video Recommendations using Data Donations,” in Proceedings of the CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, New York, NY, USA: ACM, May 2024, pp. 1–16. doi: 10.1145/3613904.3642433.

R. Firliana, A. Ristyawan, T. Andriyanto, E. Daniati, and R. Wahyu Nugroho, “Fotografi Produk Katering Kasmilah Go-Digital Marketing,” Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 102–114, Mar. 2022, doi: 10.53624/kontribusi.v2i2.87.

C. Liu and H. Yu, “AI-Empowered Persuasive Video Generation: A Survey,” ACM Comput Surv, vol. 55, no. 13s, pp. 1–31, Dec. 2023, doi: 10.1145/3588764.

A. N. Safinatunnajah, Pujiyanto, and J. A. Sudarmanto, “Designing Granoolars Brand Promotion with Social Media Mix Approach as A Brand Awareness Strategy,” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, vol. 1, no. 7, pp. 857–874, Jul. 2021, doi: 10.17977/um064v1i72021p857-874.

Z. S. Y. Sekarnegara and H. Handriyotopo, “YOUTUBE AS AN ALTERNATIVE MEDIUM FOR APPRECIATING INDEPENDENT SHORT FILMS,” Capture?: Jurnal Seni Media Rekam, vol. 14, no. 1, pp. 17–29, Dec. 2022, doi: 10.33153/capture.v14i1.4056.

I. Muis, S. Solikin, and D. Riana, “Strategic Marketing and Digital Marketing Training Activities for the Rattan Processing Industries in Cirebon Regency [Pelatihan Pemasaran Strategik dan Digital untuk Industri Pengolah Rotan di Kabupaten Cirebon],” Proceeding of Community Development, vol. 2, p. 665, Feb. 2019, doi: 10.30874/comdev.2018.400.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-16

Cara Mengutip

Suprapto, D., Kartika, B. A. ., Rozi, R. F. ., & Ningrum, R. M. . (2025). Tingkatkan Kreativitas Santri: Pelatihan Pembuatan Video Promosi Online Di Pesantren Darul Muttaqien Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(1), 61-67. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3372