Peningkatan Kemampuan Berhitung Peserta Didik dengan Metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) di Pasar Bersama RT 001 RW 005 Kota Sorong, Papua Barat Daya
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3268Kata Kunci:
Kemampuan Berhitung, Metode GASING, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Rendahnya kemampuan berhitung peserta didik di Pasar Bersama RT 001 RW 005 Kota Sorong memerlukan solusi inovatif. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dengan menerapkan Metode GASING (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Metode ini diterapkan melalui tahapan observasi, tindakan (pendampingan pembelajaran), evaluasi, dan penyusunan laporan. Hasil menunjukkan bahwa metode ini cukup efektif meningkatkan kemampuan berhitung dengan nilai N-Gain sebesar 56%. Program ini juga mendapat respons positif dari peserta didik, dengan tingkat kehadiran 95,56%. Metode GASING memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan keterampilan berhitung peserta didik. Dengan temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan lembaga pendidikan dalam mengembangkan strategi pengajaran yang inovatif dan menyenangkan, terutama di bidang matematika.
Unduhan
Referensi
N. B. Sembiring et al., “Jurnal dunia pendidikan,” J. Dunia Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 594–606, 2024.
A. Nurdayani and D. Rahmawati, “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Think Pairs Share Pada Materi Lingkaran,” J. Penelit. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, p. 1, 2023, doi: 10.32502/jp2m.v7i1.6428.
K. N. Waimbo, M. A. Daullu, Y. O. Ansanay, D. Ayomi, G. Numberi, and W. Keduman, “Pengenalan penjumlahan dan perkalian bilangan menggunakan metode matematika gasing kepada pelajar sd-smp di lingkungan ggp jemaat ayalon argapura resimen kota jayapura,” Ebamukai, vol. 2, no. 2, pp. 21–27, 2024, doi: 10.31957/ejpipt.v2i2.215.
W. Menge, E. Ita, A. Nafsia, and E. T. Ngura, “Pemanfaatan Media Papan Pintar Numerasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun,” EDUKASIA J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, pp. 1933–1942, 2024.
D. S. H. K. A. Ikhsani, Afrian Nur Rizal. Tryanasari, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sd Menggunakan Metode Jarimatika,” in Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2024, pp. 334–339. doi: 10.31764/jces.v1i1.71.
F. A. Fitri and E. Zumrotun, “Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Papan Berpaku pada Materi Bangun Datar di Kelas 3 SD,” J. Basicedu, vol. 8, no. 1, pp. 91–98, 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i1.6837.
S. Ayu, S. D. Ardianti, and S. Wanabuliandari, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 3, p. 1611, 2021, doi: 10.24127/ajpm.v10i3.3824.
R. Raini, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii.2 Smp Negeri 21 Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 169–175, 2018, doi: 10.31849/dinamisia.v2i1.1080.
A. Aprijon, “Pelatihan Matematika Gasing Pada Materi Penjumlahan dan Perkalian Dua Digit Dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri,” Menara Riau, vol. 14, no. 2, pp. 1–8, 2020, doi: 10.24014/menara.v14i1.12520.
S. R. Ahlaro, “KRITERIA METODE PEMBELAJARAN YANG BAIK DAN EFEKTIF Steven Ronald Ahlaro 1,” J. Masal. Pastor., vol. VIII, no. 1, pp. 16–29, 2020.
Agnes Agustina Gultom and Khairul Usman, “Efektivitas Metode Pembelajaran Gasing terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas VI SDN 173420 Pollung,” Dharma Acariya Nusant. J. Pendidikan, Bhs. dan Budaya, vol. 2, no. 2, pp. 232–238, 2024, doi: 10.47861/jdan.v2i2.1244.
S. Sulistiawati, “Pembelajaran Matematika Gasing Ditinjau Dari Berbagai Perspektif Teori Belajar,” TEOREMA Teor. dan Ris. Mat., vol. 4, no. 1, pp. 41–54, 2019, doi: 10.25157/teorema.v4i1.1932.
A. Khaq, “Pengaruh Metode Gasing Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IV Mi Nashrul Fajar,” 2022.
M. W. K. Kusuma, I. N. Jampel, and G. W. Bayu, “Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika,” J. Pedagog. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 37–46, 2018, doi: 10.23887/jp2.v1i1.19330.
N. Pagarra, Hamzah. Syamsuddin, A, Fatawuri. Anissa, “Penerapan Metode Gasing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Lempu, vol. 1, no. 24, pp. 1–9, 2024, doi: 10.23887/jear.v7i4.54640.
M. I. Sukarelawan, T. K. Indratno, and S. M. Ayu, N-Gain vs Stacking. 2024.
R. D. Alianti and V. Febrianty, “Pengaruh Pembelajaran Matematika Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Cacah Siswa Kelas 3 SD,” no. 4, 2024.
N. Mahayukti, Gusti, Ayu. Yudiana, I, Kadek. Putri, Ni, Putu. Restiawan, I, Made, Artayani, Ni, “PEMANFAATAN METODE ‘GASING’ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA DAN MENYENANGKAN DI GUGUS II KECAMATAN BEBANDEM,” vol. 5, no. 2, pp. 167–176, 2024.
A. Annisa, Nur, “Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi siswa di sekolah,” Al-Ittizaan J. Bimbing. Konseling Islam, vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2019.
O. R. Lestari and A. T. A. Hardini, “Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD,” J. Kewarganegaraan, vol. 6, no. 2, pp. 2498–2506, 2022.