Pelatihan Praktis Membuat Daftar Isi Dan Mengatur Nomor Halaman Di Microsoft Word Bagi Mahasiswa Universitas Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3257Kata Kunci:
Daftar Isi, Microsoft Word, Nomor HalamanAbstrak
Kemampuan menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word adalah kompetensi esensial bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa PGMI Universitas Nurul Huda semester 1, untuk mendukung kebutuhan akademik. Topik pelatihan ini dipilih berdasarkan kebutuhan mahasiswa dalam memahami cara membuat daftar isi dan mengatur nomor halaman secara otomatis, yang sering menjadi kendala akibat kurangnya pengetahuan tentang fitur lanjutan Microsoft Word. Metode pelatihan menggunakan pendekatan partisipatif berbasis praktik, melibatkan penyampaian materi, praktik langsung, dan evaluasi. Pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman mahasiswa, di mana 90% peserta mampu mengaplikasikan pembuatan daftar isi dan pengaturan nomor halaman dengan benar. Respon positif dari peserta menunjukkan relevansi pelatihan ini terhadap kebutuhan akademik mereka. Sebagai langkah tindak lanjut, pelatihan lanjutan direkomendasikan untuk membahas fitur-fitur lainnya di Microsoft Word. Kegiatan ini memberikan manfaat nyata dalam mempersiapkan mahasiswa sebagai calon pendidik yang profesional dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan berdampak pada peningkatan efisiensi waktu dan kepercayaan diri mahasiswa dalam mengelola dokumen akademik.
Unduhan
Referensi
D. Setiawan, P. Studi Teknik Elektro, F. Teknik, and U. Lancang Kuning, “Pelatihan Ms. Word & Mendeley Untuk Penulisan Karya Ilmiah Dosen Fakultas Teknik Unila,” Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 172–179, 2019.
E. D. Lestariningsih, T. D. Wijayatiningsih, H. Pramudibyo, B. Dalyono, and D. A. Agustina, “Penggunaan Aplikasi Komputer dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 01 Kembangarum Semarang,” Jurnal Surya Masyarakat, vol. 1, no. 2, p. 125, May 2019, doi: 10.26714/jsm.1.2.2019.125-131.
Srifitrisno, “Penerapan Metode Simulasi dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Kelas V SDN No.84 Kota Tengah,” Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 4, no. 3, Sep. 2018.
M. Hasanudin, “Pelatihan Komputer dan Penggunaan Microsoft Word Pada Siswa Berkebutuhan Khusus di Homeschoolin Lantaburo Kabupaten Tangerang,” Madani, vol. 5, no. 2, Aug. 2023.
I. Hadjar, W. Meinarni, A. M. Tawil, and K. Kunci, “Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran,” 2024. [Online]. Available: https://dmi-journals.org/jai/
B. Oktariska dan A. J. E. Toenlioe, “Studi Kasus Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Siswa Di Smkn 6 Malang”.
A. Alfiriani dan E. Hutabri, “Practicality And Effectiviness Of Bilingual Computer-Based Learning Module,” JK, vol. 1, no. 1, hlm. 12–23, Jul 2017, doi: 10.21831/jk.v1i1.10896.
K. A. W. Fransiska, N. K. Suarni, dan I. G. Margunayasa, “Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 9, no. 2, hlm. 466–471, Jan 2024, doi: 10.51169/ideguru.v9i2.839.
R. M. Silalahi, “Understanding Vygotsky’s Zone Of Proximal Development For Learning,” PJI, vol. 15, no. 2, hlm. 169, Agu 2019, doi: 10.19166/pji.v15i2.1544.
A. M. F. Achmad, “Prediksi Performansi Mahasiswa dengan Mempertimbangkan Motivasi Intrinsik Menggunakan Machine Learning,” JSE, vol. 8, no. 4, Sep 2023, doi: 10.32672/jse.v8i4.6722.