Smart Agro-Heritage Tourism: Platform Digital untuk Desa Wisata Sidajaya, Kabupaten Subang
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3234Kata Kunci:
desa wisata sidajaya, manajemen pariwisata, platform digital, promosi wisata, smart agro-heritage tourismAbstrak
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dilaksanakan di Desa Wisata Sidajaya, Kabupaten Subang, Jawa Barat, yang memiliki potensi pariwisata di bidang pertanian dan warisan budaya. Namun, pengelolaan pariwisata di desa ini masih konvensional dan belum mengintegrasikan teknologi informasi, sehingga kurang menarik perhatian wisatawan. Untuk itu, Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Subang mengembangkan sistem informasi “Smart Agro-Heritage Tourism” untuk membantu promosi dan manajemen pariwisata. Pelaksanaan PkM dilakukan melalui tujuh tahapan: analisis situasi, identifikasi masalah, perencanaan solusi, pendekatan sosial, pengembangan dan implementasi platform, pelatihan dan pendampingan, serta monitoring dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa platform digital dengan fitur e-ticket, pembayaran online, event, dan laporan, yang dikembangkan dengan metode waterfall. Pengujian fungsional menggunakan metode blackbox menunjukkan hasil 100% valid. Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan pengurus desa dalam menggunakan platform tersebut. Hasil analisis data kuesioner menunjukkan skor rata-rata 4.6 (skala 5) pada tiga indikator utama: efektivitas pelatihan, pemantauan penggunaan platform, dan adopsi platform digital. Hasil ini menunjukkan keberhasilan PkM di Desa Sidajaya dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan pariwisata.
Unduhan
Referensi
A. Ismail, F. Maulana, W. Kusumah, A. Z. Saprudin, C. Odim, and Y. Sintanawati, ‘Pengembangan Wisata Bahari-Religi Terintegrasi Konsep Agro-Eco Wisata di Desa Mekarsari, Jatigede Sumedang’, 2024.
ITU, ‘Smart Tourism: A Path to More Secure and Resilient Destinations’, Geneva, 2022.
N. N. Purnawan et al., ‘Pengabdian Kepada Masyarakat: Sistem Informasi Wisata Desa Cibeusi’, Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa |, vol. 3, no. 2, pp. 23–29, 2020, doi: 10.31962/jiitr.v3i2.81.
G. Made, R. Hendrajana, S. D. Wahyundaru, L. M. Kharisma, and K. S. M. Parwati, ‘The Influence of Digital Marketing on Tourism Destination Promotion’, International Journal of Society Reviews (INJOSER), vol. 2, no. 10, 2024.
R. Haerani, P. Hendriyati, P. A. Nugroho, and M. Lukman, ‘Waterfall Model Implementation In Information Systems Web Based Goods Delivery Service’, JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi), vol. 9, no. 3, pp. 501–508, Jun. 2023, doi: 10.33330/jurteksi.v9i3.2267.
A. Abdul Wahid, ‘Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi’. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/346397070
S. Dika Pratama and M. Noviarsyah Dadaprawira, ‘Pengujian Black Box Testing Pada Aplikasi Edu Digital Berbasis Website Menggunakan Metode Equivalence Dan Boundary Value’, Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Sistem Komputer TGD, vol. 6, no. 2, pp. 560–569, 2023, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
H. Wahyuningtyas and I. Setiawan Wibisono, ‘Evaluasi Usability pada SIMPEL SMAN 12 Semarang dengan Metode Usability Testing’, 2022.
Y. Waykar, ‘role of use case diagram in software development’, International Journal of Management and Economics, Dec. 2015.
B. Marshall, R. Mills, and D. Olsen, ‘The Role Of End-User Training In Technology Acceptance’, Review of Business Information Systems (RBIS), vol. 12, p. 1, Dec. 2008, doi: 10.19030/rbis.v12i2.4384.
DeVellis Robert F., Scale Development Theory and Applications, Fourth Edition. Los Angeles: SAGE Publications, 2017.