Peningkatan Keterampilan Retorika untuk Kepemimpinan Remaja di Rumah Kreatif Wadas Kelir

Penulis

  • Gita Anggria Resticka Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Erwita Nurdiyanto Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Imam Suhardi Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Nila Mega Marahayu Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Octaria Putri Nurharyani Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3182

Kata Kunci:

Group Achievment Theory, Organisasi, Retorika, Rumah Kreatif Wadas Kelir

Abstrak

Rumah Kreatif Wadas Kelir (RKWK), Purwokerto Selatan merupakan organisasi komunitas yang menaungi remaja-remaja berkreativitas tinggi dengan berbagai pembelajaran yang berfokus pada bidang literasi. Berdasarkan survei awal, para remaja RKWK belum memiliki kepercayaan diri tinggi untuk berbicara di depan umum karena sarana sosialisasi berorganisasi yang terbatas. Saat ini kepiawaian dalam retorika atau public speaking menjadi modal tersendiri untuk menunjang penampilan. Kepiawaian ini akan didapatkan karena persiapan yang cukup, memperkaya diri dengan budaya literasi atau membaca, memperkaya diri dengan perbendaharaan kosakata, terus latihan berbicara dan selalu meningkatkan wawasan kita dengan selektif memilih dan memilah informasi media massa. Kurangnya forum pelatihan retorika dan kurangnya wawasan mengenai teknik dasar berretorika serta kurangnya rasa percaya diri atas gagasan yang dituangkan secara lisan, sehingga para remaja RKWK tidak memiliki pengalaman berlebih dalam berorganisasi. Sehubungan dengan hal tersebut, ketidakmampuan seorang pemimpin organisasi dalam menyampaikan pesan-pesan kepada bawahan akan berimplikasi pada tidak terciptanya hubungan interpersonal yang baik dalam organisasi tersebut. Jenis pelatihan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pelatihan pembuatan konten yang terdiri atas pengayaan materi jenis-jenis retorika, gaya penyampaian retorika, gaya bahasa, pemahaman audience atau penonton yang dihadapi dan tips untuk mengatai demam panggung dengan pengelolaan kepercayaan diri yang baik. Dengan adanya peningkatan kemahiran dalam retorika atau public speaking ini diharapkan akan membuat para remaja RKWK menjadi lebih percaya diri, mudah bergaul dan positif diterima oleh masyarakat. Salah satu transfer pengetahuan yang dianggap penting untuk para remaja RKWK yaitu berkaitan dengan keterampilan berbicara khususnya dalam teknik dasar berbicara. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan group achievement theory. Khalayak sasaran pada kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu para remaja yang mengelola unit kegiatan di RKWK.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. N. Martha, “Retorika dan Penggunaannya dalam Berbagai Bidang,” Prasi, vol. 6, no. 12, p. 61, 2010.

A. Chariri and F. A. Nugroho, “RETORIKA DALAM PELAPORAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY: ANALISIS SEMIOTIKATAS SUSTAINABILITY REPORTING PT ANEKA TAMBANG Tbk,” in Simposium Nsional, 2009, pp. 1–24.

A. J. Purwadi, D. Yulistio, and R. Kurniawan, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa melalui Praktik Berpidato dan Praktik Bercerita Menggunakan Video Pembelajaran Praktik Berbicara,” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, vol. 4, no. 2, pp. 373–397, 2021, doi: 10.31540/silamparibisa.v4i2.1480.

A. A. I. K. Dewi, “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual,” Jurnal Mimbar Ilmu, vol. 25, no. 3, pp. 449–459, 2020.

M. Taher, “Pembelajaraan Keterampilan Berbicara Teks Pidato Persuasif Pada Siswa Kelas Insklusi VII Mts Al-Furqon (Desa Kolipetung, Kecamatan Adonara, Kabupaten Flores Timur),” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran, 2022.

A. Hidayati, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Kelas V Sd Padurenan Ii Di Bekasi Tahun Pelajaran 2016/2017,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 2, p. 83, 2018, doi: 10.30659/pendas.5.2.83-95.

N. D. Lestari, “Kesenyapan dan Kekeliruan Wicara Public Speaking dalam Produksi Kalimat serta Hubungannya dengan Pemakaian Memori,” Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan …, 2020.

P. Beta, “Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran,” Cokroaminoto Journal of Primary Education, vol. 2, no. 2, pp. 48–52, 2019, doi: 10.30605/cjpe.222019.118.

A. C. Karyadi, “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book,” Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), vol. 4, no. 2, p. 11, 2023, doi: 10.31000/ijoee.v4i2.6800.

P. R. Andhita, “Pendampingan Penulisan Opini Media Daring pada PC IMM Banyumas dengan Pendekatan Group Achievement,” Warta LPM, vol. 24, no. 2, pp. 230–238, 2021, doi: 10.23917/warta.v24i2.11697.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-04

Cara Mengutip

Resticka, G. A., Nurdiyanto, E., Suhardi, I., Marahayu, N. M., & Nurharyani, O. P. (2025). Peningkatan Keterampilan Retorika untuk Kepemimpinan Remaja di Rumah Kreatif Wadas Kelir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(6), 867-874. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3182