Pemanfaatan E-Commerce Dalam Rangka Perluasan Pangsa Pasar Snack MEONG
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3170Kata Kunci:
E-Commerce, UMKM, IADRI, Snack MEONGAbstrak
E-commerce (electronic commerce) merupakan aktivitas jual beli produk atau layanan yang dilakukan melalui platform digital atau internet. E-commerce mencakup berbagai jenis transaksi, mulai dari penjualan barang fisik, layanan, hingga produk digital, yang semuanya dapat dilakukan secara online tanpa memerlukan interaksi fisik antara penjual dan pembeli. Pengabdian masyarakan ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar produk snack MEONG, sebuah produk makanan ringan yang diproduksi oleh UMKM Komunitas Pemuda Kreatif (KPK) di Desa Kadu, Tangerang, melalui pemanfaatan e-commerce. Saat ini, pemasaran snack MEONG masih dilakukan secara konvensional di sekitar lingkungan desa. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, dilakukan pembuatan toko online dengan memanfaatkan platform e-commerce sebagai pilot project untuk memperluas jangkauan pemasaran produk snack MEONG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep IADRI (Identification, Action Plan, Do, Review, Improve) yang bertujuan untuk mengorganisir kegiatan dan menghasilkan output maksimal. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya toko online, produk snack MEONG berhasil dilihat oleh 5.800 pengguna dalam satu bulan pertama. Kesimpulannya, e-commerce menjadi strategi yang efektif dalam memperluas pangsa pasar UMKM. Namun, untuk peningkatan lebih lanjut, perlu dilakukan penambahan platform dan strategi promosi lainnya.
Unduhan
Referensi
K. Kaluku, Junieni, Mahmud, and N. Ruaida, “Faktor yang Mempengaruhi Kebiasaan Ngemil Terhadap Prestasi Belajar dan Status Gizi (Studi Literatur),” Glob. Heal. Sci., vol. 8, no. 2, pp. 69–74, 2023.
S. Melina and T. Sudrartono, “E-COMMERCE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI DISTRO SPRK.Apparel BANDUNG,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 813–829, 2023, doi: 10.31955/mea.v7i1.2925.
L. Satria, “Ebook E Commerce,” 2022.
Richardus Eko Indrajit, Electronic Commerce. Tangerang: APTIKOM, 2002.
Y. L. . Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” J. Teknol. Ind., vol. 5, no. 0, pp. 62–69, 2021, [Online]. Available: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764.
A. S. Siahaan Albert Lodewyk Sentosa, Hastin Umi Anisah, Novy Anggraini, Handini Widyastuti, Reva Yuliani, Christina Bagenda, Neneng Susanti, Vincentia Wahju Widajatun, Abdurohim, Gina Apryani Nurunnisha, E-COMMERCE, 1st ed. Purbalingga: CV. EUREKA MEDIA AKSARA, 2023.
E. Sudarmaji, “DIGITAL BUSINESS Eka sudarmaji PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA,” pp. 1–30, 2022, [Online]. Available: http://mpe.fe.unp.ac.id/sites/default/files/OK 409036-digital-business-a9124a24.pdf.
M. G. Pangestu, F. N. Utami, and Y. Fahdillah, “PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN SOSIAL MEDIA PEMASARAN DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM PADA USAHA TUSUK GIGI AULIA ( FOCUS GRUP DISCUSTION ( FGD ) DI KOTA JAMBI,” vol. 3, no. 1, pp. 27–32, 2024.
E. Kurniawan et al., “Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Sumber Gede terhubung dengan target audiens mereka dan membangun kehadiran merek yang kuat . Salah penggunaan foto produk secara efektif . Dalam entri jurnal ini ,” vol. 8, no. 2, pp. 69–82, 2024.
A. Fuad and S. Juanita, “Penerapan E-Commerce Menggunakan Cms Wordpress Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Online Shop Flanelis,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 511–518, 2020, doi: 10.36080/idealis.v3i1.2309.