Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa Kampus Merdeka Fakultas Ilmu Komputer
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3108Kata Kunci:
Penulisan Artikel Ilmiah, Publikasi, Pelatihan, Kampus MerdekaAbstrak
Pelatihan penulisan artikel ilmiah di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Purwokerto bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal terindeks. Metode yang digunakan meliputi pre-test untuk mengukur kemampuan awal, pelatihan interaktif, dan post-test untuk mengevaluasi peningkatan kemampuan. Hasil menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor post-test sebesar 68% dibandingkan dengan pre-test, dengan peningkatan terbesar pada kemampuan menulis abstrak sebesar 78.26%. Pelatihan ini juga menghasilkan beberapa artikel mahasiswa yang dinyatakan siap dipublikasikan di jurnal terindeks. Disarankan agar pelatihan dilakukan secara berkala, minimal setiap semester, dan dilengkapi dengan pendampingan intensif untuk mendukung proses publikasi. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan jumlah publikasi artikel ilmiah mahasiswa secara berkelanjutan.
Unduhan
Referensi
A. A. Zamista, A. Sellyana, and H. Rahmi, “Pelatihan Penulisan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa,” Amal Ilm. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, p. 126, Mar. 2021, doi: 10.36709/amalilmiah.v2i2.16778.
S. Sakaria, M. Rapi, A. M, A. Ismail, and A. Haliq, “Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Pancasakti Makassar,” J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 12–15, Jul. 2023, doi: 10.59562/abdimas.v1i1.296.
M. R. Pratama, A. Q. Muslim, B. A. Praja, B. I. Pratama, and E. Putra, “Penyusunan dan Pelatihan Kerangka Kerja Publikasi Karya Ilmiah Populer untuk Mahasiswa,” Surya Abdimas, vol. 5, no. 3, pp. 280–292, Jul. 2021, doi: 10.37729/abdimas.v5i3.1280.
Muhammad Yahrif and R. Supardi, “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Pada Mahasiswa Semester Akhir,” ABDI SAMULANG J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, Jan. 2023, doi: 10.61477/abdisamulang.v2i1.11.
B. R. A. Safitri, Pahriah, H. Hatimah, D. R. Indah, and Suryati, “Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA,” Abdi Masy., vol. 3, no. 2, pp. 41–44, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/article/view/2687/2113
B. Karomah and R. M. Rukmana, “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA,” J. Soc. Outreach, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, Sep. 2022, doi: 10.15548/jso.v1i2.3914.
D. R. Meisani, “Improving Students’ Writing Skills through Writing Workshop: An Action Research,” NOBEL J. Lit. Lang. Teach., vol. 13, no. 1, pp. 35–49, Apr. 2022, doi: 10.15642/NOBEL.2022.13.1.35-49.
H. Sa?lamel and Z. M. Aydo?du, “The Academic Writing Needs of Students: A Case Study on Stakeholder Perspectives,” Acuity J. English Lang. Pedagog. Lit. Cult., vol. 7, no. 1, pp. 37–50, Jul. 2021, doi: 10.35974/acuity.v7i2.2541.
L. Williams and L. Woods, “Reference management practices of students, researchers, and academic staff,” J. Acad. Librariansh., vol. 50, no. 3, p. 102879, May 2024, doi: 10.1016/j.acalib.2024.102879.