Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Guna Meningkatkan Penjualan Umkm Di Desa Margodadi Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.3026Kata Kunci:
Digital Marketing, Sosialisasi, UMKMAbstrak
Program pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Margodadi, Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian nasional karena mampu membuka lapangan kerja, memaksimalkan potensi desa, dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, kurangnya pengetahuan tentang pemasaran digital di kalangan pelaku UMKM di Desa Margodadi menjadi tantangan tersendiri.. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pelaku UMKM, mengenai manfaat digital marketing dalam memasarkan produk. Metode yang digunakan adalah diskusi dan pemaparan materi tentang digital marketing. Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu UMKM di Desa Margodadi meningkatkan daya saing, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran digital. Dengan memanfaatkan digital marketing, pelaku UMKM dapat menjangkau konsumen lebih luas, meningkatkan efisiensi pemasaran, dan bersaing di pasar global.
Unduhan
Referensi
A. A. Nur Ahmas, T. Sutrisno, and I. Ratnasari, “Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 6, no. 1, p. 124, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i1.7625.
M. Yusuf, N. A. Basmar, M. A.-S. Baruch, N. A. C. D. Suci, and R. Wulandari, “Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat,” Surya Abdimas, vol. 7, no. 1, pp. 34–42, 2022, doi: 10.37729/abdimas.v7i1.2208.
J. Gunawan, A. T. Salsabila, K. Nisa, and N. Azizah, “Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari,” Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2022, doi: 10.29303/jppm.v5i2.3543.
K. Arisetyawan et al., “Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa,” International Journal of Community Service Learning, vol. 7, no. 2, pp. 239–247, 2023, doi: 10.23887/ijcsl.v7i2.56878.
G. Sagita, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi,” vol. 1, no. 3, pp. 24–31, 2022.
R. D. Feky Reken, Basri Modding, “Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar,” TATA KELOLA, vol. 11, no. 1, pp. 49–61, 2024.
S. Hadi, A. F. Wijaya, and B. S. Utami, “Pemberdayaan Umkm Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Kendal Menuju Pasar Global,” Jurnal Informatika, vol. 12, no. 1, pp. 51–66, 2016, doi: 10.21460/inf.2016.121.422.
D. Azmi Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing,” Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.32670/coopetition.v12i1.279.
B. Arifin, A. Muzakki, and M. W. Kurniawan, “Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran,” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 87–94, 2019, doi: 10.24967/ekombis.v4i2.474.
Siti Rizky Amanda, “Strategi Pemasaran Digital Marketing untuk meningkatkan jumlah Penjualan Paket Wisata Lombok,” Journal of Mandalika Review, vol. 1, no. 1, pp. 18–22, 2022, doi: 10.55701/mandalika.v1i1.4.
M. Sapti and S. Haryanti, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PADA PT. DANAR HADI SURAKARTA,” J Chem Inf Model, vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2017.
D. Azmi Fadhilah and T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing,” Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. 12, no. 1, pp. 17–22, 2021, doi: 10.32670/coopetition.v12i1.279.
S. Al Farisi, M. Iqbal Fasa, and Suharto, “Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,” Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, vol. 9, no. 1, pp. 73–84, 2022, doi: 10.53429/jdes.v9ino.1.307.
T. Akbari, “Sosialisasi Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Umkm Di Desa Kurungdahu, Kecamatan Cadasari, Kabupaten Pandeglang,” Media Abdimas, vol. 3, no. 2, pp. 64–70, 2023, doi: 10.37817/mediaabdimas.v3i2.2770.
S. Vinatra, “Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat,” Jurnal Akuntan Publik, vol. 1, no. 3, pp. 1–08, 2023.
A. Putri et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), vol. 3, no. 2, pp. 828–839, 2022.
E. Meidasari, Andi Surya, Desmon, and Bambang Pratowo, “Pemasaran Digital Marketing Produk Dodol Magrove Di Desa Wisata Pulau Pahawang,” Journal of Management and Innovation Entrepreneurship (JMIE), vol. 1, no. 2, pp. 296–301, 2024, doi: 10.59407/jmie.v1i2.409.
A. Jayati, I. H. A. Gofar, Chintya Siska Febrina, and Dwita Razkia, “Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Kerupuk Rambak RW 15 Kelurahan Rejosari,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 2, pp. 163–167, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i2.3108.
P. H. Asis, M. Marjani, and A. A. Ma’ruf, “Penggunaan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Sebagai Pendukung Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Anoa Art,” CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 345–352, 2020, doi: 10.31960/caradde.v2i2.344.
D. Z. Y. R. Chusumastuti, “Pengaruh Digital Marketing dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi ada UMKM di Jawa Barat),” Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science, vol. 2, no. 02, 2022.
A. Jayati, I. H. A. Gofar, Chintya Siska Febrina, and Dwita Razkia, “Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Kerupuk Rambak RW 15 Kelurahan Rejosari,” Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, vol. 5, no. 2, pp. 163–167, 2021, doi: 10.37859/jpumri.v5i2.3108.
N. I. Watajdid, A. Lathifah, D. S. Andini, and F. Fitroh, “Systematic Literature Review: Peran Media Sosial Instagram Terhadap Perkembangan Digital Marketing,” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), vol. 20, no. 2, pp. 163–179, 2021, doi: 10.14710/jspi.v20i2.163-179.
Riska Amalia, Siti Syaodah, Susilawati Susilawati, and Riki Gana Suyatna, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Studi Kasus Batik Tedjo,” Jurnal Manuhara?: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 295–301, 2023, doi: 10.61132/manuhara.v2i1.568.
D. R. Tiara and S. E. Wanta, “Upaya Pemberdayaan Digitalisasi Terhadap Umkm Tape Singkong Di Desa Telukbango,” Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, vol. 2, no. 2, pp. 5262–5267, 2023.
M. Rizal, A. N. Laila, N. Ali, N. Rohmah, M. H. N. Maula, and R. Waasiah, “Sosialisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Desa,” Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), vol. 2, no. 4, p. 287, 2021, doi: 10.33474/jp2m.v2i4.13569.
C. D. Maulida Sari and R. Setiyana, “Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, vol. 2, no. 1, p. 63, 2020, doi: 10.35308/baktiku.v2i1.2050.
E. Kurniawan, N. Nofriadi, and D. Maharani, “Sosialisasi Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM,” Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, vol. 1, no. 1, p. 31, 2021, doi: 10.54314/jpstm.v1i1.542.