Intervensi Pengendalian Emosi pada Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Amin

Penulis

  • Ainus Saqifah F Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Sumayyah Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Tyas Nawang W Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Nina Zulida S Program Studi Magister Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2831

Kata Kunci:

Kenakalan Remaja, Pengendalian Emosi, Psikoedukasi, Program Pemberdayaan Umat

Abstrak

Kenakalan remaja telah menjadi masalah yang berkembang di masyarakat dengan adanya fenomena klitih yang sangat ekstrim, termasuk di Yogyakarta. Ada banyak faktor penyebab kenakalan remaja, diantaranya kurang berkembangnya kecerdasan emosional pada remaja. Kecerdasan emosional adalah kemampuan mengelola emosi dan mengatur suasana hati, namun seringkali kurang dihargai di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan program pemberdayaan masyarakat bertajuk “Intervensi Pengendalian Emosi di Panti Asuhan Santri Muhammadiyah Al-Amin” untuk mencegah kenakalan remaja. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif yang melibatkan 11 siswa berusia 13-18 tahun melalui observasi dan wawancara. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa program pemberdayaan masyarakat berhasil dilaksanakan melalui pengenalan materi dan permainan yang berfokus pada pengelolaan emosi. Para peserta menunjukkan antusiasme dan pemahaman yang baik tentang strategi manajemen emosi dan potensi positif mereka untuk mencegah kenakalan remaja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengendalian emosi melalui psikoedukasi efektif dalam mencegah kenakalan remaja. Ini dapat membantu kaum muda mengendalikan dorongan agresif, menggunakan sumber daya positif di lingkungan dan membentuk hubungan sosial yang positif. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk mengevaluasi lembaga pendidikan dan mengembangkan program pencegahan kenakalan remaja yang lebih efektif untuk panti asuhan dan pesantren.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. Marwoko, "Psikologi Perkembangan Masa Remaja", Tasyri’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, vol. 26, no. 01, pp. 60-75, 2019

M. Masril, O. Dakhi, T. Nasution, A. Ambiyar, "Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas", Edukasi: Jurnal Pendidikan, vol. 18, no. 2, pp. 182-191, 2020. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

R. Pahlevi, Jumlah Kasus dan Pelaku Klitih di Jogja Meningkat pada 2021. Databoks, 2022.

Badan Pusat Statistik Kenakalan Remaja https://www.bps.go.id/id/publication/2021/12/15/8d1bc84d2055e99feed39986/statistik-kriminal-2021.html

SINDOnews, "Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan", SINDOnews.com, 2019.

L. Karlina, "Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja", Jurnal Edukasi Nonformal, vol. 1, no. 2, pp. 147–158, 2020. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434

D. Sumara, S. Humaedi, and M. B. Santoso, "Kenakalan Remaja Dan Penanganannya", Jurnal Penelitian & PPM, vol. 4, no. 2, pp. 129–389, 2017. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1727

F. Butarbutar, "Pengembangan Emotional Intelligence Dalam Konteks Pekerjaan", Jurnal Psikologi Universitas HKBP Nommensen, vol. 6, no. 2, pp. 92-101, 2020.

D. Goleman, "HBR’s 10 Must Reads on Emotional Intelligence", Massachusetts: Harvard Business Review, 2015

T. Rofiqah and H. Sitepu, "Bentuk kenakalan remaja sebagai akibat broken home dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan konseling", KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, vol. 6, no. 2, 2019.

E. M. A. Eltink, J. Ten Hoeve, T. De Jongh, G. H. P. Van der Helm, I. B. Wissink, and G. J. J. M. Stams, "Stability and change of adolescents’ aggressive behavior in residential youth care", Child & Youth Care Forum: Journal of Research and Practice in Children’s Services, vol. 47, no. 2, pp. 199–217, 2018. https://doi.org/10.1007/s10566-017-9425-y

J. L. Fogaca, "Combining mental health and performance interventions: Coping and social support for student-athletes," Journal of Applied Sport Psychology, vol. 33, no. 1, pp. 4–19, 2021. https://doi.org/10.1080/10413200.2019.1648326

G. Y. Das and I. A. Avci, "The effect of anger management levels and communication skills of Emergency Department staff on being exposed to violence", Medicinski Glasnik, vol. 12, no. 1, pp. 99–104, 2015.

T. Suprihatin, R. Arjanggi and A. Fitriani, "Psikoedukasi Untuk Penyadaran Potensi Positif Siswa SMK Dalam Mencegah Kenakalan Remaja", Abdimas Unwahas, vol. 6, no. 2, pp. 126–131, 2021. https://doi.org/10.31942/abd.v6i2.5548

W. J. Creswell. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-23

Cara Mengutip

Saqifah F, A., Sumayyah, S., W, T. N., & Zulida S, N. . (2024). Intervensi Pengendalian Emosi pada Santri Panti Asuhan Muhammadiyah Al-Amin. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(4), 739-744. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2831