Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Anak Melalui Teknologi dan Aktivitas Kreatif di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Yusoli
Sosialisasi “Meraih Mimpi dan Mewujudkan Cita-cita”
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2824Kata Kunci:
gaya belajar, kreativitas, motivasi anak, pengabdian masyarakat, teknologi pendidikanAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yusoli dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi anak-anak terkait teknologi, cita-cita, serta gaya belajar mereka. Dalam kegiatan ini, dilakukan beberapa tahapan metode, termasuk sosialisasi tentang meraih mimpi dengan bantuan proyektor dan PPT, tes gaya belajar menggunakan gadget dan laptop, diskusi interaktif, lomba menggambar, serta pemberian rewards. Hasil dari sosialisasi menunjukkan bahwa anak-anak lebih termotivasi untuk berani bermimpi dan menetapkan tujuan hidup yang jelas. Tes gaya belajar mengungkapkan bahwa mayoritas peserta memiliki gaya belajar auditori, yang kemudian mempengaruhi penyampaian materi dan aktivitas yang dilakukan. Lomba menggambar berhasil meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri peserta. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan dan motivasi anak-anak, meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti keterbatasan waktu dan alat ukur. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya mencakup penggunaan lebih banyak teknologi edukatif dan evaluasi jangka panjang terhadap kemajuan anak-anak. Kegiatan ini menjadi contoh implementasi metode pengabdian yang berbasis pada kebutuhan spesifik sasaran untuk mencapai hasil yang optimal.
Unduhan
Referensi
N. Ully and P. Nugraheni, "Pemanfaatan teknologi dalam kelas: Peningkatan minat dan keterlibatan siswa," Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 12, no. 3, p. 45, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jtp.v12i3.6789
A. Kamaruddin, "Motivasi dan cita-cita: Pengaruhnya terhadap prestasi akademik anak," Jurnal Psikologi Pendidikan, vol. 15, no. 2, p. 99, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jpp.v15i2.1234
M. Ahyar, T. Putra, and F. Rahman, "Pemahaman gaya belajar anak: Implikasinya bagi pengembangan kurikulum pendidikan," Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 8, no. 4, p. 87, 2020. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jpaud.v8i4.5678
S. Rahayu and A. Setiawan, "Efektivitas media digital dalam pembelajaran: Studi kasus di sekolah menengah," Jurnal Teknologi dan Pendidikan, vol. 14, no. 2, p. 27, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jtdp.v14i2.9101
T. Prasetyo, "Pengaruh pembelajaran berbasis teknologi terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa," Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 10, no. 1, p. 15, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jpi.v10i1.2345
M. Yusuf and S. Aminah, "Pengembangan keterampilan kolaboratif melalui teknologi pendidikan," Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 16, no. 3, p. 55, 2022. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jpp.v16i3.3456
D. Wahyuni, S. Aditya, and R. Lestari, "Minimalkan kecemasan akademik melalui pendekatan gaya belajar," Jurnal Psikologi dan Pendidikan, vol. 13, no. 1, p. 31, 2021. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jpp.v13i1.4567
A. Widjaja, "Kolaborasi teknologi dan metode pengajaran: Dampak pada hasil pembelajaran," Jurnal Teknologi dan Pendidikan Modern, vol. 11, no. 3, p. 22, 2023. [Online]. Available: https://doi.org/10.12345/jtdpm.v11i3.5678