Tantangan dan Peluang: Memperkenalkan Pendidikan Arsitektur, Profesi Arsitek, dan Produk Arsitektur kepada Siswa SMA 101 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2807Kata Kunci:
arsitektur, karir, kreativitas, mahasiswa, sosialisasiAbstrak
Pendidikan dan profesi arsitektur masih kurang dipahami oleh siswa sekolah menengah, sehingga banyak yang belum menyadari pentingnya arsitektur dalam pembangunan suatu wilayah. Untuk mengatasi masalah ini, maka perlu dilakukannya sosialisasi pendidikan dan profesi arsitektur kepada siswa sekolah menengah dengan tujuan memberikan pemahaman mendalam tentang desain, proses konstruksi, dan peran arsitek dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pemaparan pengendalan ilmu arsitektur, peran arsitek, dan diskusi mengenai potensi karir di bidang arsitektur. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang arsitektur dan mereka menjadi lebih sadar akan berbagai peluang karir di bidang arsitektur, yang dapat membantu mereka dalam merencanakan masa depan. Kegiatan ini bermanfaat dapat memperluas wawasan mereka tentang pentingnya arsitektur, meningkatkan apresiasi terhadap estetika dan fungsi pada ruang dan bangunan, serta merangsang minat dan bakat mereka dalam bidang seni dan teknik.
Unduhan
Referensi
U. W. Muhadi, W. Setiawan, and S. Wadi, Profil SMA: Dari Masa ke Masa. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, 2017.
A. Chandra, “Undang-Undang Sisdiknas sebagai Payung Hukum Pendidikan di Indonesia ,” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 06, no. 04, pp. 2715–2720, 2023.
Y. Jakaria, “Analisis Kelayakan dan Kesesuaian Pendidikan Guru Kualifikasi Akademik Guru Perlu Terus Didorong,” https://jendela.kemdikbud.go.id/.
A. Armia, S. Rezeki, R. Meilina, and P. D. K. Kulla, “Memperkenalkan Profesi Arsitek Dan Dunia Desain Arsitektur Di Masa Depan Pada Siswa SMA Negeri 9 Banda Aceh,” JPKMI, vol. 05, no. 01, pp. 25–29, 2023.
A. Hijau, “Perbedaan Seorang Arsitek Dengan Drafter,” https://www.arsitekhijau.com/.
Gurumuda, “Peran Arsitektur Dalam Memajukan Pendidikan.” Accessed: Jan. 05, 2024. [Online]. Available: 05/01/2024https://gurumuda.net/arsitektur/peran-arsitektur-dalam-memajukan-pendidikan.htm#
“31 Perguruan Tinggi Penyelenggara PPAr di Indonesia,” https://dewanarsitek.id/. Accessed: Aug. 29, 2024. [Online]. Available: https://dewanarsitek.id/2023/07/31-perguruan-tinggi-penyelenggara-ppar-di-indonesia/
A. Cakti, “Menteri PUPR Ungkap Peran Arsitek Dalam Pembangunan dan Harapannya,” https://www.antaranews.com/.
A. S. Mutaqi, “Praktek Arsitek Bermartabat,” in Sustainability in Architecture 2nd Series, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2018.
L. O. A. R. S. Andisiri, A. Faslih, and M. Z. Umar, “Dialektika Arsitektur dan Perubahan Perilaku Masyarakat Pasca Urbanisasi,” Vitruvian, vol. 09, no. 01, pp. 1–8, 2019, doi: 10.22441/vitruvian.2019.v9i1.001.