Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jenang Krasikan Di Dusun Barongan Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Digital

Penulis

  • Pranita Siska Utami Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Muhammad Solikhin Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • M. Irfan Maulana Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Iqbal Dwi Pratama Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Saniya Salma Agustina Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Anita Yefti Arumsari Program Studi Manajemen, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2376

Kata Kunci:

Branding, Digital Marketing, Pemasaran

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini menerapkan teknologi modern untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi jenang krasikan (Ny. Pien) serta memperbaiki manajemen penjualan produk jenang. Metode kegiatan yang dilakukan dengan diseminasi penggunaan alat mesin vacuum, sosialisai tentang digital marketing, pelatihan foto produk serta pembuatan dan pendampingan produk halal. Program ini memberikan manfaat beragam, termasuk peningkatan produktivitas, menjaga kualitas produk yang lebih konsisten, dan memberikan akses data penjualan yang akurat dan terperinci. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah pemilik jenang krasikan memahami tentang desain kemasan yang baik dan mengimplementasikannya, Strategi pemasaran menjadi semakin luas dan pemesanan bisa melalui online dalam sebulan diharapkan produk dapat terjual sebanyak 80% dari total produksi, produk sudah tersertifikasi halal dan aman untuk dikonsumsi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. M. Hamza and D. Agustien, “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Terhadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM di Indonesia,” Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 8, no. 2, pp. 127–135, Jul. 2019, doi: 10.23960/jep.v8i2.45.

J. X. Ilmu Ekonomi Vol Jilid X, T. Hal, U. Muhammadiyah Malang, A. Dwi Ananda, and D. Susilowati, “PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) BERBASIS INDUSTRI KREATIF DI KOTA MALANG.”

F. Prastiwi, 2ainur Komariah, 3rahmatul Ahya, and 4 Sutarmo, “ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH SEKTOR INDUSTRI JENANG KRASIKAN MENGGUNAKAN METODE (SWOT) (STUDI KASUS DI SENTRA INDUSTRI JENANG DESA TANGKISAN),” JAPTI: Jurnal Aplikasi Ilmu Teknik Industri, vol. 1, no. 2, pp. 96–109, 2020, [Online]. Available: www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/japti

P. Produk et al., “1 st E-proceeding SENRIABDI 2021 Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian kepada,” Masyarakat Universitas Sahid Surakarta, vol. 1, no. 1, pp. 777–788, 2021.

B. Maharani, A. L. Fendisty, U. L. Masjidin, D. Ardiyan, N. D. Rizky, and N. Hidayah, “Pelatihan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Pelaku UMKM di Desa Srumbung Magelang,” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 6, no. 4, pp. 434–440, Jun. 2021, doi: 10.33084/pengabdianmu.v6i4.1926.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Utami, P. S., Solikhin, M., Maulana, M. I., Pratama, I. D., Agustina, S. S., & Arumsari, A. Y. (2024). Pendampingan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jenang Krasikan Di Dusun Barongan Desa Jamuskauman Kecamatan Ngluwar Untuk Mendukung Pengembangan Ekonomi Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 479-484. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2376