Meningkatkan dan Menjaga Kesejahteraan Psikologis Guru dan Siswa/Siswi Yayasan Sekolah Tunas Alam Mulia
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2354Kata Kunci:
Guru, Kesejahteraan Psikologi, Kuliah Kerja Nyata (KKN), MuridAbstrak
Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia adalah sekolah yang berlokasi di Jalan Pangkalan II, RT 04 RW 05, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekai merupakan sebuah sekolah tidak jauh dari Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) dan Tempat Pembungan Akhir (TPA) di Bantar Gebang, bahkan gunungan sampah pun masih dapat terlihat jelas dari halaman utama Sekolah Alam Tunas Mulia. Meskipun demikian, sekolah ini seperti sinar harapan di tengah gunungan sampah karena misi muliannya untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak pemulung agar dapat bersekolah dan mengubah nasibnya. Untuk itu kami mendalami tentang kesejahteraan psikologis siswa/siswi sekolah alam tunas mulia. Tujuannya untuk memberikan edukasi mengenai kesejahteraan psikologis kepada guru dan siswa/siswi, meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya kesejahteraan psikologis kepada guru dan siswa/siswi dan mengenalkan cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesejahteraan psikologis guru dan siswa/siswi Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia. Metode yang digunakan berupa observasi, praktik dan psikoedukasi. Target yang dihasilkan yaitu Guru dan siswa/siswi Yayasan Sekolah Alam Tunas Mulia memahami hal mengenai kesejahteraan psikologis, memahami pentingnya kesejahteraan psikologis serta tahu tentang cara mempraktekkan hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga kesejahteraan psikologis.
Unduhan
Referensi
C. D. Ryff, "Happiness Is Everything, or Is It? Explorations on the Meaning of Psychological Well-Being," Journal of Personality and Social Psychology, vol. 57, no. 6, pp. 1069–1081, 1989. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-3514.57.6.1069
L. Widha, H. K. Rahmat, and A. S. H. Basri, "A Review of Mindfulness Therapy to Improve Psychological Well-being During the Covid-19 Pandemic," PROC. INTERNAT. CONF. SCI. ENGIN, vol. 4, no. 1, pp. 383–390, 2021. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57806/
Supami, B. Santoso, and E. Yunitasari, Social Support Berbasis Spiritual terhadap Psychological Well Being pada Pasien Kanker Servks dengan Kemoterapi (E. D. Widyawaty, Ed.). Penerbit Rena Cipta Mandiri, 2022.
T. Ramadhani, Djunaedi, and A. S. Sismiati, "Kesejahteraan Psikologis (Psychological Well-Being) Siswa Yang Orangtuanya Bercerai (Studi Deskriptif yang Dilakukan pada Siswa di SMK Negeri 26 Pembangunan Jakarta)," Insight: Jurnal Bimbingan Konseling08, vol. 5, no. 1, pp. 108–115, 2016. https://doi.org/10.21009/insight.051.16
P. D. Sugiyono, Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87, 2017.
Ni’matuzahroh and S. Prasetyaningrum, Observasi: Teori dan aplikasi dalam psikologi. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang, 2018.
A. Mukhid, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing, 2021.
W. Winarso, Mengelola Prokrastinasi Akademik: Pendekatan psikoedukasi berbasis religiositas. Jejak Pustaka, 2023.
D. G. H. Divayana, Evaluasi Program: Konsep dasar dan pengimplementasiannya. Raja Grafindo Persada, 2018.