Pelatihan Penggunaan QRIS, Sosial Media, dan Foto Produk untuk UMKM GO-Digital B di RT.03 RW.07 Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Penulis

  • Gadis Octory Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, Indonesia
  • Luqman Al Fadil Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2314

Kata Kunci:

Branding, Digital Branding, Foto Produk, QRIS, Sosial Media, Srengseng, UMKM

Abstrak

Isu ekonomi digital di Indonesia, sudah semestinya melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan penyumbang pertumbuhan ekonomi terbesar di Indonesia hingga 61.07 persen PDB. Bahkan mengutip data riset World Bank, sekitar 80 persen UMKM yang terhubung ke dalam ekosistem digital memiliki daya tahan lebih baik di masa pandemi. Akan tetapi, para UMKM masih belum banyak atau belum merata melakukan digital branding. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini melibatkan pengumpulan data dalam empat cara yakni: observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi/pencocokan data. Hasil dari pelaksanaan program workshop dan pelatihan adalah para peserta mendapatkan materi mengenai branding dan branding pada sosial media, serta pelatihan mengenai foto produk untuk membantu mereka dalam branding/promosi di dunia digital. Diharapkan dengan adanya inovasi QRIS, isu ekonomi digital, digital branding sosial media, dan foto produk sebagai isu Indonesia dan masyarakat bersama, diharapkan digitalisasi di Indonesia akan semakin berkembang dan membuat Indonesia menjadi negara maju. Dari hasil yang dilakukan para penggiat UMKM yang kami berikan pelatihan, telah mampu memahami tentang digital branding di sosial media dan QRIS, serta mampu membuat sebuah foto produk untuk usahanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. G. Idat, "Memanfaatkan Era Ekonomi Digital untuk Memperkuat," Jurnal Kajian Lemhannas R, vol. 7, no. 02, pp. 5-11, 2019.

Fai, "Ekonomi Digital Indonesia," Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 11 11 2023. [Online]. Available: https://umsu.ac.id/berita/ekonomi-digital-indonesia/. [Accessed 07 Januari 2024].

F. Hidranto, "UMKM Tumbuh dan Tangguh," Indonesia.go.id, 22 10 2021. [Online]. Available: https://indonesia.go.id//kategori/indonesia-dalam-angka/3356/umkm-tumbuh-dan-tangguh?lang=1. [Accessed 07 Januari 2024].

Zainurrafiqi, "Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di," Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), vol. Vol. 3, no. No. 3, pp. Hal. 359-367, 2023.

A. H. Putra, "Peran UMKM dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Blora," Jurnal Analisa Sosiologi, vol. Vol 5, no. 2, pp. 40-52, 2016.

A. Ahdiat, "Ini Pertumbuhan Jumlah Pengguna QRIS sampai Akhir 2022," Katadata Media Network, 05 Juli 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/05/ini-pertumbuhan- jumlah-pengguna-qris-sampai-akhir-2022. [Accessed 07 Januari 2024].

Administrator, "Apa itu branding dan mengapa sangat penting pada bisnis?," KEMENKOPUKM, 07 09 2021. [Online]. Available: https://smesta.kemenkopukm.go.id/news/apa-itu-branding-dan-mengapa- sangat-penting-pada-bisnis. [Accessed 07 Januari 2024].

R. P. R. I. D. A. H. I. Agnes Aryasanti, "Pelatihan Pembuatan Surat Lamaran Kerja Berbasis Digital Branding," JAM-TEKNO, vol. Vol 2, no. 2, pp. 1-6, 2021.

S. P. Putri Fellanny, "Analisis Digital Branding pada Media Sosial Akun Instagram," Prologia, vol. Vol 7, no. No 1, pp. 189-197, 2023.

D. G. J. A. Ni Putu Lely Handayani, "Peran Sosial Media Dalam Meningkatkan Digital Branding Perusahaan Jasa," SINTESA, vol. Vol 5, pp. 409-412, 2022.

Y. S. Agustinus Rangga Respati, "Tantangan dan Kendala dalam Mendorong UMKM "Go Digital"," Kompas.Com, 28 November 2022. [Online]. Available: https://money.kompas.com/read/2022/11/28/190400526/tantangan-dan-kendala-dalam-mendorong-umkm- go-digital. [Accessed 07 Januari 2024].

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Octory, G., & Al Fadil, L. (2024). Pelatihan Penggunaan QRIS, Sosial Media, dan Foto Produk untuk UMKM GO-Digital B di RT.03 RW.07 Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 457-464. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2314