Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada MGMP Madrasah Aliyah Biologi Kecamatan Kuningan

Penulis

  • Ilah Nurlaelah Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Handayani Handayani Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Lilis Lismaya Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Nheva Waafiyah Ramdhah Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Rolanda Rasendriya Nurdayanti Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Asyifa Asyifa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia
  • Andhini Andhini Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Kuningan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2181

Kata Kunci:

MGMP Biologi, Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek

Abstrak

Kegiatan Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada MGMP Biologi Kecamatan Kuningan Kab Kuningan ini bertujuan untuk melatih dan membekali skills para guru MGMP Biologi dalam penyusnan perangkat pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum yang mendukung keterampilan abad 21, Meningkatkan keterampilan, dan Membangun karakter sebagai agen of change di masyarakat/sekolah yang mengembangkan sikap ilmiah. Hasilnya ialah berupa perangkat pembelajaran berbasis proyek yang dituangkan dalam bentuk modul ajar, LKPD, Bahan ajar dan Instrumen evaluasi. Target kegiatan pengabdian masyaakat pada kegiatan pelatihan penyusunan perangkat ajar ini adalah (1) Membekalkan dan melatih skills para guru MGMP  dalam menyusun perangkat pembelajaran (2) Memberdayakan masyarakat yaitu mitra sekolah agar memiliki jiwa inovatif dan kreatif dalam menyikapi berbagai regulasi dan kebijakan pelaksanaan pembelajaran di era kurikulum merdeka. Metode pengabdian kepada masyarakat mencakup: (1) Pelatihan Peserta. (2) Praktek dan pendampingan terbimbing peserta. (3) Evaluasi terhadap seluruh kegiatan. Hasil pengambdian ini memberikan dampak positif terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta guru-guru MGMP Biologi dalam penyusunan perangkat pembelajaran. Hasil evaluasi dari data kuesioner diperoleh bahwa seluruhnya merasakan manfaat terhadap kegiatan pelatihan ini dan telah meningkatkan minat dan menambah pengetahuan baru serta bersedia mengaplikasikannya di dalam tugas keseharian guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Ni’mah, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Berbasis Inkuiri Terbimbing,” vol. 2, no. 3, pp. 175–183, 2014.

S. Kusumaningrum and D. Djukri, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning ( PjBL ) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Developing a Learning Kit with Project Based Learning Model ( PjBL ) to Improve Scientific Process Skills and Creativity,” vol. 2, no. 2, pp. 241–251, 2016.

H. P. Asmaningrum and O. Irianto, “BERBASIS BUDAYA SUKU ASMAT ( Studi Kasus pada MA Annajah Yamra Merauke ) Need Analysis of Chemical Learning Devices Based on Asmat Tribe Culture ( Case Study on MA Annajah Yamra Merauke ),” vol. 10, no. 1, pp. 16–26, 2019.

G. Widodo, U. N. Surabaya, J. Kampus, and K. Surabaya, “PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT,” vol. XI, no. 1, pp. 41–56, 2015.

E. Dwiyanti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik,” vol. 4, no. 2, pp. 45–57, 2020.

T. Anjarini, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi HOTS di Sekolah Dasar,” vol. 1, no. 4, 2022.

A. P. L. Imran Akhmad1*, Suharjo2, Afri Tantri3, Rahma Dewi 4, “PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS APLIKASI PADA KKG OLAHRAGA KECAMATAN BINJAI SELATAN,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 29, no. 1, pp. 1–5, 2023.

V. F. Musyadad, R. Tanjung, and O. Arifudin, “Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran,” vol. 5, pp. 1936–1941, 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Nurlaelah, I., Handayani, H., Lismaya, L., Ramdhah, N. W., Nurdayanti, R. R., Asyifa, A., & Andhini, A. (2024). Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Pada MGMP Madrasah Aliyah Biologi Kecamatan Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 395-399. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2181