Pendampingan Belajar Calistung untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Desa Humbang Raya

Penulis

  • Anisa Damayanti Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Mahyana Isdayanti Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Ira Pramuditha Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Muhammad Rizky Wardana Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Muhammad Ridho Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1872

Kata Kunci:

Calistung, Motivasi, Pendampingan Belajar

Abstrak

Pendampingan belajar calistung merupakan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan sebagai salah satu upaya melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik di bidang calistung dan untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar. Metode pendampingan belajar calistung yang digunakan adalah dengan memberikan pendampingan belajar secara langsung dan tatap muka. Pendampingan belajar ini dilakukan dalam kelompok kecil. Pendampingan belajar calistung berlokasi di SD Negeri 1 Humbang Raya dan SMP Negeri 2 Mantangai Satu Atap Desa Humbang Raya Kecamatan Mantangai. Sebelum melakukan pendampingan belajar calistung, peneliti melakukan observasi lapangan guna mengetahui permasalahan yang sedang terjadi, kemudian menyusun rencana dan jadwal kegiatan. Materi yang diberikan kepada peserta didik tetap di dalam konteks calistung dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelas. Pendampingan belajar calistung di desa Humbang Raya ini berjala dengan baik dan lancar. Hasil yang diperoleh dari pendampingan belajar calistung di desa Humbang Raya cukup bagus mengingat respon peserta didik yang antusias selama proses pendampingan belajar ini berlangsung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Pristianti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4 No 6, 2022.

B. Y. A. Aziizu, “TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN,” jppm, vol. 2, no. 2, Oct. 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.

D. M. Suwarma, M. Munir, D. A. Wijayanti, M. Pandapotan, and P. Weraman, “Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar,” 2023.

Y. E. Suryani, “Kesulitan Belajar,” 2010.

A. Santoso and Y. Rusmawati, “Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan,” Jurnal Abdimas Berdaya, vol. 2, no. 02, Sep. 2019, doi: 10.30736/jab.v2i02.7.

R. Ambaryanti, “Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012,” 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-06

Cara Mengutip

Damayanti, A., Isdayanti, M. ., Pramuditha, I. ., Wardana, M. R. ., & Ridho, M. . (2023). Pendampingan Belajar Calistung untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Desa Humbang Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(6), 819-824. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1872