Gerakan Literasi Masyarakat : Penguatan Literasi Untuk Membangun Masyarakat Literat

Penulis

  • Ahmad Syaifudin Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Dhiyaul Auliyah Sofyanti Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Sains danTeknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Fima Irnadianis Ivada Program Studi Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Krisna Krisna Bagus Sajiwo Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Fakhri Zamzami Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nusaibah Samiyah Iroyna 6Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Nurul Hasanah M. Zach Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Ratna Anggraini Aripratiwi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1751

Kata Kunci:

Anak, Bulak Gempol, Gerakan Literasi, Komunitas

Abstrak

Taman pojok literasi yang diinisiasi di Bulak Gempol Nguter Pasirian Lumajang. Upaya mendirikan taman pojok literasi ini merupakan langkah yang sangat positif untuk mengatasi kekhawatiran kurangnya minat baca dan literasi anak-anak dan masyarakat pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Acion Research). PAR adalah pendekatan penelitian yang melibatkan semua pihak yang relevan secara aktif dan partisipatif untuk mengkaji tindakan yang berlangsung. Metode penelitian PAR bertujuan mengubah tindakan perbuatan ke arah yang lebih baik dengan cara melakukan riset kemudian diterapkan dalam sebuah aksi secara partisipatif oleh peneliti. Dalam artikel yang berjudul Gerakan Literasi Masyarakat: Penguatan Lerasi Untuk Membangun Masyarakat Literat, penulis ingin memberitahukan bahwa terdapatmanfaat terkai pentingnya literasi terhadap anak-anak dan masyarakat umum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Sadli, “No Title,” pp. 151–164, 2019.

D. I. Smp, N. Pleret, K. Bantul, S. S. Reading, I. In, and S. Pleret, “Wiyata dharma,” vol. V, no. November, pp. 68–82, 2017.

J. R. Pedagogik, “Dwija cendekia,” vol. 4, no. 1, pp. 94–107, 2020.

F. I. Dewi, S. Suntini, I. Hamidah, U. Kuningan, and M. M. Baca, “Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya,” vol. 3, no. 1, pp. 127–132, 2023.

N. Robi and Z. Abidin, “Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik ( Jujur Dan Bertanggung jawab ),” 2020.

S. R. Dewi, M. R. Masitoh, S. Manajemen, U. S. Raya, and M. Baca, “Membangun Budaya Literasi sejak Dini untuk Mewujudkan Insan yang Kompeten dan Unggul,” vol. 2, no. 6, pp. 815–821, 2022.

Y. I. Kurniawan, N. Chasanah, and A. Z. Rakhman, “Peningkatan Literasi Media dan Pelatihan Pengelolaan Website Sekolah Di SMP Negeri 2 Kalimanah,” vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021.

M. I. A. G. Rusmono, “Jurnal Teknologi Pendidikan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” vol. 21, no. 3, pp. 269–282, 2019.

F. J. Madu and M. Jediut, “Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 3, pp. 631–647, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i3.2436.

A. P. Bungsu and F. Dafit, “Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 3, pp. 522–527, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-06

Cara Mengutip

Syaifudin, A., Auliyah Sofyanti, D., Irnadianis Ivada, F., Krisna Bagus Sajiwo, K., Fakhri Zamzami, M., Samiyah Iroyna, N., Hasanah M. Zach, N., & Aripratiwi, R. A. . (2023). Gerakan Literasi Masyarakat : Penguatan Literasi Untuk Membangun Masyarakat Literat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(6), 773-778. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1751