Gerakan Literasi Masyarakat : Penguatan Literasi Untuk Membangun Masyarakat Literat
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1751Kata Kunci:
Anak, Bulak Gempol, Gerakan Literasi, KomunitasAbstrak
Taman pojok literasi yang diinisiasi di Bulak Gempol Nguter Pasirian Lumajang. Upaya mendirikan taman pojok literasi ini merupakan langkah yang sangat positif untuk mengatasi kekhawatiran kurangnya minat baca dan literasi anak-anak dan masyarakat pada umumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PAR (Participatory Acion Research). PAR adalah pendekatan penelitian yang melibatkan semua pihak yang relevan secara aktif dan partisipatif untuk mengkaji tindakan yang berlangsung. Metode penelitian PAR bertujuan mengubah tindakan perbuatan ke arah yang lebih baik dengan cara melakukan riset kemudian diterapkan dalam sebuah aksi secara partisipatif oleh peneliti. Dalam artikel yang berjudul Gerakan Literasi Masyarakat: Penguatan Lerasi Untuk Membangun Masyarakat Literat, penulis ingin memberitahukan bahwa terdapatmanfaat terkai pentingnya literasi terhadap anak-anak dan masyarakat umum.
Unduhan
Referensi
M. Sadli, “No Title,” pp. 151–164, 2019.
D. I. Smp, N. Pleret, K. Bantul, S. S. Reading, I. In, and S. Pleret, “Wiyata dharma,” vol. V, no. November, pp. 68–82, 2017.
J. R. Pedagogik, “Dwija cendekia,” vol. 4, no. 1, pp. 94–107, 2020.
F. I. Dewi, S. Suntini, I. Hamidah, U. Kuningan, and M. M. Baca, “Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya,” vol. 3, no. 1, pp. 127–132, 2023.
N. Robi and Z. Abidin, “Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik ( Jujur Dan Bertanggung jawab ),” 2020.
S. R. Dewi, M. R. Masitoh, S. Manajemen, U. S. Raya, and M. Baca, “Membangun Budaya Literasi sejak Dini untuk Mewujudkan Insan yang Kompeten dan Unggul,” vol. 2, no. 6, pp. 815–821, 2022.
Y. I. Kurniawan, N. Chasanah, and A. Z. Rakhman, “Peningkatan Literasi Media dan Pelatihan Pengelolaan Website Sekolah Di SMP Negeri 2 Kalimanah,” vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2021.
M. I. A. G. Rusmono, “Jurnal Teknologi Pendidikan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” vol. 21, no. 3, pp. 269–282, 2019.
F. J. Madu and M. Jediut, “Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 3, pp. 631–647, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i3.2436.
A. P. Bungsu and F. Dafit, “Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 3, pp. 522–527, 2021.