Pendampingan Edukasi Open Broadcaster Software Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Banyumas

Penulis

  • Argiyan Dwi Pritama Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
  • Fakhri Dewantoro Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
  • Imam Alriyanto Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Informatika, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1610

Kata Kunci:

Banyumas Calakan, Guru dan Tenaga Pendidik, Open Broadcaster Software

Abstrak

Kompetensi teknologi informasi seperti pemanfaatan open broadcaster software sangat dibutuhkan oleh tenaga pendidik menyampaikan materi didalam maupun diluar lingkungan sekolah. Banyumas Calakan merupakan forum berbagai macam pelatihan dan pengembangan kemampuan bagi Guru dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) baik negeri maupun swasta. Forum ini terbentuk saat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP wilayah Kabupaten Banyumas dan Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas yang tergabung dalam Banyumas Virtual Training (BVT). Tenaga pendidik dituntut untuk terus mengeksplorasi kratifitas dan inovasi media pembelajaran sehingga hal tersebut sangat diperlukan saat pembelajaran. Media pembelajaran sangat penting untuk membantu peserta didik memperoleh konsep baru, keterampilan dan kompetensi. Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah metode demonstrasi dan presentasi kepada Instruktur Banyumas Calakan Teacher Training Center, Guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Banyumas, tujuannya adalah para pendidik di kabupaten Banyumas khususnya memiliki kemampuan untuk memproduksi video pembelajaran dengan mudan dan cepat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlaksana pada Hari Minggu 5 Juni 2022 di Sekolah Menengah Negeri (SMPN) 3 Purwokerto dengam tema Open Broadcaster Software dari pengertian dasar, fitur yang bisa digunakan dan cara menggunakan aplikasi tersebut. Peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menggunakan Open Broadcaster Software, memungkinkan mereka untuk membuat siaran langsung yang lebih menarik dan konten video berkualitas tinggi. Mereka juga memahami konsep-konsep dasar seperti encoding, bitrate, resolusi video, dan format file. Beberapa peserta telah mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh dari kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sumber pembelajaran, sementara yang lain berhasil membangun relasi dan berbagi pengalaman. Menindaklanjuti hasil kegiatan, narasumber membuat forum untuk memfasilitasi kendala-kendala yang kemungkinan terjadi oleh para peserta saat menggunakan Open Broadcaster Software dan hasil evaluasi kegiatan peserta menghasilkan video pembelajaran berdasarkan bidang ilmu masing-masing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

V. L. Ngongo, T. Hidayat, and Wiyanto, “Pendidikan Di Era Digital,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, Palembang: Universitas PGRI Palembang, 2019.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. Indonesia, 2003.

H. Hotimah, “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Edukasi, vol. 7, no. 3, 2020.

A. Dudung, “Kompetensi Profesional Guru,” Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan, vol. 5, no. 1, 2018.

Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen. Indoneisa, 2005.

P. Wahyono, H. Husamah, and A. S. Budi, “Guru Prefisonal di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan dan SOlusi Pmebelajaran Daring,” Jurnal Pendidikan Profesi Guru, vol. 1, no. 1, 2020.

Yuliadarmianti. Prananda, Gingga., Wardana, Ali., “Pengembngan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1,” Jurnal Dharma PGSD, vol. 1, no. 1, 2020.

N. A. Muhtar, A. Nugraha, and R. Giyartini, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT),” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 7, no. 4, 2020.

F. Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 2, 2019.

Sapriyah, “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2019.

M. Khairani, Sutisna, and S. Suyanto, “Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, vol. 2, no. 1, 2019.

E. S. Felianti, H. L. Sae, and E. Indarini, “Penggunaan Media Pembelajaran Visual Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Meta-analisis,” Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, vol. 1, no. 3, 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-06

Cara Mengutip

Pritama, A. D. ., Dewantoro, F. ., Alriyanto, I. ., & Wiedanto Prasetyo, M. A. (2023). Pendampingan Edukasi Open Broadcaster Software Bagi Tenaga Pendidik Se-Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(6), 759-764. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1610