Pengenalan SIERAS pada Civitas Academica Program Studi Teknologi Informasi Universitas Amikom Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.14Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Tata Kelola Ujian, COVID-19, SIERASAbstrak
Jumlah kasus COVID-19 belum menunjukkan trend penurunan. Hal tersebut mempengaruhi sektor pendidikan. Salah satu kebijakan yang diambil untuk menanggulangi dampak tersebut adalah diadakannya pembelajaran daring. Kebijakan tersebut memberikan tantangan tersendiri bagi civitas academica, tak terkecuali bagi Prodi Teknologi Informasi, Universitas Amikom Purwokerto. Salah satu perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran yang dilakukan adalah kegiatan ujian yang harus dilakukan secara daring. Hal ini membuat pengelola prodi mencoba menggunakan beberapa teknologi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti E-Learning bernama ILIAS dan Google Form. Namun, keduanya masih memberikan kesulitan tersendiri dalam melakukan tata kelola ujian, termasuk proses penilaian yang harus dilakukan oleh dosen. Melalui kegiatan pengabdian ini, kami mencoba memperkenalkan sistem bernama SIERAS sebagai salah satu alternatif sistem tata kelola ujian. Kegiatan diikuti oleh 5 Dosen dan 20 mahasiswa. 60% dosen menyatakan “sangat terbantu” sementara sisanya menyatakan “terbantu”. Dari sisi mahasiswa, 80%-nya menyatakan SIERAS “mudah digunakan”, 15% menyatakan “sangat mudah digunakan”, dan sisanya menyatakan “cukup mudah digunakan”. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini dinyatakan efektif dan memberikan dampak positif bagi peserta.
Unduhan
Referensi
L. A. Azanella dan S. Hardiayanto, “Melihat Puncak Grafik Kasus Baru Covid-19 di Indonesia,” Kompas, 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/07/060200865/melihat-5-puncak-grafik-kasus-baru-covid-19-di-indonesia?page=all. [Diakses: 09-Jun-2020].
M. Saleh, “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19,” in Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 2020, hal. 51–56.
B. K. dan H. Masyarakat, “Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah,” Kemdikbud, 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkan-belajar-menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah. [Diakses: 20-Mei-2020].
A. Febrianto dan N. Saputra, “Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo (VideoScribe),” Community Empower., vol. 6, no. 1, hal. 24–28, 2020.
“International ILIAS Blog,” 2020. [Daring]. Tersedia pada: https://docu.ilias.de/ilias.php?ref_id=5000&cmd=preview&cmdClass=ilrepositorygui&cmdNode=mh&baseClass=ilrepositorygui. [Diakses: 20-Mei-2020].
“Mengenal Google Form untuk Kebutuhan Survey Anda,” Id Cloud Host, 2016. [Daring]. Tersedia pada: https://idcloudhost.com/mengenal-google-form-untuk-kebutuhan-survey-anda/. [Diakses: 06-Feb-2020].
S. Burrows, I. Gurevych, dan B. Stein, “The Eras and Trends of Automatic Short Answer Grading,” Int. J. Artif. Intell. Educ., vol. 25, no. 1, hal. 60–117, 2015.
U. Hasanah dan B. P. Hartato, “Assessing Short Answers in Indonesian Using Semantic Text Similarity Method and Dynamic Corpus,” in 12th International Conference on Information Technology and Electrical Engineering (ICITEE), 2020, hal. 312–316.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.