Pelatihan Desain Flyer Canva untuk Staf Tata Usaha Yayasan Barunawati Biru Surabaya

Penulis

  • Didiet Anindita Arnandy Program Studi DIII Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Pantjawati Sudarmaningtyas Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Achmad Arrosyidi Program Studi DIII Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1366

Kata Kunci:

Canva, Media digital, Pelatihan, Pembuatan Flyer

Abstrak

Branding adalah adalah salah satu bentuk kegiatan pemasaran, namun sekarang ini bukan hanya dilakukan oleh divisi pemasaran, tetapi juga dilakukan secara menyeluruh oleh setiap divisi. Hal ini dilakukan agar branding menjadi optimal. Di sisi lain penggunaan media promosi digital merupakan media utama selain media cetak. Media digital menawarkan kecepatan, penyebaran yang lebih luas, relatif lebih murah dibandingkan dengan media cetak. Guna meningkatkan ketrampilan staf tata usaha Yayasan Barunawati Biru Surabaya dalam hal pembuatan flyer untuk media digital maka diadakan pelatihan pembuatan desain flyer menggunakan Canva yang diselenggarakan selama dua hari di Laboratorium Komputer De Morgan Universitas Dinamika. Pada akhir pelatihan dilakukan angket menggunakan skala likert 1 – 5 pada peserta pelatihan untuk mengetahui sejauh mana manfaat pelatihan pada peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam membuat flyer menggunakan canva. Hasil dari angket menunjukkan bahwa pelatihan ternyata mudah untuk dipahami dan bisa meningkatkan kemampuan peserta dalam menghasilkan flyer menggunakan Canva.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Pantjawati Sudarmaningtyas, Program Studi S1 Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia

dosen di Universitas Dinamika Surabaya

Achmad Arrosyidi, Program Studi DIII Sistem Informasi, Fakultas Teknologi dan Informatika, Universitas Dinamika, Indonesia

dosen di universitas dinamika surabaya

Referensi

P. Kotler and K. Lane Keller, Marketing Management, 15th ed. England: Pearson Education, 2016. [Online]. Available: http://www.pearsonmylabandmastering.com

Badan Pusat Statistik, Statistik E-Commerce 2021. Badan Pusat Statistik, 2021.

J. S. Lee, “Digital communication, social media, and Englishes,” World Englishes, vol. 39, no. 1, pp. 2–6, Mar. 2020, doi: 10.1111/weng.12447.

worldometer, “worldometer,” 2022. https://www.worldometers.info/coronavirus/coronavirus-cases/ (accessed Dec. 05, 2022).

N. T. Hariyanti and A. Wirapraja, “PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN (SEBUAH STUDI LITERATUR),” 2018.

We Are Social, “We Are Social UK,” 2022. https://wearesocial.com/ (accessed Dec. 05, 2022).

M. D. Kohli, D. Daye, A. J. Towbin, A. L. Kotsenas, and M. E. Heilbrun, “Social media tools for department and practice communication and branding in the digital age,” Radiographics, vol. 38, no. 5, pp. 1773–1785, 2018, doi: 10.1148/rg.2018180090.

A. P. Gehred, “Canva,” Journal of the Medical Library Association, vol. 108, no. 2, Apr. 2020, doi: 10.5195/jmla.2020.940.

R. Elvira Tanjung and D. Faiza, “Canva sebagai media pembelajaran arus listrik,” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, vol. 7, no. 2, 2019.

S. Solihah and E. Zakiah, “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM MAKANAN KHAS DAERAH CIAMIS,” 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-05

Cara Mengutip

Anindita Arnandy, D., Sudarmaningtyas, P., & Arrosyidi, A. (2023). Pelatihan Desain Flyer Canva untuk Staf Tata Usaha Yayasan Barunawati Biru Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 533-538. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1366