Strategi Pemasaran Pembiayaan KUR Syariah pada Bank Syariah
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1342Kata Kunci:
5C, bank syariah, KUR, participatory action research, SWOTAbstrak
Kredit usaha rakyat (KUR) berskema syariah kini telah dapat diakses pada perbankan syariah. Sebagaimana pada perbankan konvensional, Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai pemain utama KUR Syariah juga dituntut untuk berhati-hati dalam mengelola dana KUR agar tidak terjadi pembiayaan macet. Melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR), dengan mengambil studi kasus BSI Kantor Cabang Pembantu Lumajang Imam Bonjol, studi ini ingin mengetahui strategi BSI dalam memasarkan KUR Syariah kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terdapat dua strategi pemasaran, yaitu secara tradisional dan online, yang keduanya sama-sama menerapkan 5C, yaitu Character, Capacity, Capital Condition of Economy, dan Collateral, untuk menilai kelayakan nasabah mengakses KUR. Dengan menggunakan alat analisis Strenght, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT), studi ini menemukan kekuatan dan hambatan yang dimiliki BSI lebih besar daripada kelemahan dan peluang. Rendahnya literasi keuangan syariah menjadi penyebab utama. Studi ini penting untuk dilakukan mengingat KUR adalah program tahunan pemerintah yang populer dan BSI adalah bank syariah terbesar di Indonesia. Terlebih pasca serangan siber terhadap sistem teknologi BSI, hambatan yang dihadapi BSI semakin besar untuk memulihkan kepercayaan masyarakat. Keterlibatan akademisi dan mahasiswa sebagai unsur perguruan tinggi dalam kegiatan kolaboratif berbasis PAR dapat menjadi alternatif solusi untuk mereduksi hambatan melalui peningkatan literasi keuangan syariah.
Unduhan
Referensi
F. Pratiwi. "BRI syariah tunggu kepastian penyaluran KUR", april. 24, 2016 Available: https://ekonomi.republika.co.id/berita/o650es382/bri-syariah-tunggu-kepastian-penyaluran-kur
Analisa Daily, "BRI syariah akan salurkan KUR rp500m", June. 10, 2016, Available: https://analisadaily.com/berita/arsip/2016/6/10/243023/bri-syariah-akan-salurkan-kur-rp500m/
E.M. Rahayu, "BRI syariah siap pelopori bank syariah penyalur KUR," June. 9, 2016. Available: https://swa.co.id/swa/business-strategy/bri-syariah-siap-pelopori-bank-syariah-penyalur-kur
BSI. Available: https://ir.bankbsi.co.id/milestones.html
A. Wikanto, "KUR BSI 2023 dibuka, plafon dana hingga rp 500 juta, cermati syarat & caranya," Feb, 2023, Available: https://nasional.kontan.co.id/news/kur-bsi-2023-dibuka-plafon-dana-hingga-rp-500-juta-cermati-syarat-caranya
K. Musari. "Ketika BSI 'lumpuh' 5 hari," May. 13, 2023, Available: https://kempalan.com/2023/05/13/ketika-bsi-lumpuh-5-hari/
M. Azis and L. M. Azizah. “Peran penyaluran pembiayaan kredit usaha rakyat di bank syariah Indonesia terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah di kabupaten mojokerto”. Wadiah: Jurnal Perbankan Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 160–190, 2022. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/wadiah/article/view/165/182
Hamonangan, “Analisis penerapan prinsip 5C Dalam penyaluran pembiayaan pada bank muamalat KCU padangsidempuan,” JIMEA: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, vol. 4, No 2, pp. 461–465, 2020.
D. A. Putri, “Analisis Pengaruh Penerapan Prinsip 5C Terhadap Efektivitas Pembiyaan Kredit Ritel Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Jakarta,” 2016.
F. Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2008.
S. I. Putri, “Analisis SWOT terhadap studi kelayakan pengajuan pembiayaan di bank syariah indonesia KCP pacitan,” Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Ponorogo, 2021.