Pelatihan Evaluasi Siswa Dalam Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab Melalui Quiz Wordwall di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1282Kata Kunci:
Aplikasi Wordwall, Evaluasi Pembelajaran, Media PAI dan Bahasa ArabAbstrak
Di era revolusi industri 4.0 pemanfaatan teknologi terus berkembang pesat, salah satunya dalam dunia pendidikan. Hal demikian juga terjadi di masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran jarak jauh, maka teknologi selalu melekat erat dalam proses pembelajarannya. Pemberian materi dan evaluasi harus berjalan seiringan dan sesuai. Evaluasi juga tidak terbatas pada pemberian soal ujian semata, melainkan juga pengawasan praktikumnya sampai dengan evaluasi sistem dan kinerja guru. Terlebih lagi dalam materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab. Dimana keduanya memerlukan praktikum dan evaluasi yang baik guna mengetahui kemampuan dan pemahaman murid secara riil. Adapun masalah yang dihadapi oleh guru dari SMA Muhammadiyah 15 Jakarta adalah evaluasi yang kurang bervariasi agar peserta didik tertarik dan termotivasi lebih untuk belajar. Hal ini jelas dapat menimbulkan rasa jenuh pada siswa dan dapat berdampak pada turunnya minat siswa dalam belajar. Dari permasalah tersebut, solusi yang kami hadirkan kepada mitra adalah pengadaan evaluasi siswa dalam pembelajaran PAI dan Bahasa Arab melalui Quiz Wordwall. Hal ini bertujuan untuk membentuk envoirment baru dalam belajar, menciptakan gambaran baru dalam benak siswa sehingga mereka memiliki rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi, khususnya dalam pembelajaran PAI dan Bahasa Arab. Wordwall adalah aplikasi web yang digunakan untuk membuat game berbasis tes yang menyenangkan. Kegiatan ini dibuat dengan rangkaian 1 hari yang disesuaikan dengan rancangan waktu yang ada. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh dewan guru yang ada di SMA Muhammadiyah 15 Jakarta dengan berjumlah sekitar 30 orang.
Unduhan
Referensi
T. Hidayat and A. Asyafah, “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 1, pp. 159–181, 2019.
V. Gitiyarko, “Kebijakan Pemerintah Manangani Covid-19 Sepanjang Semester II 2020,” Kompas Pedia, 2020. https://kompaspedia.kompas.id/baca/papar-an=topik/kebiajakan-pemerintah-menangagi- covid-19-sepanjag-semester ii-2020%0A.
E. U. Dewi, “Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam pencegahan penularan covid-19,” J. Keperawatan, vol. 9, no. 2, pp. 21–25, 2020.
P. M. D. Gontor, Qism Manhaj Disasiy: Ushul Attarbiyyah wa Atta’lim jilid 4. Ponorogo, 2007.
I. Halik, “Membuat Game Edukasi Dengan Wordwall.” 2020.
E. Mujahidin and I. Kurniasih, “Penanggulangan sampah dengan pendekatan sosial di Kelurahan Kedung Halang Bogor,” J. Pendidik. Luar Sekol., vol. 13, no. 2, pp. 52–61, 2019.
A. Saifulloh and I. Safi’i, “Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Ponorogo),” Educ. J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, 2017.
F. Y. Tayibnapis, “Evaluasi program dan instrumen evaluasi untuk program pendidikan dan penelitian,” 2008.
H. M. Sukardi, “Evaluasi pendidikan prinsip dan operasionalnya,” Jakarta Bumi Aksara, 2008.
P. A. M. Ikbal, “Manajemen pengembangan kompetensi profesional guru,” J. Isema Islam. Educ. Manag., vol. 3, no. 1, 2018.
K. Widjajanti, “Model pemberdayaan masyarakat,” 2011.