Mentoring Instrumen Lamemba untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyah secara Online

Penulis

  • Dwi Cahyono Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia
  • Triono Triono Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera, Indonesia
  • Muhammad Yazir Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera, Indonesia
  • Nopa Dwi Saputra Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera, Indonesia
  • Dea Alvionita Azka Institut Teknologi Muhammadiyah Sumatera, Indonesia
  • Evi Lestari Universitas Muhammadiyah Berau, Indonesia
  • Muhammad Bayu Universitas Muhammadiyah Berau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1185

Kata Kunci:

‘Aisyiyah, Instrumen, Lamemba, Mentoring, Muhammadiyah

Abstrak

Mentoring instrumen Lamemba dilakukan untuk mengetahui sejauhmana Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memahami poin-poin yang harus dilengkapi dalam proses akreditasi nantinya, juga untuk mengetahui sejauhmana kesiapan masing-masing Perguruan Tinggi dalam menghadapi proses akreditasi. Mentoring instrumen Lamemba dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom, dan diikuti oleh perwakilan dari masing-masing Peguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah seluruh Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Hasil dari kegiatan ini menyimpulkan bahwa masih banyak Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang belum paham tentang instrumen-instrumen yang harus dipersiapkan pada proses Akreditasi di Lamemba, terutama Perguruan Tinggi yang baru. Dengan mentoring yang dilakukan, diharapkan setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan’Aisyiyah dapat benar-benar memantapkan persiapan menuju peroses akreditasi dan dapat memperoleh hasil yang maksimal pada saat akreditasi nantinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. N. Azman Sulaiman, "KOMUNIKASI PENINGKATAN AKREDITASI PROGRAM STUDI," Media Kajian Komunikasi Islam, vol. 20, 2021.

S. S. Fahmi, "Merdeka Belajar-Kampus Merdeka," At-Tadris: Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 2, pp. 92-97, 2022.

B. P. K. R. Indonesia, "Database Peraturan," 8 Juli 2003. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Download/32160/UU%20Nomor%2020%20Tahun%202003.pdf. [Accessed 20 Januari 2023].

P. Hidayat, "Peran Akreditasi Dalam Menarik Minat Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta Bermutu Di Kota Pekanbaru," Jurnal Penjaminan Mutu, vol. 4, no. 2, p. 199, 2018.

M. Bakrie, "PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG AKREDITASI PROGRAM STUDI DAN PERGURUAN TINGGI," 29 Januari 2020. [Online]. Available: https://lldikti13.kemdikbud.go.id/2020/01/29/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-republik-indonesia-nomor-5-tahun-2020-tentang-akreditasi-program-studi-dan-perguruan-tinggi/. [Accessed 15 Februari 2023].

D. Handini, "Peralihan Akreditasi Program Studi dari BAN-PT kepada Lima Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Baru," Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, 3 Januari 2022. [Online]. Available: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/peralihan-akreditasi-program-studi-dari-ban-pt-kepada-lima-lembaga-akreditasi-mandiri-lam-baru/. [Accessed 16 Maret 2023].

H. N. T. Z. Azman Sulaiman, "Komunikasi Peningkatan Akreditasi Program Studi," Media Kajian Komunikasi Islam, vol. 4, no. 1, pp. 62-76, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-05

Cara Mengutip

Cahyono, D., Triono, T., Yazir, M., Saputra, N. D., Azka, D. A., Lestari, E. ., & Bayu, M. (2023). Mentoring Instrumen Lamemba untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisiyah secara Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(4), 479-484. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1185