Pelatihan Guru SD Muhammadiyah 1 Kesamben dalam menggunakan LMS Moodle

Penulis

  • Widianto Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • M. Chasrun H Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Andi Syaiful Amal Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1078

Kata Kunci:

Guru, LMS, Moodle

Abstrak

SD Muhammadiyah 1 Kesamben masih terakreditasi C oleh BAN (Badan Akreditasi Nasional). Untuk meningkatkan layanan pendidikan yang berkualitas kepada siswa, maka para guru perlu dibekali dengan kecakapan dalam menggunakan LMS (Learning Management System). Oleh sebab itu, pengabdi memberikan pelatihan LMS Moodle kepada para guru dan integrasi media pembelajaran online seperti Google Form, Google Doc, Google Sheet, Google Slides, Google Drive, Youtube, dan Google Meet ke dalam Moodle. Berdasarkan kuisioner pasca pelatihan yang diberikan kepada tujuh guru yang hadir saat pelatihan menunjukkan bahwa 71,4% guru paham, 42,9% guru bisa membuat akun, 100% guru bisa membuat mata pelajaran, 85,7% guru bisa menggunakan menu pengumuman, dan 100% guru bisa menggunakan menu-menu yang lainnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

“INFORMASI LENGKAP SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN.” https://data.sekolah-kita.net/sekolah/SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN_266390 (accessed Sep. 05, 2022).

“SD MUHAMMADIYAH 1 KESAMBEN.” https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/127D2725371233B755BE (accessed Sep. 05, 2022).

“Identitas Sekolah.” https://infosekolah.net/info/sekolah/SD-MUHAMMADIYAH-1-KESAMBEN/Kecamatan-Kesamben/Kabupaten Blitar/Provinsi-Jawa-Timur/indonesia/f0a4fc18dcd8025eaf9d2ceef86f6b626a0dcafc (accessed Sep. 05, 2022).

A. A. Aldino, V. Hendra, and D. Darwis, “PELATIHAN SPADA SEBAGAI OPTIMALISASI LMS PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.33365/jsstcs.v2i2.1330.

D. Pratiwi, G. B. Santoso, S. Syaifudin, S. Sari, and A. Sediyono, “Pelatihan Moodle untuk Peningkatan Kemampuan dan Pemahaman E-Learning para Guru SMU/SMK,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 12, no. 2, 2021, doi: 10.26877/e-dimas.v12i2.7077.

A. Latip and N. Sutantri, “Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Platform Penilaian Akhir Tahun di SMA Edu Global Bandung,” J. Hum. Educ., vol. 1, no. 1, 2021, doi: 10.31004/jh.v1i1.2.

D. Anjani, D. Novianti, and A. S. Wear, “PELATIHAN GOOGLE DOCS UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI PENYUSUNAN RPP PADA SD 20 PALMERAH JAKARTA BARAT,” J. Empower., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.35194/je.v2i1.1263.

O. A. Permata, K. Amiroh, B. A. S. Aji, F. Z. Rahmanti, P. Widodo, and P. T. Daely, “Pelatihan Pemanfaatan Tool Kolaborasi dan Pengolahan Data Online Bagi Seluruh Guru BK SMA/MA Kabupaten Situbondo,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 5, no. 1, 2020, doi: 10.25047/j-dinamika.v5i1.1234.

G. N. A. Wibawa, M. Makkulau, A. Agusrawati, and I. Yahya, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Soal Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Google Forms Bagi Guru-Guru SMK Satria Kendari Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Pengabdi. Masy. Ilmu Terap., vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.33772/jpmit.v3i2.21426.

J. Permadi, H. Setyo Utomo, and E. Wahyu Sholeha, “Pelatihan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Manajemen Arsip Bagi Perangkat Desa di Desa Panggung Kecamatan Pelaihari,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. MEDITEG, vol. 6, no. 1, 2021.

A. Chusyairi, P. Konten, and S. Sabira, “Pelatihan Pembuatan Konten Pendidikan Pada YouTube Menggunakan Zoom Dan Editing Video Filmora,” JILPENMAS (Jurnal Ilm. Pengabdi. Masyarakat), vol. 1, no. 01, 2020.

Taufik Agung Pranowo, “Pelatihan Penguasaan Google Meet dan PPT Video Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Guru di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.37339/jurpikat.v2i1.329.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-15

Cara Mengutip

Widianto, W., H, M. C., & Amal, A. S. . (2023). Pelatihan Guru SD Muhammadiyah 1 Kesamben dalam menggunakan LMS Moodle. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 391-398. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1078