Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk Makanan Ringan Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Melalui Inovasi Packaging dan Labeling

Penulis

  • Agi Rosyadi Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Dede Arif Rahmani Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Cindera Syaiful Nugraha Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Edi Ganda Permana Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.936

Kata Kunci:

industri kecil, Pelabelan, Pengemasan, Produk Pisang

Abstrak

Pelatihan perbaikan kemasan produk olahan pisang dalam bentuk keripik dengan varian manis dan original ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan baru kepada produsen. Selama ini mereka mengemas keripik pisang dengan plastik ditutup menggunakan staples dan diberi label kertas berisi gambar dan merek hasil fotocopy. Perbaikan kemasan membuat produk lebih aman dan memiliki nilai jual yang tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode presentasi berbagai alternatif kemasan produk dan praktik untuk memberikan pengalaman langsung kepada para pelaku UMKM, setelah itu dilakukan evaluasi untuk mengamati hasil praktik. Di akhir kegiatan, tim pelaksana mengumpulkan tanggapan peserta dan mereka berharap kegiatan tersebut dapat terus meningkatkan kualitas produk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. L. K. Philip Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2009.

S. Maryama, P. Yandri, Imal, and Istima, “Pembuatan Packaging Dalam Upaya,” SEMBADHA 2018 Semin. Has. Pengabdi. Kpd. Masy., pp. 156–159, 2018.

D. S. Framita and D. Maulita, “Peningkatan Penjualan Melalui Pengemasan, Labelling dan Branding Produk di Desa Sukaratu Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang,” BERDAYA J. Pendidik. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 3, pp. 107–118, 2020, doi: 10.36407/berdaya.v2i3.254.

D. Sudaryanti, S. Sholehuddin, and U. I. Malang, “Melalui Pelatihan Packaging Dan Packing Di Rw 01 Kelurahan,” 2022.

M. Anasrulloh, “Pelatihan Pembuatan Kemasan (Packaging) Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Kue Kacang Emping Melinjo,” vol. 5, no. INA-Rxiv, pp. 26–30, 2018, doi: 10.17605/OSF.IO/7NBKR.

P. U. W. Putro and L. N. Sulistiyowati, “Pelatihan Smart Packaging Pada Usaha Mikro Emping Jagung Di Kabupaten Magetan,” J. Berdaya Mandiri, vol. 1, no. 2, pp. 193–201, 2020, doi: 10.31316/jbm.v1i2.433.

B. A. Hananto, “Studi ‘Trend Kekinian Packaging’ Untuk Webinar Pelatihan UMKM,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 4, pp. 9–15, 2021.

I. H. Noor, “Penelitian dan Pengabdian Masyarakat pada Perguruan Tinggi,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 16, pp. 285–297, 2010.

E. Julianti and N. Mimi, “Buku Ajar Teknologi Pengemasan. Departemen Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian,” Teknol. Pengemasan., p. 205, 2007.

S. Mukhtar and M. Nurif, “Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen,” J. Sos. Hum., vol. 8, no. 2, pp. 181–191, 2015.

S. Herawati, A. Parantika, and L. Afriza, “Pelatihan Packaging Produk Unggulan Masyarakat,” vol. 4, no. 6, pp. 7–12, 2020.

I. Santoso and R. Fitriani, “Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen,” J. Ilmu Kel. dan Konsum., vol. 9, no. 2, pp. 147–158, 2016, doi: 10.24156/jikk.2016.9.2.147.

M. L. Irrubai, “Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga,” SOSIO-DIDAKTIKA Soc. Sci. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 15–30, 2016, doi: 10.15408/sd.v3i1.3794.

Y. Sugiyani et al., “Jurnal Pemberdayaan Packaging,” Pemberdaya. Masy. Desa Melalui Pelatih. Packag. Prod. Makanan Tradis. Yang Berdaya Jual Guna Meningkat. Perekon. Wil., pp. 50–54, 2018.

M. C. Pesoth, “Pengaruh Kualitas Produk, Packaging, Dan Brand Image Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada Perusahaan Rokok Dunhill Di Kota Manado,” vol. 3, no. 3.

A. Leovita and D. Fauzi, “Penyuluhan peningkatan kualitas packaging produk pada umkm serambi milk padang panjang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. Dewantara, vol. 4, no. 1, pp. 20–25, 2021

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-08

Cara Mengutip

Rosyadi, A., Rahmani, D. A. ., Nugraha, C. S. ., & Permana, E. G. . (2023). Upaya Peningkatan Nilai Jual Produk Makanan Ringan Desa Putrapinggan Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Melalui Inovasi Packaging dan Labeling. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 119-125. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.936