Pengenalanalan Rambu-rambu Lalu Lintas Melalui Edugames untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Separe
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.717Kata Kunci:
Rambu-rambu lalu lintas, EdugamesAbstrak
Di desa ini tidak semua siswa memiliki latar belakang pada dunia teknologi informasi / IT yang memadai. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini memberikan pengenalan kepada siswa sekolah dasar berupat edugames/permainan berbasis IT dalam rangka mengenalkan rambu-rambu lalu lintas melalui edugames yaitu berupa power point yang berisi materi tetang rambbu-rambu lalu lintas serta menjawab soal yang terkait dengan rambu-rambu lalu lintas. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis game, anak-anak dapat belajar di waktu luang. Tujuan pengabdian ini adalah pengenalan rambu lalu lintas di Desa Separe ini bertujuan untuk 1. Mengenalkan kepada siswa sekolah dasar tentang rambu-rambu lalu lintas, 2. Meningkatkan kesadaran pembelajaran tentang rambu-rambu lalu lintas dan pentingnya keselamatan di jalan raya. Survei dilakukan kepada peserta untuk mendapatkan kondisi sebelum dan setelah pengenalan yaitu doperoleh data dari angket yang disebar, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa angket yang disebarkan yaitu sebelum pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada siswa, diperoleh hasil bahwa terdapat skor 6 yaitu pada pertanyaan nomor 1 yang menjawab “Ya”, sedangkan pada nomor 7 dan 8 masing-masing mendapatkan skor 1, sehingga pemahaman siswa tentang lalu lintas sangatlah kurang sebelum kegiatan pengenalan rambu-rambu lalu lintas. Sedangkan hasil angket setelah dilakukan kegiatan pengenalan rambu-rambu lalu lintas kepada siswa di Desa Separe diperoleh hasil angket bahwa pada pertanyaan nomor 1 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 2 memperoleh skor 13, pertanyaan nomor 3 memperoleh skor 12, pertanyaan nomor 4 memperoleh skor 14, pertanyaan nomor 5 memperoleh skor 13, pertanyaan nomor 6 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 6 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 7 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 8 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 9 memperoleh skor 15, pertanyaan nomor 10 memperoleh skor 14. Dengan demikian bahwa pada pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas sudah berhasil dan para siswa paham tentang materi yang sudah disampaikan.
Unduhan
Referensi
K. Martono, “Rancang Bangun Media Pengenalan Rambu-rambu Lalulintas Dengan Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality”, AITI, vol. 13, no. 1, pp. 49-58, Feb. 2016.
V. R. Sugiman, R. Cahyana, and , Bunyamin, “PENGEMBANGAN APLIKASI RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING”, Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 1, pp. 164-173, Jun. 2015.
M. Marsaid, Hidayat, and Ahsan, “Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres,” J. Ilmu Keperawatan, vol. 1, no. 2, pp. 98–112, 2013.
Hapsari, A. Jurnal Penelitian Transportasi Darat. J. Chem. Inf. Model, 53.9: 1689-1699,
,
Y. Helsa, Y. Ariani, M. Z. Zainil, and R. Amini, “PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENDESAIN EDUGAMES PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD”, MUTIARA PENDIDIK, vol. 5, no. 1, pp. 43-47, Jun. 2020.
Nathaniel, Edwin; Sidhi, Th Adi Purnomo; CITRAYASA, Vinindita. Pembangunan Game Edukasi untuk Pengenalan Rambu Lalu Lintas pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Atma Jogja, 2.2: 87-94, 2021.
Amalia, E. L., Lestari, V. A., Mentari, M., Ulfa, F., Wijayaningrum, V. N., Dewi, C. P., ... & Pristiyaningrum, E. Pelatihan Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas dan Prioritas Pengguna Jalan Menggunakan Media Interaktif. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(2), 56-61, 2021.