Pendampingan Siswa Kelas XI Mipa Sma Muhammadiyah 23 Jakarta Dalam Praktikum Kinematika dan Dinamika Gerak Kelas X Untuk Menstimulasi Keterampilan Psikomotor Siswa di Awal Pembelajaran Tatap Muka

Penulis

  • Tri Isti Hartini Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia
  • Martin Martin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.629

Kata Kunci:

Kemampuan Psikomotor, Pembelajaran Tatap Muka, Praktikum Fisika

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk melakukan pendampingan praktikum bagi siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 23 Jakarta yang belum pernah melakukan praktikum secara luring ketika mereka di kelas X. Pendampingan ini dilakukan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan maksimal dan diikuti oleh 39 peserta dari siswa kelas 10 jurusan MIPA di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Metode yang dilaksanakan pada kegiatan pendampingan ini adalah pendampingan secara tatap muka langsung. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan pendampingan ini adalah penyampaian materi meliputi tujuan praktikum, dasar teori, cara kerja dan pengolahan data, memberikan pemahaman cara penggunaan alat praktikum yang baik dan benar kemudian secara berkelompok, siswa melakukan praktikum (beberapa judul praktikum fisika di kelas X) secara bergantian. Melalui pendampingan ini diharapkan dapat memberikan penguatan dan motivasi kepada siswa yang baru saja melakukan pembelajaran tatap muka serta memberikan pemahaman pentingnya melakukan praktikum fisika untuk mendukung pemahaman konsep fisika. Luaran hasil pengabdian ini adalah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal terindeks Sinta. Melalui kegiatan PKM ini, pemahaman konsep materi praktikum bertambah 82 %, keterampilan siswa dalam melakukan praktikum bertambah 77% dan motivasi siswa untuk melakukan praktikum-praktikum fisika yang lain bertambah 72%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

I. S. Sadikin, S. Lestari, S. Aini, “Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna dan Menarik sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran masa Pandemi Covid-19”, JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT Vol. 5, No. 4, 2020

I. B. Ma’arif, L. C. N. Nur, and Hartanti, “Sosialisasi Media Belajar VIVO (Visual Voice) untuk Pembelajaran Daring Siswa SD/MI di Desa Mojokambang Kabupaten Jombang”, Vol. 1, No. 1, pp. 36-38, 2020.

W. T. Rahmawati. "Survei KPAI: 78% Siswa menginginkan pembelajaran tatap muka," 2021. https://nasional.kontan.co.id/news/survei-kpai-78-siswa-menginginkan-pembelajaran-tatap-muka

Kristina, "Daftar 587 Sekolah di Jakarta yang Gelar Tatap Muka Terbatas", 2021. https://www.kompas.id/baca/metro/2021/09/30/mulai-besok-1-509-sekolah-ikuti-ptm-tahap-ii-di-jakarta/

N. Betta, “Sistem Pembelajaran Kbk Terhadap Motivasi Para Peserta Didik Pada Bidang Fisika”, Artikel.Us/Art05-57.Html – 16k. 9 Nopember 2004.

Sutrisno, "Pengembangan Alat Peraga Untuk Pembelajaran Fisika," Upi Bandung, Http://File.Upi.Edu/Direktori/Fpmipa/Jur._Pend._Fisika/, (Diunduh Sept 2013).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Hartini, T. I., & Martin, M. (2022). Pendampingan Siswa Kelas XI Mipa Sma Muhammadiyah 23 Jakarta Dalam Praktikum Kinematika dan Dinamika Gerak Kelas X Untuk Menstimulasi Keterampilan Psikomotor Siswa di Awal Pembelajaran Tatap Muka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 329-334. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.629