Pemanfaatan Aplikasi Kahoot dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi pada Guru SD
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.501Kata Kunci:
Aplikasi Kahoot, Pembelajaran Daring, TeknologiAbstrak
Untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh, guru harus mampu memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran secara daring. Dari fakta yang ada tentang kurangnya kemampuan guru Sekolah Dasar dalam bidang teknologi maka diperlukan pendampingan bagi guru-guru untuk memanfaatkan teknologi yang berupa aplikasi berbasis web, salah satunya dengan aplikasi Kahoot. Kegiatan pendampingan pemanfaatan aplikasi Kahoot dilaksanakan di tiga sekolah dasar di Kota Magelang. Kegiatan pengabdian ini terbagi menjadi 4 tahapan yaitu tahapan pertama yang berupa observasi dan persiapan pengabdian. Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi pelaksanaan. Dalam tahap ini, tim pengabdian akan memberikan penyuluhan mengenai pemanfaatan teknologi yang berupa aplikasi Kahoot untuk pembelajaran jarak jauh. Alokasi waktu sosialisasi program pendampingan untuk pembelajaran jarak jauh adalah 4 kali pertemuan dan metode yang dilakukan di dalam sosialisasi pelaksanaan adalah ceramah, diskusi serta praktik. Tahapan yang ketiga adalah pendampingan. Dalam tahapan ini, tim pengabdian akan mendampingi guru untuk mengimplementasikan aplikasi Kahoot pada masing-masing sekolah mitra. Tahap yang terakhir adalah evaluasi, di mana tim pengabdian dan mitra melihat kelebihan dan kekurangan dari kegiatan pemanfaatan aplikasi Kahoot. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Kahoot dalam pembelajaran di sekolah dapat membantu guru dalam menciptakan proses kegiatan belajar mengajar yang bervariasi serta menarik bagi siswa.
Unduhan
Referensi
T. Junanto and R. Afriani, “Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Di Indonesia,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, pp. 2016–113, 2016. https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf.
P. D. Purnasari and Y. D. Sadewo, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik,” Publ. Pendidik., vol. 10, no. 3, p. 189, 2020, doi: 10.26858/publikan.v10i3.15275.
R. Austin, A. Rickard, and J. Reilly, “Face-to-face contact in blended learning for intercultural education: the role of teachers,” Irish Educ. Stud., vol. 36, no. 3, pp. 323–340, 2017.
R. Kaliisa and M. Picard, “A systematic review on mobile learning in higher education: The African perspective,” TOJET Turkish Online J. Educ. Technol., vol. 16, no. 1, 2017.
A. N. Aziz, S. Subiyanto, and M. Harlanu, “Effects of the Digital Game-Based Learning (DGBL) on Students Academic Performance in Arabic Learning at Sambas Purbalingga,” KARSA J. Soc. Islam. Cult., vol. 26, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.19105/karsa.v26i1.1518.
B. S. H. and O. T. Ena, “International Journal of Indonesian Education and Teaching http://e-journal.usd.ac.id/index.php/IJIET Sanata Dharma University, Yogyakarta, Indonesia,” Int. J. Indones. Educ. Teach., vol. 3, no. 1, pp. 128–136, 2019, doi: https://doi.org/10.24071/ijiet.2019.030102.
I. Mustapha, N. T. Van, M. Shahverdi, M. I. Qureshi, and N. Khan, “Effectiveness of Digital Technology in Education During COVID-19 Pandemic. A Bibliometric Analysis,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 8, pp. 136–154, 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i08.20415.
G. Gumgum, A. Justito, and M. Nunik, “Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) Oleh Siswa Sma,” Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 35–40, 2017, doi: 1410 - 5675.
H. Bahar, D. Setiyaningsih, L. Nurmalia, and L. Astriani, “Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 155–162, 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.677.
N. Supriyadi, D. Tazkiyah, and Z. Isro, “Pengajaran Menggunakan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Mandarin Siswa Di Smp Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto,” pp. 187–194, 2019.