Sosialisasi Program Merdeka Belajar bagi Guru-guru SD di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten

Penulis

  • Fitri Alfarisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampu Serang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Susilawati Susilawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampu Serang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Encep Supriatna Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampu Serang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ita Rustiati Ridwan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampu Serang, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Rifyan Firdaus Program Studi Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.463

Kata Kunci:

Guru Sekolah Dasar, Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Merdeka Belajar

Abstrak

Sosialisasi Program Merdeka Belajar Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dalam rangka sosialisasi program merdeka belajar bagi guru SD di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru SD tentang program merdeka belajar yang telah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan dengan metode mensosialisasikan program merdeka belajar. Target audiens dalam kegiatan tersebut adalah 15 orang guru SD di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten yang berjumlah 30 orang. Angket diberikan kepada guru untuk mengetahui tingkat pemahaman guru setelah mengikuti sosialisai. Terbatasnya jumlah peserta yang diperbolehkan hadir dikarenakan kondisi pandemic yang mengharuskan adanya social distancing. Hasil dari kegiatan PKM ini, berdasarkan angket yang disebar diperoleh hasil bahwa para guru SD di Kecamatan Jiput (80%) mampu memahami merdeka belajar dan dapat mulai menerapkannya di sekolahnya masing-masing. Respon dari peserta sangat positif terhadap kegiatan ini dan mereka berharap kegiatan ini dapat dilanjutkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Riyanta, "Merdeka Belajar dan RUU Sisdiknas", 2020. https://jurnalintelijen.net/2020/02/12/merdeka-belajar-dan-ruu-sisdiknas/

A. Adit, "Gebrakan Merdeka Belajar", 2019. https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/12/12591771/gebrakan-merdeka-belajar-berikut-4-penjelasan-mendikbud-nadiem?page=all

Kemendikbud. Merdeka Belajar. Jakarta, 2019

Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian

Permendiknas RI Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian

W. B. Manalu, W.B. "Konsep Merdeka Belajar Kemana Arah Pendidikan Indonesia?", 2020. https://www.unja.ac.id/2020/01/02/konsep-merdeka-belajar-kemana-arah-pendidikan-indonesia/

Mulyana, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2012

M. Kharani, Psikologi Umum. Aswaja Pressindo : Yogyakarta. 2013

Suzuki, R. (2017). Mari Membuat Learning Community Reformasi Pendidikan KotaMalang. Malang: Benesse. 2017

Jannah, N.M. (2020). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Lesson Design (Hasil penelitian tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Indonesia 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-24

Cara Mengutip

Alfarisa, F. ., Susilawati, S., Supriatna, E. ., Ridwan, I. R. ., & Firdaus, R. (2022). Sosialisasi Program Merdeka Belajar bagi Guru-guru SD di Kecamatan Jiput, Pandeglang, Banten. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 91-97. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.463