Pelatihan Literasi Media Digital Sebagai Upaya Marketing Digital Pada TK Insan Mandiri

Penulis

  • Tita Melia Milyane Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Amalia Djuwita Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Sri Wahyuning Astuti Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Muhammad Gathan Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia
  • Moh Honey Firdaus Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2403

Kata Kunci:

Guru dan Orang tua, Literasi Media Digital, Marketting Digital

Abstrak

Media digital berkembang di Indonesia sejak tahun 2000 hingga sekarang. Perkembangan pesat media digital dan dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, tidaklah membuat orang memahami betul manfaat positif dari media digital ini. Sebagian besar orang menggunakan media digital untuk ekspose diri, sebagian lagi untuk kepentingan pertemanan, pencarian informasi dsb. Salah satu perkembangan media digital yang penting saat ini adalah manfaatnya untuk kepentingan marketing, termasuk marketing di lingkup Pendidikan. TK Plus Insan Mandiri adalah salah satu sekolah yang belum memanfaatkan peluang ini, sehingga kondisi siswa di sekolah ini setiap tahun mengalami penurunan yang signifikan.  Untuk itu, kami team pengabdian masyarakat melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan media digital untuk menunjang marketing digital sekolah dengan tujuan agar Guru dan Orang Tua siswa dapat memiliki kemampuan melek media digital dan memanfaatkannya untuk marketing sekolah. Metode yang digunakan dalam kegiatan abdimas ini adalah melalui pelatihan pendampingan literasi media digital pada guru dan orang tua siswa TK Plus Insan Mandiri, dimana pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari. Peserta pelatihan adalah seluruh Guru dan Orang tua siswa (masyarakat sasar). Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman peserta masyarakat sasar dalam literasi media digitalnya untuk kepentingan marketing sekolah. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat sasar dalam melek media digital. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah adanya perubahan ketrampilan dan kemampuan masyarakat sasar dalam memahami manfaat media digitalnya sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah siswa dis ekolah ini. Adapun luaran kegiatan ini adalah tayangan kegiatan di You Tube, publikasi media massa digital, materi power point serta publikasi di jurnal nasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

C. Sunaengsih, "Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A," Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3, No. 2, pp. 183-190, 2016.

T. M. Milyane, "Literasi Media dalam Tataran Konsep," Dialektika, p. 174, 2020

N. A. S. Adithiyo Indra Kusuma Budi S., "Perspektif sebagai Pengembangan Literasi Media Digital," Analogi. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, pp. 18-30, 2014.

J. A. I. M. Sandi Jaya Saputra, "Pentingnya Literasi Media," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, p. 2, 2018.

M. M. I. P. N. Fadlin Fajri, "Literasi Digital: Peluang Dan Tantangan Dalam Membangun Karakter Peserta Didik," Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, pp. 34-46, 2023.

G. A. E. K. M. S. Eliza Nur Fauziah Mustopa, "Analisis Literasi Digital Terhadap Perilaku Penelusuran Informasi Mahasiswa Sains Komunikasi Unida Mengenai Pemilu 2024 Di Instagram," Karimah Tauhid, Vol. 3, No. 2 , p. 1513, 2024.

Z. R. Titih Nurhaipah, "Literasi Media Dalam Menangkal Informasi Hoaks Jelang Kontestasi Politik 2024," Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), pp. 1-12, 2024.

L. M. A. I. Tita Melia Milyane, "Pelatihan Komunikasi Pendidikan untuk Tenaga Pendidik dan Orang tua di Sekolah Dasar Plus Al-Aitaam pada Era New Normal Pendidikan," Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, p. 23, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-12

Cara Mengutip

Milyane, T. M., Djuwita, A., Astuti, S. W., Gathan, M., & Firdaus, M. H. (2024). Pelatihan Literasi Media Digital Sebagai Upaya Marketing Digital Pada TK Insan Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), 369-374. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2403