Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Abdi Negara 1 Kaligondang, Purbalingga

Penulis

  • Az Zahra Dwi Nur Adiya Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia
  • Imam Tahyudin Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2316

Kata Kunci:

kampus mengajar, kualitas pembelajaran, kurikulum merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Abdi Negara 1 Kaligondang, Purbalingga. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan fokus pada evaluasi efektivitas program dalam mengembangkan keterampilan guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah sasaran. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar Angkatan 6 memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SMP Abdi Negara 1 Kaligondang. Melalui pelatihan, bimbingan, dan kolaborasi antara mahasiswa pengajar dan guru, program ini berhasil meningkatkan metode pengajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa, serta memperluas pengetahuan dan keterampilan guru. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah dalam meningkatkan standar pendidikan di tingkat menengah, dengan penekanan pada penerapan program-program inovatif untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan yang bernilai terkait implementasi sukses Program Kampus Mengajar sebagai model kerja sama yang berpotensi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah menengah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. L. Utami, A. Mulyadiprana, and E. R. Saputra, “Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 5 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar,” Edu Cendikia J. Ilm. Kependidikan, vol. 3, no. 02, pp. 302–312, 2023, doi: 10.47709/educendikia.v3i02.2550.

N. Siregar, R. Sahirah, and A. A. Harahap, “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0,” Fitrah J. Islam. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 141–157, 2020, doi: 10.53802/fitrah.v1i1.13.

dkk Asdiniah, “Urgensi Merdeka Belajar?: Tanggapan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 5, no. 1, pp. 25–34, 2021.

H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

B. Hadiyati, H., Fatkhurahman, F., & Suroto, “Pelatihan Manajemen Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Tenaga Pendidik Di SMP N 3 Kampar Kiri Tengah. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).” pp. 122–128, 2017.

E. Fitriana and M. Khoiri Ridlwan, “Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar,” TRIHAYU J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 8, no. 1, pp. 1284–1291, 2021, doi: 10.30738/trihayu.v8i1.11137.

R. Perdana and M. Suswandari, “Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar,” Absis Math. Educ. J., vol. 3, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.32585/absis.v3i1.1385.

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

Nursyatin, R. Gustina, Saddam, S. Rejeki, D. Mayasari, and Isnaini, “Pentingnya Teknologi dalam Dunia Pendidikan untuk Bersaing di Era 4.0 serta Pengaruhnya,” Semin. Nas. Paedagoria, vol. 3, pp. 333–341, 2023.

D. Lestari, M. Asbari, and E. E. Yani, “Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 6, pp. 85–88, 2023, [Online]. Available: https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/840.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-12

Cara Mengutip

Nur Adiya, A. Z. D., & Tahyudin, I. (2024). Peran Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Abdi Negara 1 Kaligondang, Purbalingga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), 319-329. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2316