Pemulihan Ekonomi Melalui Optimalisasi Produksi Ketan Hitam Sebagai “Mabello”
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2263Kata Kunci:
Ketan Hitam, Lulur, Pendapatan, TradisionalAbstrak
Lulur tradisional dapat memiliki beberapa manfaat yang bermanfaat yang baik bagi kulit, meskipun pengaruhnya pada setiap orang dapat bervariasi tergantung pada individu dan jenis kulit masing-masing. Lulur yang diproduksi ini menggunakan manfaat ketan hitam, dimana Lulur dari ketan hitam ini dapat memberikan beberapa manfaat sekali bagi kulit diantaranya adalah menghaluskan kulit, mengurangi peradangan dan mencerahkan kulit. Produk yang dihasilkan ini memiliki nilai tambah yaitu belum ada sama sekali produk sejenis bahkan di malang raya rata-rata produk pesaing ini berada diluar pulau jawa seperti didaerah asalnya Kalimantan, sehingga besar sekali peluang usaha yang dapat dilakukan dan dikembangkan dengan tidak adanya produk pesaing sejenis disekitar. Kegiatan pendampingan proses produksi yang masih sangat tradisional serta proses packaging sudah bagus tetapi yang menjadi perhatian utama adalah lulur masih berbentuk basah sehingga bisa dilakukan adalah dalam proses packaging dan proses produksi harus diperhatikan lebih mendalam agar kemanan serta kulitas dari hasil lulur yang diproduksi terjamin. Dalam pengabdian ini kami memberikan design logo baru pada produk agar lebih menarik dan mendaftarkan merk dagang serta logo pada HAKI.
Unduhan
Referensi
L. Yuliana, "Produksi 'Lulur Tradisional Avoring' Dengan Perpaduan Bahan Serbuk Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana) dan Buah Alpukat (Persea americana)," Https://Eprints.Uns.Ac.Id/, vol. 6, pp. 5–9, 2017.
A. D. Siswanti, S. Muadi, A. F. Chawa, "Peran Pendampingan Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat," vol. 19, no. 3, pp. 128–137, 2016.
Fao, No Title??? ??????: ????? ???. ???? ?????, vol. 66, pp. 37–39, 2010.
F. N. Kumala, M. N. Hudha, and S. D. Aji, "Gunung Kawi: Olahan Ketela Ungu Memberdayakan Masyarakat," JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), vol. 5, no. 1, pp. 397–404, 2020. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i1.3679
Suparjo and N. L. P. Hariastuti, "Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk UKM Produk Tempe Di Kapasjaya," Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, vol. 2, no. 3, pp. 1–9, 2017.
H. O. Zulkarnaen and S. Sutopo, "Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Makanan Ringan (Studi Penelitian UKM Snack Barokah di Solo)," Diponegoro Journal of Management, vol. 2, no. 3, pp. 108–120, 2013. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/3212
R. Lutviana, and M. Kurniawati, "Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Aksesoris Aquarium Desa Tamanharjo Singosari Kabupaten Malang," JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), vol. 4, no. 2, pp. 343–352, 2019. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i2.3701
W. E. Sari, E. Junirianto, A. Franz, and I. M. Khamidah, "Video Branding untuk Promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," vol. 4, no. 36, pp. 10–18, 2021. https://doi.org/10.33474/jipemas.v4i1.7174
S. Sudjinan and J. Juwari, "Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan," Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], vol. 1, no. 1, pp. 40–49, 2018. http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE
H. W. Y. Sukawaty, "Pendampingan Usaha Kecil Menengah Industri Kecil Menengah Tiara Dezzy," Jurnal Abdimas Mahakam, vol. 1, no. 2, 2549–5755, 2017.