Pelatihan Komputer Kepada Anak-Anak di Desa Tebachi, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2108Kata Kunci:
Digital, evaluasi, Komputer, pelatihan, Teknologi Informasi dan KomunikasiAbstrak
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran penting dijaman digital sekarang ini. Manusia dituntut untuk bisa beradaptasi terhadap teknologi tersebut khususnya adalah komputer. Keterampilan dasar penggunaan komputer sangat penting untuk dikuasai, agar lebih maksimal dalam memanfaatkan penggunaan komputer. Pada kenyataanya belum semua manusia bisa menggunakan komputer terutama di pedesaan. Anak-anak di Desa Tebachi menjadi salah satu contoh yang belum terampil menggunakan komputer. Melihat masalah ini penulis ingin melakukan pengabdian masyrarakat untuk melakukan pelatihan komputer pada anak-anak di Desa Tebachi. Pelatihan tersebut terlaksana pada Kamis, 6 Juli 2023 pukul 15.00 – 17.30 yang dilakukan di Desa Tebachi. Peserta sebanyak 15 anak-anak dari umur 5 -15 tahun. Pelatihan terdiri dari pengenalan perangkat komputer, praktek menggunakan komputer, games ringan, dan evaluasi pelatihan. Hasil pelatihan bisa dikatakan berhasil karena antusias dan peran aktif dari anak-anak di saat pelatihan. Penulis menggunakan skala 1-5 dengan angka 1 sebagai sangat terendah dan angka 5 sangat tinggi setiap penilaian. Penilaian untuk acara secara keseluruhan rata-rata adalah 4.8 yang berarti acara sangat menarik. Nilai Rata-rata 4,67 berarti penyampaian materi sangat bermanfaat. Nilai Rata-rata 4,8 berarti interaksi dengan pemateri sangat baik. Pengurus Desa menharapkan pelatihan terus berlanjut dan tidak berhenti dikarenakan terasa sekali dampak manfaat pelatihan tersebut kepada anak-anak di Desa Tebachi.
Unduhan
Referensi
Y. M. Jamun, “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Perangkat Desa Pong Lengor, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai,” Randang Tana, Jurnal Pengabdian Masyarakat., vol. 2, no. 2, pp. 146-152, 2019, doi: https://doi.org/10.36928/jrt.v2i2.392
Y. S. Mulyani, T. Wibisono, T. Alawiyah, A. I. Wanilah, “Pelatihan Komputer Dasar untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi Guru-guru RA/TPQ/DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya,” Jurnal Abdimas BSI., vol.2, no 2., pp. 234-240, 2019, doi: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5768.g3369.
Pujiriyanto,”Peranan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Bagi Anak,” Dinamika Pendidikan., vol. 16, no.1, pp. 110-119, 2009, doi: https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4122
T. Wahyono, Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Teknologi Informasi, Yogyakarta:Andi Offset.
S. Herlina, S. Hidayat, and I. Djumena, “Manajemen Pelatihan Hantaran dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan,” Journal of Nonformal Education and Community Empowerment., vol.1,no.1, pp. 1-9, 2017, doi: https://doi.org/10.15294/jnece.v1i1.14758
C. D. Stoltenberg, T. M. Pace, S. Kashubeck-West, J. L. Biever, T. Paterson, and I. D. Welch, “Training model in counselling psychology: Scientist-Practitioner versus Practioner-Scholar.” The Counseling Psychologist., vol. 28, no. 5, pp. 622-640, 2000.