Pendampingan Edukasi Hak-Hak Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Udara Berdasarkan Konvensi Montreal 1999

Penulis

  • Adhy Riadhy Arafah Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Masitoh Indriani Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Nilam Andalia Kurniasari Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Auralia Rizki Putri Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1729

Kata Kunci:

Konvensi Montreal 1999, Perlindungan Konsumen, Transportasi Udara

Abstrak

Hak-hak pengguna jasa transportasi udara, khususnya dalam lingkup penerbangan internasional telah diatur dalam  Konvensi Montreal 1999 ( vide Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2016).  Masyarakat Jawa Timur, khususnya di Surabaya sering melakukan perjalanan ke luar negeri, mengingat tingkat ekonomi yang baik. Wilayah tersebut merupakan wilayah kerja Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam hal penggunaan dan pemahaman Konvensi Montreal 1999, mengingat sosialisasi terkait hal ini masih sangat minim. Metode yang digunakan melalui beberapa tahap, pertama persiapan dan perijinan dengan kelompok mitra; kedua identifikasi latar belakang pendidikan individu anggota mitra, pengalaman bekerja dan pengetahuan regulasi bidang penerbangan; ketiga pemaparan materi dua arah interaksi langsung tentang pengalaman lapangan dari para individu mitra yang dikombinasikan dengan transfer pengetahuan dari sisi akademik. Hasil yang diperoleh adalah anggota mitra dalam menyelesaikan permasalahan pengguna jasa transportasi udara bisa mengkombinasikan peraturan terkait perlindungan konsumen, penerbangan, dan Konvensi Montreal 1999.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. Purba, “Mewujudkan Keselamatan Penerbangan Dengan Membangun Kesadaran Hukum Bagi Stakeholders Melalui Penerapan Safety Culture,” Jurnal Hukum Samudra Keadilan, vol. 12, no. 1, pp. 95 - 110, 2017.

[Online]. Available: “Ini 12 Identitas WNI Di Pesawat MH17 Yang Dirilis Malaysia Airlines,” 2014. https://news.detik.com/internasional/d-2642395/ini-12-identitas-wni-di-pesawat-mh17-yang-dirilis-malaysia-airlines (accessed May 22, 2023).

[Online]. Available: “Kompensasi AirAsia Bikin Bingung Keluarga QZ 8501?: Okezone Economy,”, 2015. https://economy.okezone.com/read/2015/01/06/320/1088357/kompensasi-airasia-bikin-bingung-keluarga-qz-8501 (accessed May 22, 2023).

A. R. Arafah and S. Amelia, Pengantar Hukum Penerbangan Privat. Prenadamedia Grup (Divisi Kencana).

A. A. G. G. Suryawan, “Perlindungan Konsumen Sebagai Pengguna Jasa Penerbangan,” Kertha Semaya, vol. 6, no. 6, pp. 1 - 5, 2018.

[Online]. Available: “YLPK Jatim,” https://ylpkjatim.or.id/tentang_ylpkjatim/profil/ (accessed May 22, 2023).

A. H. Baskoro, “Sepuluh Besar Kasus Pengaduan Konsumen Ke YLPK Jawa Timur - Suara Surabaya,” 2020. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/sepuluh-besar-kasus-pengaduan-konsumen-ke-ylpk-jawa-timuraduan-konsumen-di-jawa-timur-didominasi-sektor-perumahan-dan-apartemen/ (accessed May 22, 2023).

A. R. Arafah, et al., Pengantar Hukum Udara: (Perkembangan & Isu–Isu Terpilih). (Airlangga University Press).

[Online]. Available: “Peace, Justice, and Strong Institutions: Why They Matter,” un.org/sustainabledevelopment/wp-content/uploads/2019/07/16_Why-It-Matters-2020.pdf (accessed May 22, 2023)

[Online]. Available: “Discussion on SDG 16 – Peace, justice and strong institutions,” https://sustainabledevelopment.un.org/content/documents/23621BN_SDG16.pdf (accessed May 22, 2023).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Arafah, A. R., Indriani, M. ., Kurniasari, N. A., & Putri, A. R. . (2023). Pendampingan Edukasi Hak-Hak Konsumen Pengguna Jasa Transportasi Udara Berdasarkan Konvensi Montreal 1999 . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(5), 713-719. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1729