Pelatihan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Guru IPA SMP Kabupaten Ogan Ilir

Penulis

  • Riyanto Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Mgs. M. Tibrani Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Yenny Anwar Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Elvira Destiansari Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Safira Permata Dewi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Nike Anggraini Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
  • Susy Amizera Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1043

Kata Kunci:

Lesson Study, Guru IPA, MGMP, Ogan Ilir

Abstrak

Proses pembelajaran dan mengajar (PBM) pada umumnya luput dari perhatian wali murid dan pihak-pihak lain yang terkait. Wali murid terkadang menuntut pendidikan untuk anak-anaknya adalah pendidikan yang berkualitas. PBM yang dilakukan oleh guru tidak ada yang tahu atau hanya guru itu sendiri. Siswa terkadang tahu tetapi untuk menyatakan kekurangan dari setiap guru tidak dapat menyampaikan pesan. Tentu saja kami sebagai pihak yang mengajar di Pendidikan biologi FKIP Unsri terpanggil secara moral ikut ambil bagian merubah kondisi ini. Salah satunya melalui Lesson Study (LS) berbasis MGMP guru IPA di kabupaten Ogan Ilir.Tujuan dan manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat (PM) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru IPA SMP menguasai materi IPA, mengajar, membuat perangkat pembelajaran dan  dapat percaya diri serta terampil membimbing praktek IPA di laboratorium sekolah. Pelaksanaan kegiatan PM diperlukan beberapa tahap sebagai berikut: Tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Dari kegiatan PPM tentang pelatihan LS Berbasis MGMP IPA SMP Kabupaten Ogan Ilir dapat disimpulkan bahwa kegiatan LS sangat berpotensi meningkatkan profesionalisme guru IPA SMP Ogan Ilir, sebab dapat meningkatkan kemampuan guru IPA SMP menguasai materi IPA, meningkatkan keterampilan PBM guru IPA dan meningkatkan kemampuan membuat perangkat pembelajaran di sekolah. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan MGMP guru IPA dapat menemukan metode atau model meningkatkan profesionalisme guru IPA SMP kabupaten Ogan Ilir.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

DIKTI, 2008. Panduan Penyusunan Portofolio: Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2008. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.

Dudley P. Network leadership in action: Getting started with Networked Research Lesson Study (Internet). 2005 (updated 2022 Dec 26; cited 2022 Dec 26). Available from: https://education.gov.scot/media/brxb0fp5/sacfi4f-support-materials-getting-started-with-lesson-study.pdf

Easton B L. An Introduction to Lesson Study. Florida USA. Florida and the Islands. Regional Comprehensive Center; 2009.

Gultom, Syawal., 201. Kebijakan Pengembangan Profesi Guru. Bahan Ajar PLPG. Jakarta: Kebijakan Pengembangan Profesi Guru – Badan PSDMPK-PMP.

Hartono, Ratu Ilma Putri, Sudirman, Fitriyanti, Riyanto, Bambang A. Loeneto, Alfiandra, Ansori, Supriyanto dan M. Hadeli. 2011. Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Provinsi Sumatera Selatan”. Laporan Akhir Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Tahun Anggaran 2011. Universitas Sriwijaya.

Lewis C. Perry R. Hurd J. O’connell MP. Teacher Collaboration Lesson Study Comes of Age in North America. Oakland California. San Mateo California. The Noyce Foundation and the Spencer Foundation provided funds for lesson study development and research at Highlands School; 2006.

OECD., 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing. URL www.PISA-oecd.org/, (Diakses 4 Juli 2014).

Sailah, I., 2011. Pedoman Penulisan Makalah Lesson Study Untuk Seminar Exchange of Experience. Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta.

Slamet, HW, Tjipto Subadi, Sutama, dan Rita P. Khotimah, 2010. Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Lesson Study. Warta, Vol .13, No.1: 55 – 64.

Supriatna, A., Hendayana, S., dan Imansyah, H., 2011. Lesson Study Belajar dari Pembelajaran: Meningkatkan Profesionalisme Guru Secara Terus Menerus. Tim Lesson Study UPI. Materi Lesson Study disampaikan pada seminar Lesson Study di Hotel Sahira Bogor Jawa Barat tanggal 9-10 september 2011.

Yanping F. and Lee CKE. Lesson Study and Instructional Improvement In Singapore (Internet). 2007 (Updated 2022 Dec 26; cited 2022 Dec 26). Available from: http://www.nie.edu.sg.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-12

Cara Mengutip

Riyanto, R., Tibrani, M. M., Anwar, Y. ., Destiansari, E. ., Dewi, S. P. ., Anggraini, N. ., & Amizera, S. . (2023). Pelatihan Lesson Study Berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran Guru IPA SMP Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2), 287-294. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1043