Edukasi Siswa MI Hidayatul Insan Karanganyar Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Peternakan

Penulis

  • Sri Mayasari Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Andika Fitroh Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Nancy Oktyajati Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Sri Purwati Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Srie Juli Rachmawatie Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Wahdirotul Kodir Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.806

Kata Kunci:

kurikulum, pembelajaran, peternakan

Abstrak

Pendidikan usia sekolah dasar merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas dan mencetak generasi kehidupan bangsa melalui pembelajaran yang diberikan oleh para guru serta praktisi terkait yang menjadi peran dalam memberikan pembelajaran sebagai menjadi acuan siswa dalam belajar sehari-hari di lingkungan sekolah. Permasalahan yang ada di lingkungan pendidikan masa sekolah dasar adalah kurangnya pembelajaran mengenai sumber daya yang dimiliki masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dalam hal ini adalah kebutuhan pangan. Kehidupan manusia tidak lepas dari kebutuhan pokok sebagai kebutuhan utama dalam pemenuhan sumber gizi, sumber utama dalam pemenuhan gizi didapat dari daging ternak seperti daging ayam, daging sapi, telur, dan susu. Anak-anak tentunya memerlukan kebutuhan gizi yang cukup dalam masa pertumbuhannya, dimana pertumbuhan tersebut haruslah ditunjang dari kebutuhan gizi yang sangat baik, oleh karena itu sangat penting bagi anak-anak mendapatkan pembekalan terkait dunia peternakan sebagai sumber daya lokal yang melimpah dan harus dikembangkan. Kurikulum peternakan diberian kepada siswa MI Hidayatul Insan bertujuan agar generasi muda sedari dini dapat berperan dalam mengelola atau mengembangkan sumber daya peternakan Indonesia.  Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode fun learning kepada siswa serta materi yang diberikan berupa pengenalan ternak-ternak yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan protein hewani bagi kehidupan manusia. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini adalah menambah kurikulum di MI AL Hidayatul Insan sebagai muatan lokal pembelajaran kepada anak-anak didik, selain itu sebagai media bagai para guru dalam mengenalkan dan meningkatkan rasa kepedulian anak-anak dalam mengembangkan taraf kehidupan dengan melestarian sumber daya lokal yang dimiliki Negara Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. B. Hanifa, Robandi, dan E. Mulyasari, "Peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas iii sd melalui penerapan metode bermain peran di Bandung," Jurnal pendidikan guru sekolah dasar, Vol. 5, No. 2, pp. 131-138, Agustus 2020. DOI: https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30025.

B. A. Fitroh, "Edukasi pembelajaran dunia peternakan kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar," Jurnal Dedication, Vol. 6, No. 1, pp. 7-12, Maret 2022. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.651.

S. H. Warsito, S. Oky, W. Shelly, "Pengetahuan manajemen peternakan dan pemanfaatan hasil ternak sebagai sumber gizi masyarakat di Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk." Jurnal Layanan Masyarakat Universitas Airlangga, Vol. 2, No. 2, pp. 69–71, Juni 2018. https://doi.org/10.20473/jlm.v2i2.2018.69-71.

Yahya, Saiful, dan D. L. Mavaz, "Perancangan boardgame hewan ternak bagi anak-anak menggunakan model four-d," International conference on art, design, education and cultural studies (ICADECS). Organized by art and design department, faculty of letters, Universitas Negeri Malang, pp. 122-127, Oktober 2020. http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/534.

I. A. Magdalena, F. Shodikoh, A. R. Pebrianti. A. W. Jannah, and I. Susilawati, "Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi," Jurnal Edukasi dan Sains , Vol. 3, No.2, pp. 312-325, Agustus 2021. DOI: https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373.

Supriyono, "Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SD," Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No. 1, pp. 43-48, November 2019. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48.

T. Nurrita, "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa," MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah, Vol. 3, No.1, pp. 171-187, Juni 2018. DOI:10.33511/misykat.v3n1.171.

Sapriyah, "Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar," Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 2, No. 1, pp. 470 – 477, 2019. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-07

Cara Mengutip

Mayasari, S. ., Fitroh, A., Oktyajati, N. ., Purwati, S. ., Rachmawatie, S. J. ., & Kodir, W. . (2022). Edukasi Siswa MI Hidayatul Insan Karanganyar Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Peternakan . Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(6), 753-758. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.806