Pelatihan Desain Pemasaran Online dan Coaching bagi UMKM Kuliner di Temanggung

Penulis

  • Parama Kartika Dewa Departemen Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia
  • Hadisantono Departemen Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.681

Kata Kunci:

covid-19, kuliner, pemasaran, UMKM

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada penurunan penjualan semua sektor bisnis, termasuk pada sektor UMKM kuliner. Pada sisi yang lain, produk kuliner selalu diperlukan oleh masyarakat untuk menjaga kualitas hidup. Selain itu salah satu pengerak ekonomi yang terus berlangsung di pandemi adalah bisnis di bidang kuliner. Persoalan menurunnya jumlah penjualan harus segera dicarikan solusinya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan untuk membantu memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan pada masa pendemi dan setelah pandemi Covid-19 ini. UMKM kuliner yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini berlokasi di Temanggung. Permasalahan adalah terjadi penurunan penjualan yang signifikan. Metode yang digunakan untuk mendapatkan solusi adalah dengan melakukan diskusi dan observasi yang melibatkan mitra. Proses dilanjutkan dengan membuat sesi coaching untuk mendapatkan alternatif solusi yang terbaik dengan sumber daya yang dimiliki oleh mitra. Hasil yang diperoleh dari observasi dan sesi coaching dilanjutkan dengan melakukan analisis pesaing hingga diperoleh usulan yang dapat dilaksankan oleh mitra. Solusi mitra untuk menaikkan penjualan adalah  perencanaan untuk melakukan renovasi berbasis pada tren yang ada dan perubahan rencana dalam melakukan desain pemasaran berbasis online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. L. Hardilawati, "Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19," Jurnal Akuntansi & Ekonomika, vol. 10, no. 1, pp. 89-98, 2020.

T. Hanifawati and R. S. Listyaningrum, "Peningkatan Kinerja UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Penerapan Inovasi Produk dan Pemasaran Online," Warta LPM, vol. 24, no. 3, pp. 412-426, 2021.

K. Kusnadi and P. K. Dewa, "Strategi Pembuatan Keputusan Memenuhi Permintaan dengan Mempertimbangkan Multi Kriteria pada UKM Mikro Teknik," in Konferensi Nasional IDEC 2017, Surakarta, 2017.

P. K. Dewa and L. T. Dewi, "Identifikasi Human Error pada Rantai Pasok Industri Kreatif: Adopsi Model SCOR," in Seminar Nasional IENACO 2018, Surakarta, 2018.

Y. R. Widjaja, D. P. Alamsyah, H. Rohaeni and B. Sukajie, "Peranan Kompetensi SDM UMKM dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor, Sumedang," Jurnal ABDIMAS BSI, vol. 1, no. 3, pp. 465-476, 2018.

S. Putri, "Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponogoro: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahab di Masa Pandemi Covid-19," Ekonomika Syariah: Journal of Economic Studies, vol. 4, no. 2, pp. 147-161, 2020.

Y. E. Nugraha, "Dampak Pandemi Covid 19 Pada Unit Usaha Pariwisata di Kawasan Pesisir Kota Kupang," Jurnal Industri Pariwisata, vol. 3, no. 2, pp. 134-149, 2021.

A. A. Fauzia and D. A. Suseno, "Analisis Determinan Disparitas Pendapatan di Kawasan Purwomanggung Tahun 2009-2015," Economics Development Analysis Journal, vol. 6, no. 4, pp. 436-444, 2017.

H. Awali and F. Rohmah, "Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19," BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1-14, 2020.

H. D. Fadly and Sutama, "Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding di Tengah Pandemi Covid-19," Jurnal Ecoment Global, vol. 5, no. 2, pp. 213-222, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Dewa, P. K., & Hadisantono, H. (2022). Pelatihan Desain Pemasaran Online dan Coaching bagi UMKM Kuliner di Temanggung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4). https://doi.org/10.52436/1.jpmi.681