Pelatihan Penggunaan Google Apps untuk Pengajaran bagi Para Guru SMPN 43 Bandar Lampung

Penulis

  • Irhash Ainur Rafiq Program Studi Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Novi Tristanti Program Studi Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Nur Makkie Perdana Kusuma Program Studi Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Asep Setyaji Program Studi Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Muhammad Kunta Biddinika Program Studi Magister Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Sunardi Sunardi Program Studi Teknik Elektro, Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.607

Kata Kunci:

Covid-19, Google Apps, Google Meet, Google Docs, Google Forms, Google Classroom

Abstrak

SMPN 43 Kota Bandar Lampung tidak luput dari penyelenggaraan pembelajaran secara daring akibat adanya pandemi Covid-19. Program pelatihan optimalisasi Google Apps ini diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar agar bisa berjalan efektif dan optimal. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengenalkan Google Apps (Forms, Docs, Sheets, Slides), Google Meet dan Google Classroom kepada para guru SMPN 43 Kota Bandar Lampung sehingga bisa proses belajar mengajar menjadi lebih optimal. Peserta pelatihan adalah 19 guru SMP Negeri 43 Bandar Lampung dengan berbagai background pendidikan. Pelatihan dilaksanakan secara daring melalui Google Meet. Survei dilakukan kepada peserta untuk mendapatkan kondisi sebelum dan setelah pelatihan. Evaluasi terhadap peserta dilakukan berdasarkan respon peserta terhadap pertanyaan dalam angket sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa 100% guru merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Tingkat keberhasilan sebesar 100% terlihat pada pengetahuan guru tentang Google Apps yang meliputi Google Form, Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Sheet, dan Google Slide bertambah setelah mengikuti pelatihan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Yulistyanti, N. Farkhatin, and D. Mustari, “Penggunaan Aplikasi Sebagai Media E-Learning Remaja Di Karang Taruna,” J. Empower., vol. 2, no. 1, p. 89, 2021, doi: 10.35194/je.v2i1.1265.

B. Ulum, F. A. Fantiro, & Mochamad, and N. Rifa, “LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan PEMANFAATAN GOOGLE APPS DI ERA LITERASI DIGITAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR,” vol. 14, no. 2, pp. 22–31, 2019.

D. A. Maulana, “PELATIHAN PEMANFAATAN GOOGLE APPS FOR EDUCATION BAGI GURU- GURU DI MGMP MATEMATIKA SMA KABUPATEN DAN KOTA KEDIRI.,” pp. 1390–1396, 2018.

M. Novalia, E. Ismanto, V. Vitrian, R. Darni, R. Alrian, and P. B. Herlandi, “Google Apps for Education (Gafe) Demi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Era Digital Di Smk Dar-El Hikmah Pekanbaru,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 2, no. 2, pp. 7–11, 2018, doi: 10.37859/jpumri.v2i2.1094.

S. E. Priyatna, “Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Dakwah,” Euphytica, vol. 18, no. 2, p. 22280, 2016, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.jplph.2009.07.006%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.neps.2015.06.001%0Ahttps://www.abebooks.com/Trease-Evans-Pharmacognosy-13th-Edition-William/14174467122/bd.

M. L. Elizabeth Brown Daniel Hocutt, M. Elizabeth, D. L. Hocutt, and M. Elizabeth Brown, “Learning to Use, Useful for Learning: A Usability Study of Google Apps for Education,” J. Usability Stud., vol. 10, no. 4, pp. 160–181, 2015, [Online]. Available: http://www.upassoc.org.

E. Marcica and S. Nurmatin, “Pemanfaatan Google Form Sebagai Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh,” AlL-ABHATS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 01, no. 01, pp. 1–5, 2020.

A. Widiatsih, R. Wulandari, and S. Muarif, “Pemanfaatan Google Classroom dalam Penilaian Autentik Studi Kasus SD Negeri Sidomulyo 05 Silo Kabupaten Jember,” Rekayasa, vol. 13, no. 2, pp. 187–196, 2020, doi: 10.21107/rekayasa.v13i2.5904.

S. A. Hapsari and H. Pamungkas, “Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro,” WACANA J. Ilm. Ilmu Komun., vol. 18, no. 2, 2019, doi: 10.32509/wacana.v18i2.924.

L. Laskowski, “Google Forms and Sheets for library gate counts,” J. Access Serv., vol. 13, no. 3, pp. 151–158, 2016, doi: 10.1080/15367967.2016.1184577.

I. A. G. Wulandari, “Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di IHDN Denpasar,” J. Penjaminan Mutu, vol. 7, no. 1, p. 45, 2021, doi: 10.25078/jpm.v7i1.1825.

K. Dharmawan, Y. Ramona, N. Rupiasih, and D. P. E. Nilakusmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., no. October, pp. 45–48, 2015, [Online]. Available: http://erepo.unud.ac.id/2231/1/cba5cfbb1d7ec2f5a19fb00fb7c542b2.pdf.

A. D. Spaeth and R. S. Black, “Google docs as a form of collaborative learning,” J. Chem. Educ., vol. 89, no. 8, pp. 1078–1079, 2012, doi: 10.1021/ed200708p.

S. Oualline and G. Oualline, “Using Google Sheets,” Pract. Free Altern. to Commer. Softw., vol. 2018, pp. 389–404, 2018, doi: 10.1007/978-1-4842-3075-6_18.

I. Handayani, H. Kusumahati, and A. N. Badriah, “Pemanfaatan Google Spreadsheet Sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFacility di Perguruan Tinggi,” Sisfotenika, vol. 7, no. 2, p. 177, 2017, doi: 10.30700/jst.v7i2.155.

L. Spencer, “What Is Google Slides? Great (Free) Online Presentation Software,” 2019. https://business.tutsplus.com/articles/what-is-google-slides--cms-29560 (accessed Oct. 11, 2021).

D. Sawitri, “Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ),” J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. April, pp. 13–21, 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Ainur Rafiq, I., Tristanti, N., Makkie Perdana Kusuma, N., Setyaji, A., Biddinika, M. K., & Sunardi, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Google Apps untuk Pengajaran bagi Para Guru SMPN 43 Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 245-253. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.607