Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peseta Didik Kelas VIII MTs Madani

Penulis

  • Fahrizah Nurul Khaerani Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Suharti Suharti Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Andi Hasrianti Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
  • Putri Wulandari Kadir Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2374

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran matematika menjadi salah satu masalah besar dalam pendidikan saat ini. Oleh karena itu, pendidik telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Madani berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari 21 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mengalami peningkatan dalam tiga siklus dengan enam kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk ulangan harian. Hasil pretest menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mencapai 46,13% dan mengalami peningkatan pada siklus ketiga dengan nilai ulangan harian sebesar 71,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar peseta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Y. Alpian, S. W. Anggraeni, U. Wiharti, and N. M. Soleha, “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia,” Jurnal Buana Pengabdian, vol. 1, no. 1, pp. 66–72, 2019, doi: https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan Konseling, vol. 4, no. 6, pp. 7911–7915, 2022.

P. W. Kadir, Suharti, and A. Hasrianti, “Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika: Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Peserta Didik,” Jurnal Abdimas Patikala, vol. 3, no. 3, pp. 906–917, 2024, doi: 10.51574/patikala.v3i3.1016.

M. S. Kahar, Z. Anwar, and D. K. Murpri, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar,” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 2, pp. 279–295, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i2.2704.

I. N. Lastia, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa,” Jurnal Mimbar Pendidikan Indonesia, vol. 1, no. 3, pp. 242–250, 2020, doi: 10.23887/mpi.v1i3.30943.

N. Rahmah, “Hakikat Pendidikan Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 2, pp. 1–10, 2013, doi: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88.

S. Afsari, I. Safitri, S. K. Harahap, and L. S. Munthe, “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika,” Indonesian Journal of Intellectual Publication, vol. 1, no. 3, pp. 189–197, 2021, doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.

A. Razzaq and I. I. Nurnaifah, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Realistik,” Journal of Mathematics Education, vol. 1, no. 1, pp. 24–38, 2022, doi: https://doi.org/10.58917/ijme.v1i1.14.

A. Telaumbanua, D. Gulo, L. A. Lahagu, C. K. Gulo, and E. K. K. Gulo, “Pengaruh Penerapan Teori Belajar Sibernetik Terhadap Kemampuan Mahasiswa Mengelola Pembelajaran Berbasis Digital,” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, vol. 1, no. 2, pp. 60–69, 2022, doi: 10.56854/pak.v1i2.105.

D. Harefa, M. Sarumaha, A. Fau, T. Telambanua, and F. Hulu, “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa,” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 08, no. 01, pp. 325–332, 2022, doi: 10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

A. Sulistio and N. Haryanti, Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). CV Eureka Media Aksara, 2022.

J. A. Simaremare and N. Purba, Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw: Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. CV Widina Media Utama, 2021.

B. N. Muliani, “Peningkatkan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Model Kereta Api,” Jurnal Pendidikan dan Dakwah, vol. 1, no. 1, pp. 20–39, 2019.

E. K. Hasibuan, “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Tentang Volume Bangun Ruang Selama Pandemi Covid-19,” vol. 7, no. 12, 2018.

S. Satriani and S. Fahmia, “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Padasiswa Kelas X Sma Negeri 3 Sidrap,” Nabla Dewantara?: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 35–45, 2019, doi: 10.51517/nd.v4i1.102.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Nurul Khaerani, F., Suharti, S., Hasrianti, A., & Kadir, P. W. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peseta Didik Kelas VIII MTs Madani. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 415-426. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2374